Pabrik animasi dan film terbesar di Indonesia diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga - WisataHits
wisatahits

Pabrik animasi dan film terbesar di Indonesia diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Animation and Film Factory (AFF) sebagai pusat animasi dan film terbesar di Indonesia.

AFF merupakan salah satu content business hub yang dikembangkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Jawa Timur.

Menparekraf meresmikan pabrik animasi dan film terbesar di IndonesiaMenparekraf meresmikan pabrik animasi dan film terbesar di Indonesia, foto: Kemenparekraf

Setidaknya ada enam klaster bisnis di KEK Singhasari, yaitu Pendidikan, Konten, IT, Perdagangan, Pariwisata, dan Energi Terbarukan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga, usai memimpin prosesi peresmian dan meninjau fasilitas Pabrik Animasi dan Film KEK di Singhasari, Selasa (25/10/2022), mengatakan bahwa AFF harus menjadi “mesin mesin” bagi munculnya kekayaan intelektual (IP) lokal untuk memasuki pasar global.

“Kita punya kelebihan dari animasi ini, talent kita punya keahlian, cukup mengarahkannya sehingga tercipta IP, sehingga HAKI bisa menopang perekonomian kita.

Harapannya nanti Mickey Mouse atau Gundala selanjutnya akan hadir di KEK di Singhasari”,

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Oleh karena itu, Menparekraf mendorong AFF memiliki ekosistem yang kuat, sehingga berdampak pada penciptaan 1.1 lapangan kerja.

“Jadi kita perlu memastikan bahwa AFF memiliki ekosistem yang kuat, karena animasi ini dapat meningkat, dan pengembangannya dapat menjadi produk ekonomi kreatif lainnya seperti komoditas, dan itu akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja.”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara itu, Chairman dan CEO PT Intelegensia Grahatama, dan selaku BUPP KEK Singhasari, KRAT David Santoso KR, menyatakan bahwa keberadaan AFF juga mendapat berbagai dukungan dari pelaku industri lain baik di dalam maupun luar negeri.

Diantaranya telah bekerjasama dengan WIR Group, Produksi Film Negara (PFN), Badan Perfilman Indonesia (BPI), ICCN, BNI dan Disguise.

“Kami sangat berharap Indonesia bisa menjadi negara ‘Pop Culture’ yang bisa disamakan dengan negara-negara seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat atau negara lain yang lebih dulu dikenal dengan Pop Culture-nya,” imbuhnya.

kata Daud.

Saat ini AFF KEK Singhasari telah menjalin kerjasama dengan 22 sekolah profesi dengan Departemen Animasi, Film, Komunikasi Visual dan Penyiaran.

Sekitar 700 siswa SMK, mahasiswa dan guru telah menjalani magang dan pelatihan di bidang film dan animasi.

Pertengahan tahun ini, Singhasari AFF juga bekerja sama dengan MGMP (Subject Teacher Conference) di bidang animasi dan multimedia untuk menyinkronkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan industri dan juga berkolaborasi dalam peningkatan keterampilan staf pengajar dan siswa.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button