Air terjun Juwuk Manis, air terjun kembar dengan spot foto instagramable di Bali - WisataHits
wisatahits

Air terjun Juwuk Manis, air terjun kembar dengan spot foto instagramable di Bali

Air terjun Juwuk Manis, air terjun kembar dengan spot foto instagramable di Bali

Air terjun Juwuk Manis merupakan salah satu wisata air terjun Bali Barat. Sirkuit air ini bisa menjadi alternatif liburan jika ke Bali.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-20.00 WITA, Alamat: Manggissari, Kec. Pekutan, Kab. Djembrana, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Juwuk Manis bisa menjadi tujuan liburan di Bali Barat. Tempat wisata air terjun di Bali Barat ini memang belum begitu populer sehingga terkesan cukup asing bagi sebagian orang sehingga pengunjung tempat wisata alam ini selalu sepi pengunjung. Wisata di pulau bali yang saat ini sangat populer cukup di dominasi oleh kawasan wisata bali selatan.

Sebagian besar wisata di pulau Bali adalah wisata alam pantai, sedangkan kawasan wisata alam air terjun didominasi oleh kawasan wisata Bali Utara atau kawasan Singaraja. Sedangkan Air Terjun Juwuk Manis yang terletak di Bali Barat belum banyak mendapat perhatian.

Traveling sudah pasti menjadi kebutuhan setiap orang. Banyak tempat dan tujuan wisata yang bisa dipilih oleh wisatawan. Setiap destinasi wisata juga memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Dari wisata populer hingga wisata sepi, pengunjung bisa dipilih oleh wisatawan.

Objek wisata air terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Budi Astawa di flickr.com

Kehadiran wisata air alami di atasnya melengkapi daftar destinasi wisata di Bali Barat. Meski tempatnya tersembunyi, air terjun cantik ini tetap layak untuk dikunjungi karena alam dan pemandangannya yang indah.

✦ Dua air terjun yang indah

Terletak di Desa Juwuk Manis, Manggissari, Kecamatan Pekutatan, air terjun cantik ini memiliki ketinggian sekitar enam meter. Memang ukuran ini tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan air terjun lainnya di Bali. Namun yang menarik dari wisata alam ini adalah adanya dua buah air terjun yang berdampingan yang membuat air terjun ini sangat indah.

Selain itu, air yang mengalir di air terjun ini sangat jernih dan sejuk, yang menunjukkan bahwa perairan pegunungan di wilayah Bali Barat masih sangat asri. Kolam di air terjun ini tidak terlalu tinggi, sehingga bisa digunakan untuk permainan air.

✦ Tempat Instagramable

Keindahan alam Air Terjun Juwuk Manis sangat cocok dijadikan spot foto. Dua air mancur kembar yang mempesona dan keindahan bebatuan yang ada akan membuat foto wisata menjadi sangat estetik. Namun, untuk mendapatkan spot foto terbaik, wisatawan perlu lebih berhati-hati.

Karena medan air terjun tidak mudah untuk dilalui. Wisatawan bisa berfoto di kolam, di dekat air terjun atau di bebatuan agar tidak terkena air. Wisatawan sendiri bisa mengeksplor spot foto yang ada.

✦ Jauh dari keramaian

Lokasinya yang cukup jauh dari hiruk pikuk kota membuat Anda bisa menikmati rangkaian air ini dengan tenang. Keberadaannya yang jauh dari hiruk pikuk keseharian penduduk kota tentunya dapat membantu membuat wisatawan lebih rileks saat berkunjung.

Meski butuh sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke Air Terjun Juwuk Manis, namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan alam yang damai dan tentram. Wisatawan bisa menenangkan diri dan menghilangkan stres di wisata alam ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Foto oleh Made Citayasa di flickr.com

Wisata alam ini terletak di Manggissari, Pekutatan, Jembrana, Bali. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan membutuhkan waktu sekitar dua setengah jam dari Denpasar, Bali. Wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan sepeda motor atau mobil pribadi.

Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana dapat diakses melalui medan yang cukup sulit. Medan yang dilalui terdiri dari dataran berkelok-kelok, menanjak dan berbukit. Sesampainya di Desa Juwuk Manis, kendaraan bisa diparkir di dekat pemukiman warga setempat.

