Pengelola hotel di Pulau Merah berharap pemerintah memperbaiki akses jalan dan memperbanyak iklan - WisataHits
Jawa Timur

Pengelola hotel di Pulau Merah berharap pemerintah memperbaiki akses jalan dan memperbanyak iklan

WAKTU JATIM – Pulau Merah adalah salah satu ikon tempat wisata paling populer di Banyuwangi. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan yang dikenal sebagai Fragments of Paradise Land dalam pariwisata adalah Pantai Pulau Merah (PM), yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur (Jawa Timur). Pantai Pulau Merah terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya.

Menurut HM Zaenul Arifin, pemilik The WISMA Hotel & Bar Pulau Merah, wisatawan yang berkunjung ke PM terbagi menjadi dua kelompok yakni wisatawan lokal dan mancanegara. Di mana wisatawan domestik datang dari lokal Banyuwangi dan kabupaten/kota lain dari seluruh Indonesia. Sedangkan wisatawan mancanegara atau luar negeri datang dari berbagai belahan dunia

Baca Juga: Ingin Menangkan Regent’s Cup Creator Content Contest 2022 Simak Tips Ini, Dijamin FYP

H Arifin mengatakan tingkat okupansi hotel/kunjungan berada di atas 60 persen sebelum pandemi. tetapi selama pandemi itu anjlok di bawah 30 persen, menyisakan pendapatan hanya cukup untuk membayar listrik, Wi-Fi, dan pengeluaran lainnya.

“Tidak cukup untuk membayar karyawan. Sampai-sampai karyawan dipaksa masuk kerja. Tidak ada PHK karyawan, tapi manajemen membuat jadwal shift,” jelas tokoh yang saat ini menjabat Ketua AMPG Kabupaten Banyuwangi itu.

Penghobi selancar itu menambahkan, saat pandemi mulai mereda, pihaknya berupaya menggenjot pemasaran baik dengan promosi lokal langsung ke teman-teman di sebuah acara di Banyuwangi maupun terobosan melalui online dan media sosial lainnya.

“Alhamdulillah sekarang sudah mulai normal kembali meski masih belum terlalu normal,” imbuhnya.

Menurut H. Arifin, keterbatasan yang dihadapi tour operator di PM selama ini hanya sarana dan prasarana akses jalan dan kurangnya promosi pemerintah tentang Pulau Merah. Karena bagaimanapun juga; Orang yang menginap di hotel dan homestay di Pulau Merah tidak lepas dari keinginan untuk mengunjungi pantai dan memilih penginapan yang dekat dengan kawasan pantai.

“Pemerintah harus bisa gencar mensosialisasikan PM, menggelar event-event di sana, serta memperluas dan meningkatkan fasilitas yang ada agar masyarakat yang ingin berwisata ke sana merasa nyaman, aman dan tenteram,” ujar pria asal Kabupaten Bangorejo ini.

Selain itu, ia berharap para pelaku ekonomi lainnya bergotong royong dan bergotong royong menjadikan destinasi wisata Pulau Merah lebih baik dan terkenal, jalan fasilitas tempat tinggal yang asri dan nyaman, serta restoran dengan menu yang enak, untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan kawasan pantai.

Menu yang disuguhkan untuk wisatawan oleh Wisma Pulau Merah Hotel & Resto merupakan pilihan masakan Indonesia dan Eropa yang dijamin akan memuaskan selera wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca Juga: Antisipasi Penyakit Kulit Menggumpal, DPRD Minta Pemkab Malang Tingkatkan Program Penanggulangan KLB

“Kami memiliki chef dan juru masak berpengalaman di bidangnya. Kami juga menyajikan menu ala guest house, seperti Gethuk goreng khas Wisma, simbol menu pembuka bagi yang ingin menyantapnya,” ujar H. Arifin.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, pihaknya telah menyiapkan berbagai tipe kamar, lanjutnya. Ada model modern dan klasik dengan harga mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 850.000. Penawaran yang sangat murah dengan fasilitas lengkap seperti TV, AC, air panas, perlengkapan mandi, welcome drink dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk menjamu tamu hotel, karena jenis tamunya berbeda-beda, maka diadakan hiburan dan acara sesuai permintaan atau pesanan. Hotel menyiapkan musik reggae, dangdut, dan akustik dengan penampilan anak-anak lokal Banyuwangi.

Selain itu, H Arifin salah satu kiat bertahan dalam menjalankan bisnis hotel dan restoran adalah dengan membangun karakter Hotel WISMA Pulau Merah sesuai dengan karakter pemiliknya sendiri. Dengan demikian, salah satu kunci sukses perusahaannya tak lepas dari karakter Kaji Arifin sendiri yang dikenal ramah, murah senyum, dan profesional dalam mengelola hotel.

“Karena saya punya pengalaman manajemen pariwisata di Banyuwangi dan Bali. Jadi kesannya setiap pengunjung yang datang ke WISMA Pulau Merah Hotel akan merasakan kebahagiaan tersendiri, merasa puas dan ingin kembali lagi ketika datang ke Pulau Merah,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button