Anugerah Istimewa, 19 Kepala Desa Raih Penghargaan Desa Mandiri - WisataHits
Jawa Timur

Anugerah Istimewa, 19 Kepala Desa Raih Penghargaan Desa Mandiri

BATU – HUT Kota Batu yang ke-21 Senin (17/10) lalu menjadi lebih spesial. Pasalnya, ada bingkisan besar bagi masyarakat Kota Batu. Yakni penghargaan dari kementerian desa PDTT bahwa semua desa kota wisata dinyatakan desa mandiri.

Penghargaan Desa Mandiri diserahkan langsung kepada Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Wali Kota Batu Dewanti dan 19 Kepala Desa di Kota Batu saat penyerahan penghargaan kemarin. Selain itu, pada hari yang sama, Pemkot Batu juga meresmikan fasilitas baru di Balai Kota Among Tani, yaitu Mal Pelayanan Publik (MPP).

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan pihaknya merekrut pemerintah desa di seluruh Indonesia setiap tahun. Hal ini untuk mengetahui bagaimana kemajuan di desa tersebut. “Setiap tahun ada indeks desa berkembang, itu dilakukan secara otomatis skor. Ini sistemik dan tidak bisa dikesampingkan, ini akan menunjukkan desa itu masuk kategori mana,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Batu yang berhasil mendorong seluruh desanya menjadi desa mandiri. Ini satu-satunya di Indonesia di tingkat kota. “Hingga saat ini, ada 6.631 desa dari 74.961 desa di Indonesia yang mandiri. Jumlahnya tidak banyak, jadi kami terus mendorong desa-desa baru yang mandiri untuk dicetak setiap tahun,” jelasnya.

Selain itu, Kementerian Desa PDTT menyerahkan kepada kepala desa sertifikat penghargaan dan lencana sebagai pengakuan. Hal ini untuk mendorong desa-desa lain untuk mengikuti jejak mereka. “Kami berharap itu akan muncul di masa depan. Karena desa mandiri ini tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, ada banyak komitmen dari perempuan dan desa mengurus pendidikan. Semua itu merupakan komponen penting dalam percepatan pembangunan desa,” kata Halim.

Sementara itu, Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas capaian Kota Batu hingga usianya yang ke-21 tahun ini. Kota Batu tentu bangga akan hal itu. “Semua ini tercapai berkat kerja keras dan rasa hormat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kota Batu,” ujarnya.

Ke depan, Dewanti berharap semua program yang telah direncanakan sebelumnya dapat selesai pada akhir tahun 2022. “Yang jelas saya dorong semua program yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat selesai tahun ini,” pungkasnya. (adk/tutup)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button