Kemudian, wisatawan dapat menyusuri jalan yang cukup terjal antara kebun kopi dan perkebunan kopi, menandakan kawasan tersebut memiliki udara yang segar. Perjalanan menuju tempat wisata alam ini dilanjutkan dengan menaiki anak tangga yang akan membantu wisatawan untuk sampai ke tempat tujuan.

Menempuh perjalanan sekitar satu kilometer, wisatawan tidak akan merasakan apa-apa dibandingkan keindahan yang akan dinikmati.

Harga tiket masuk dan jam buka

Tidak ada acuan harga tiket masuk wisata alam ini. Wisatawan yang datang berkunjung dapat memberikan donasi atas kemauan sendiri. Uang yang dibayarkan akan digunakan untuk pengelolaan tempat wisata.

Biasanya wisatawan yang berkunjung menyumbang Rp 10.000 hingga Rp 15.000, tergantung masing-masing wisatawan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Budi Astawa di flickr.com

Berkunjung ke air terjun tentunya akan erat kaitannya dengan berbagai aktivitas air. Wisatawan yang menyukai air atau kegiatan yang berhubungan dengan air dapat menikmati objek wisata alam Juwuk Manis ini. Beberapa aktivitas dalam perjalanan dapat dinikmati dalam wisata air alami ini.

1. Berenang

Ada kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi oleh wisatawan. Berenang sambil menikmati keindahan air terjun pasti menjadi hal yang menyenangkan. Karena merupakan kolam alami dan terdapat bebatuan di dasarnya, wisatawan harus ekstra hati-hati jika ingin berenang atau berendam. Apalagi jika ingin berada langsung di bawah air terjun.

Batu-batu di bagian bawah tentunya akan licin dan sangat riskan dan wisatawan bisa saja terjatuh jika tidak hati-hati. Tentu juga akan sangat berisiko bagi wisatawan yang datang bersama keluarga atau anak-anak. Anak-anak membutuhkan perhatian ekstra saat berkunjung ke objek wisata alam ini.

2. Mainkan air

Jika berenang tidak memungkinkan, misalnya saat arus kuat, wisatawan bisa bermain air di tepi kolam. Ada bebatuan yang bisa dijadikan pijakan atau tempat duduk sambil bermain air. Wisatawan bisa bermain air sambil menikmati keindahan alam yang ada.

Jika Anda membawa anak-anak, sebaiknya Anda bermain air saja. Hindari berenang dengan anak kecil, terutama yang belum berpengalaman. Hal itu tentu berisiko mengingat wisata alam ditujukan untuk wisatawan muda dan dewasa.

3. Ambil gambar

Ada banyak spot foto yang menarik, tentu sayang untuk dilewatkan. Wisatawan bisa berfoto atau berfoto dengan latar belakang air terjun Juwuk Manis. Selain Instagram foto dan meningkatkan nilai estetika Umpan Instagramwisatawan juga bisa berfoto untuk mengabadikan momen bahagia berlibur bersama keluarga atau teman.

Berfoto juga bisa menjadi tanda bahwa wisatawan pernah berkunjung ke kawasan tersebut. Namun, wisatawan harus selalu berhati-hati dan menjaga sopan santun saat berfoto di tempat tujuan wisata. Jangan sampai foto dan video merugikan wisatawan atau melanggar peraturan apapun.

Fasilitas yang tersedia

Instalasi Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Budi Astawa di flickr.com

Fasilitas yang ada di kawasan wisata alam ini masih sangat minim. Ada area parkir, toilet, warung makan dan tempat istirahat. Meski begitu, cukup untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang. Fasilitas minim ini masih bisa dimanfaatkan dengan baik mengingat sedikitnya wisatawan yang datang berkunjung.

Bali merupakan pulau yang memiliki banyak tempat wisata. Wisatawan yang berkunjung tentunya dapat memilih tempat wisata sesuai dengan keinginannya. Salah satu destinasi yang bisa dijadikan tempat liburan adalah Air Terjun Juwuk Manis. Air terjun ini memiliki dua saluran air besar dengan kolam kecil di bagian bawah untuk bermain air.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button