Kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon melampaui target, mencapai 3,9 juta orang - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon melampaui target, mencapai 3,9 juta orang

Kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon melampaui target, mencapai 3,9 juta orang

ARAH DARI PANTURA, Cirebon – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon mencatat jumlah kunjungan wisatawan yang mencapai 3.947.500 orang pada tahun 2022.

Jumlah ini melebihi target 2,2 juta jiwa yang ditetapkan pemerintah daerah Kota Cirebon.

Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut diungkapkan Eha Suhati, Fungsional Pariwisata Adiyatama dan Pakar Kreatif Muda Disbudpar Kota Cirebon, yang mengatakan jumlah kunjungan wisatawan meningkat dibandingkan tahun 2021. Pada 2021 ada 3,6 juta wisatawan.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon tahun 2022 mengalami peningkatan, melebihi target 2,2 juta kunjungan yang ditetapkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Sedangkan jumlah kunjungan pada tahun 2022 mencapai 3.947.500 orang,” kata Eha di kantornya, Kamis (5/1).

Dari kunjungan tersebut, 82.755 wisman menginap di hotel berbintang, 38 hotel non bintang, 6.911 orang mengunjungi restoran, dan 252 orang mengunjungi tempat dan acara wisata.

Sedangkan untuk wisatawan domestik sebanyak 538.882 orang menginap di hotel berbintang, 74.796 orang menginap di hotel non bintang, 2.191.425 orang mengunjungi restoran, dan 1.142.397 orang mengunjungi tempat wisata dan event,” kata Eha.

Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2022 berdasarkan perhitungan dari pendataan yang dilakukan setiap tiga bulan sekali, serta data daring Google yang dilaporkan oleh pemangku kepentingan pariwisata, menurut Eha.

Selain itu, perhitungan tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi pemangku kepentingan pariwisata.

“Jadi setiap tiga bulan kami turun ke lapangan untuk mengumpulkan data dan juga menelusuri data online Google. Jadi diketahui bahwa mereka yang tidak maju memang maju. Kami juga selalu mengecek data yang dilaporkan, apakah muncul masalah, penyebab dan solusinya sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan pariwisata,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2022, Eha menambahkan kontribusi tertinggi kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon dari sektor restoran dan properti serta event pariwisata.

Dimana jumlah kunjungan dari sektor restoran di Kota Cirebon mencapai 2.191.425 orang dan obyek wisata dan event even 1.142.397 orang.

“Dari sektor restoran, kunjungan wisatawan paling tinggi di tahun 2022. Bahkan banyak tamu yang datang dari luar Cirebon sengaja datang ke Cirebon untuk dimanjakan dengan kuliner, setelah itu langsung pulang dan tidak menginap,” ujar dia.

(melalui Cirebon)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button