Tiket dan Atraksi PANTAI DUTA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi PANTAI DUTA

Harga tiket masuk Pantai Duta : Rp 15.000. Jam buka: 08:00 WIB – 17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Dusun Gilin, Randutatah, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia, 67291.

Daerah Probolinggo sudah tidak diragukan lagi keindahan alamnya. Nama Gunung Bromo, Pulau Gili Ketapang hingga Air Terjun Madakaripura sudah populer di kalangan wisatawan. Namun selain nama-nama tersebut, masih banyak lagi tempat wisata alam yang indah, salah satunya adalah Pantai Duta. Berada di Desa Randutatah, pantai ini dapat ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Probolinggo.

Pantai Duta tidak terlalu jauh dari PLTU Paiton yang merupakan bagian darinya Tengara Kabupaten Probolinggo. Kawasan wisata ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu perpaduan antara hutan pinus dan mangrove. Kehadiran pohon pinus dan bakau membuat suasana di sekitar pantai menjadi segar dan asri. Pasir hitam dan ombak yang tenang juga menjadi ciri khas tempat wisata unik ini.

Harga tiket masuk Pantai Duta

Untuk berkeliling pantai, tiket masuk sangat murah dan terjangkau. Dengan harga tiket terjangkau tersebut, Anda sudah bisa menikmati pemandangan indah pantai utara Probolinggo.

Harga tiket masuk Pantai Duta
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: Songa Adventure Probolinggo Rafting Penuh Tantangan

Jam Buka Pantai Ambassador

Untuk rekreasi di pantai ini, wisatawan bisa datang kapan saja. Pasalnya, pantai ini buka setiap hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat cuaca sedang cerah.

Jam buka
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Pesona hutan bakau dan ombak tenang di Pantai Duta

Pantai dengan ombak yang tenangKeindahan sebuah sudut pantai dengan pasir hitam yang eksotik. Foto: Gmaps/Melynda Dwi Puspita.

Pantai Duta dicirikan oleh wilayah pesisirnya yang meliputi kawasan hutan bakau dan cemara. Memang, kawasan sekitar pantai juga merupakan kawasan konservasi mangrove dan cemara laut. Perpaduan antara hutan mangrove dan pinus membuat pantai ini begitu asri dan rindang. Ditambah dengan pasir hitam halus dan ombak tenang khas pantai utara.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Duta. Kegiatan yang paling sering dilakukan adalah bermain air, bersantai, menjelajahi hutan bakau dan hutan pinus, dan masih banyak lagi. Bahkan terkadang terjadi fenomena hiu totol, dimana puluhan ikan akan terlihat berenang tidak jauh dari bibir pantai.

Baca: Tiket Masuk BeeJay Bakau Resort Probolinggo dan 4 Wahana Terbaik

Jelajahi kawasan hutan bakau

hutan mangrove di kawasan pesisirWisatawan bisa menyusuri jembatan kayu untuk melihat keindahan hutan bakau dari dekat. Foto: Gmaps/Desi Lutfi

Aktivitas yang harus dilakukan saat berkunjung ke Pantai Duta adalah menjelajahi kawasan hutan mangrove. Untuk kegiatan eksplorasi hutan mangrove ini telah disediakan jembatan kayu. Bentuknya memanjang dan membelah kawasan dari hutan mangrove. Menyeberangi jembatan kayu dengan pepohonan rimbun di kanan kirinya akan memberikan pengalaman baru yang seru.

Jika beruntung, wisatawan juga akan melihat berbagai satwa yang hidup di kawasan hutan bakau tersebut. Beberapa satwa yang bisa dijumpai antara lain aneka burung seperti Cekakak Sungai dan Bangau. Ujung jembatan kayu adalah tangga menuju pos pengamatan. Dari atas sana Anda bisa melihat luasnya hutan bakau. Selain itu, jika cuaca bagus, Gunung Argopuro juga akan terlihat.

Bayangan hutan cemara Pantai Duta

hutan cemara di tepi pantaiHutan pinus di sekitar pantai bisa digunakan untuk jalan-jalan atau sekedar bersantai. Foto: Gmaps/Nuzulia MJ

Selain hutan bakau, di sekitar pantai juga terdapat kawasan hutan pinus. Ada jalan setapak untuk menjelajahi keindahan tempat ini. Biasanya kawasan hutan pinus ini juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai. Selain tempatnya teduh, banyak juga gazebo yang menambah asyiknya aktivitas bersantai.

Menikmati keindahan panorama pantai sambil merasakan hembusan angin membuat wisatawan betah berada di tempat ini.

Bermain air di ombak Pantai Duta yang tenang

Hal keren lainnya dari wisata pantai ini adalah ombaknya yang tenang. Selain itu, pantainya landai sehingga cocok untuk aktivitas air. Tak perlu khawatir mengajak anak bermain air di pantai. Ada juga tempat penyewaan ban dan pelampung agar si kecil bisa bermain air lebih aman lagi.

Setelah lelah bermain air, wisatawan bisa duduk santai di atas pasir. Ciri-ciri pasirnya berwarna hitam dan bertekstur lembut. Bersantai dengan bermain pasir juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Tempat foto yang menarik

Pantai dengan berbagai spot fotoAyunan adalah salah satu spot foto favorit di pantai: Foto: Gmaps/Koko Meonk

Banyak sekali spot foto menarik yang bisa dijelajahi di sekitar pantai. Yang paling disukai adalah jembatan kayu di kawasan hutan bakau. Karena keindahannya, jembatan kayu ini sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Selain hutan mangrove, spot foto yang menarik adalah ayunan di pinggir pantai. Ayunan ini terinspirasi dari spot foto di pulau Gili Trawangan. Karena ayunan ini, banyak juga yang menyebut Pantai Duta sebagai Gili Trawangan Jawa Timur.

Matahari terbenam di Pantai Duta

Matahari terbenam di pantaiSaat langit cerah, Anda bisa melihat matahari terbenam yang sangat menawan. Foto: Gmaps/Kurnia Ashter

Saat langit cerah, wisatawan tidak boleh melewatkan matahari terbenam. Pemandangan lepas pantai berpadu dengan langit senja jingga menciptakan momen romantis yang tak akan pernah terlupakan. Agar lebih lengkap, momen sunset ini bisa ditemani sajian seafood yang siap menggoyang lidah. Ada banyak warung yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Meredakan

Pantai Duta memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Di kawasan wisata ini terdapat tempat parkir yang luas, musholla, mushola dan toilet, gazebo, deretan warung makan dan minum.

Lokasi Pantai Duta

Pantai wisata ini terletak di Dusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo. Pantai ini berjarak sekitar 38 km dari pusat kota Probolinggo. Untuk mencapainya, dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button