Okupansi hotel di Malang 64,30 persen pada Oktober - WisataHits
Jawa Timur

Okupansi hotel di Malang 64,30 persen pada Oktober

Bisnis.comMALANG – Tingkat hunian hotel di Kota Malang berhasil menembus angka 64,30 persen pada Oktober 2022, terbantu dengan maraknya kegiatan MICE.

Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini mengatakan rata-rata okupansi hotel sebesar itu lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar 56,35 persen dan Jawa Timur 52,31 persen.

Artinya, pertumbuhan 7,95 poin per bulan dan 18,19 poin per tahun, ujarnya, Kamis (12/1/2022).

Rata-rata lama menginap tamu, kata dia, mencapai 1,47 hari, Jawa Timur 1,52 hari, dan Nasional 1,66 hari, dengan tamu lokal melaporkan 1,40 hari di Malang, Jawa Timur 1,52 hari, dan Nasional 1,59 hari. Tamu asing, Kota Malang 1,82 hari, Jawa Timur 2,52 hari dan domestik 2,73 hari.

Ekonom Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya memperkirakan tingginya okupansi hotel juga didorong oleh banyaknya kegiatan di akhir tahun buku dengan banyaknya event MICE. Selain itu didukung dengan penambahan hotel yang representatif acaraacara besar.

Joko Budi Santoso, Peneliti Senior Pusat Kajian Kebijakan Ekonomi FEB UB menilai, kenaikan harga BBM pada September tampaknya tidak berdampak pada sektor pariwisata pada Oktober. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya TPK pada bulan Oktober.

Situasi ini dibantu oleh meningkatnya penggunaan fasilitas hotel untuk kegiatan pemerintah daerah dan bisnis. Pada bulan Oktober, banyak pemda yang menggunakan fasilitas hotel untuk memfasilitasi pembahasan yang efektif pada pembahasan P-APBD 2022 dan R-APBD 2023.

Selain itu, badan usaha pariwisata Malang Raya yang terus berinovasi mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di bulan Oktober. Peningkatan objek wisata dan inovasi Pusat perbelanjaan (pusat perbelanjaan) yang tak henti-hentinya menawarkan Belanja satu atap (belanja, kuliner, wisata) dan pengalaman belanja baru menambah daya tarik Kota Malang dan Kota Batu sebagai destinasi wisata.

“Fakta ini tercermin dari pusat perbelanjaan kota Malang dan Batu yang menawarkan berbagai macam pilihan tempat yang instagramable yang menarik pengunjung,” jelasnya. (K24)

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button