Desa Wisata Pengemasan menawarkan kegiatan experiential edukatif... - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Pengemasan menawarkan kegiatan experiential edukatif…

LANGIT7.ID, Boyolali – Desa Wisata Pengemasan atau dikenal juga dengan nama Dewa Emas merupakan desa wisata yang menawarkan wisata edukasi berbasis alam. Desa liburan ini terletak di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Berkunjung ke Desa Wisata Kemasan, Sahabat Langit7 akan menikmati pengalaman berwisata yang menyenangkan dan berkesan. Karena selain wisata edukasi, desa ini memiliki banyak potensi sumber mata air alami yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan permainan air.

Menurut situs resmi Desa Wisata Pengemasan, Dewa Emas akan resmi dibuka untuk wisatawan umum mulai Juli 2016 di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Lestari Manunggal. Selain kolam renang, di Dukuh Tangkisan juga terdapat rumah makan dan berbagai jenis pembuatan roti di kawasan wisata ini.

Baca Juga:Kemenparekraf Siapkan Bali Sebagai Destinasi Wisata Kesehatan Unggulan

Selain itu, Sahabat Langit7 juga menemukan lahan sayur kangkung dan pengolahan sampah terpadu di paket Dukuh. Sejak zaman penjajahan Belanda, dusun ini menjadi markas pemerintah kabupaten Sawit dan tempat didirikannya paket Desa Wisata. Perjalanan studi alam ini adalah salah satu daya tarik wisata.

Selain itu, Sahabat Langit7 bisa menemukan kampung lukis dan tari di Dukuh Karanggayam, lalu cara pembuatan jamu di Dukuh Tegalsono, serta mata air alami yang bermunculan di Dukuh Ngumbul salah satunya Umbul Tirto Mulyo.

Umbul Tirto Mulyo memiliki daya tarik dimana setelah direnovasi bangunannya menyerupai Tamansari di kawasan Yogyakarta. Sehingga serasa mandi ala anak

Namun, Kolam Umbul Tirto Mulyo dibangun pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Paku Buwono X (PB X) saat memerintah Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Umbul ini juga sering digunakan oleh PB X dan kerabatnya di padusan menjelang bulan puasa.

Baca juga: Benteng Rotterdam, Bangunan Bersejarah di Pesisir Barat Makassar

Sobat Langit7 bisa mengunjungi umbul ini sebagai destinasi wisata di Desa Wisata Kemasan Umbul Tirto Mulya sendiri buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:30 WIB dengan biaya masuk yang murah.

(jadi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button