Menteri Sandiaga meresmikan “Pabrik Animasi dan Film” di KEK Singhasari - WisataHits
Jawa Timur

Menteri Sandiaga meresmikan “Pabrik Animasi dan Film” di KEK Singhasari

MALANG, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan Pabrik Animasi dan Film (AFF) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada Selasa (25/10.2022).

AFF merupakan salah satu subsektor ekonomi khusus di KEK Singhasari yang disebut-sebut sebagai sentra film dan animasi terbesar di Indonesia.

Pusat animasi dan film ini memiliki sekitar 20 studio dan 500 orang kreatif.

Pengembangan pusat animasi dan film ini akan diintegrasikan ke dalam pelatihan vokasi untuk menciptakan talenta digital yang handal.

Baca Juga: Saat Menparekraf Menikmati Sandiaga Uno Sarabba dan Ongol-Ongol

“Sekarang kami telah membangun ekosistem industri kreatif yang berpusat pada animasi. Ini bagian dari upaya kami menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024,” kata Sandiaga Uno, Selasa.

Sandiaga berharap semua pihak dapat membantu mengarahkan talenta Indonesia untuk menciptakan kekayaan intelektual (IP) di bidang animasi.

Pasalnya, industri kreatif di bidang konten animasi memiliki keunggulan dalam mendukung potensi perekonomian Indonesia.

“Kami baru saja menerbitkan PP 24 Tahun 2022 yang dapat menjadi dasar hukum bagi IT untuk dapat dibiayai melalui jaminan fidusia,” jelasnya.

Sandiaga berharap karakter animasi seperti Mickey Mouse atau Gundala akan lahir melalui AFF. Karena animasi tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Ia mencontohkan Walt Disney yang awalnya hanya fokus pada animasi Mickey Mouse, berkembang dan berkembang dari waktu ke waktu hingga menjadi satu. taman rekreasi Disneyland dan memiliki studio augmented reality dan menjadi turis.

“Sekarang Disneyland bernilai sekitar $400 miliar,” katanya.

Baca Juga: Likupang Prioritaskan Pengembangan Destinasi, Sandiaga Targetkan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru

Ke depan, KEK Singhasari tidak hanya fokus pada animasi. Namun ada 17 subsektor industri kreatif. Namun, animasi akan menjadi salah satu sektor unggulan Kawasan Ekonomi Khusus Singasari.

“Oleh karena itu, menurut saya KEK Singhasari merupakan program yang strategis, tepat sasaran, tepat pencapaian dan tepat waktu untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024,” pungkasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button