Nusa Lembongan Bali - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Nusa Lembongan Bali – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Nusa Lembongan salah satu pulau kecil yang eksotis Bali yang dekat dengan Nusa Ceningan. Wisata bahari yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 275.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jungutbatu, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Bali memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Keindahannya tidak hanya terletak di pulau utama, tetapi juga di pulau-pulau sekitarnya. Salah satunya adalah Nusa Lembongan.

Keberadaan destinasi wisata satu-satunya ini sangat dekat dengan Nusa Penida Bali. Tempat ini terletak tepat di sebelah Pulau Ceningan. Bahkan kedua pulau ini disatukan oleh sebuah jembatan yang eksotis dengan warna yang begitu mencolok.

Ada berbagai alasan mengapa tempat wisata ini ramai dikunjungi pengunjung. Jika ditelusuri lebih jauh, ada beberapa tempat di pulau ini yang mampu memukau setiap orang yang berkunjung. Seperti destinasi Bali lainnya, pulau ini menjadi rumah bagi berbagai tempat wisata eksotis kelas dunia.

Atraksi Nusa Lembongan Bali

Objek Wisata Nusa Lembongan BaliKredit Gambar: Google Maps Tolak Sufriawan

1. Eksotisme pantai

Berkunjung ke pulau cantik ini, wisatawan bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus. Ada lebih dari satu pantai di sana. Pengunjung pasti akan merasakan pengalaman yang berbeda saat singgah di destinasi ini.

Salah satu dari sekian banyak pantai di pulau ini adalah Pantai Jungut Batu. Hamparan pasirnya yang berwarna putih kekuning-kuningan membuat tempat ini begitu eksotis. Teksturnya juga lembut, sehingga cocok untuk dikunjungi wisatawan.

Nama tempat mencerminkan kondisi yang ada di sana. Pantainya banyak bebatuan. Hal ini membuat destinasi kurang cocok untuk berenang. Namun, keindahan pantai ini tentu sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkannya saat singgah di sana.

Jika Anda mencari tempat yang tepat untuk berenang, Anda bisa mengunjungi Mushroom Bay. Terletak di sebuah teluk, pantai pasir putihnya memukau siapa saja yang memandangnya. Air laut di sekitarnya terlihat begitu jernih dan ombaknya tampak cukup tenang.

Batas pantainya adalah bukit berbatu yang di atasnya juga terdapat beberapa tempat berteduh. Dikenal sebagai berry jamur, benda-benda di sana tampak begitu padat. Pasalnya, tempat tersebut tidak hanya berupa pantai tetapi juga dermaga untuk kapal cepat.

Mengunjungi teluk akan membuat liburan menjadi begitu indah. Wisatawan bisa berenang dengan bebas di sekitar pantai. Kemurnian air dan ombaknya tidak bagus, yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas ini dengan aman. Beberapa aktivitas seperti snorkeling juga bisa dilakukan di teluk ini.

Selain kedua pantai tersebut, Nusa Lembongan juga memiliki hamparan pantai lainnya. Tempat itu sering disebut Pantai Impian. Ini adalah pantai paling populer di pulau kecil ini. Hamparan pasirnya berwarna putih dan kondisinya begitu bersih.

Kebersihan tempat ini memang menjadi hal yang paling diperhatikan pengelola untuk memastikan objek wisata tersebut tetap terjaga dan terjaga dengan baik. Inilah yang membuat perjalanan menjadi nyaman. Air lautnya juga terlihat begitu jernih berpadu sempurna dengan hamparan pasir pantai.

Keberadaannya yang berada di sebuah teluk membuat panoramanya semakin eksotis. Mengunjungi pantai ini hampir dilakukan oleh semua orang yang ingin berkunjung ke Pulau Lembongan. Tempat ini dikelilingi oleh beberapa tebing berenda, yang membuatnya tampak tersembunyi.

2. Pesona indahnya hutan mangrove

Pulau Lembongan menyimpan tidak hanya sebagian dari pantai tetapi juga fitur alam lainnya. Salah satunya adalah mangrove di daerah yang cukup terpencil di pulau ini. Lokasinya berada di dekat pantai di ujung pulau.

Wisatawan bisa menikmati aktivitas seru di Nusa Lembongan dengan mendayung sampan tradisional. Beberapa saluran tersedia untuk lebih jauh mengakses hutan mangrove ini. Pemandangan di sana terlihat begitu alami dan menyegarkan mata. Di ujung hutan ini Anda akan melihat keindahan laut, pengunjung juga bisa melihat Gunung Agung Bali dari kejauhan.

3. Wisata Gua Gala-Gala yang Unik

Aktivitas di Nusa Lembongan BaliKredit gambar: Google Maps Minar Uz Zaman

Sekali lagi, pulau yang tidak jauh dari Bali ini memiliki daya tarik wisata yang tak kalah menarik. Tempatnya berupa beberapa terowongan bawah tanah dengan kedalaman sekitar 7 meter. Tempat itu sebenarnya adalah sebuah rumah yang sengaja dibangun di bawah tanah.

4. Pemandangan indah dari Devil’s Tear

Destinasi wisata tepi laut ini menawarkan suasana alam yang tidak biasa. Ada beberapa tebing yang cukup curam di sana. Suasana cukup riuh karena deburan ombak laut menghantam tebing karang dengan keras. Air laut disemprotkan sampai ke atas.

Tempat wisata yang satu ini, banyak yang menganggapnya mirip dengan tempat wisata Water Blow di Nusa Dua Bali. Hal ini tidak mengherankan karena hamparan tebing yang dihantam ombak laut membuatnya begitu mirip. Semburan air laut juga menghasilkan pelangi ketika sinar matahari menyinarinya.

Waktu terbaik yang disarankan untuk mengunjungi objek tersebut adalah saat matahari sedang tergelincir. Saat ini, dekorasi yang dihadirkan akan membuat background foto semakin cantik. Penampakan itu akan berpadu dengan air laut yang memantul ke atas.

5. Penampilan Jembatan Kuning Klasik

Jembatan ini sempat runtuh dan dibangun kembali pada tahun 2016 dengan nama baru yaitu “Jembatan Cinta”. Tempat ini merupakan spot foto paling populer di pulau ini. Bentuk dan warna menciptakan nuansa klasik. Pemandangan yang disuguhkan juga begitu menakjubkan.

Tampilan di sana juga semakin indah karena berlatar belakang pepohonan hijau dan laut biru yang mempesona. Jembatan ini menyatukan Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan. Jarak antara kedua pulau sangat dekat, yang tidak membuat jembatan ini terlalu panjang.

Alamat dan rute menuju lokasi Nusa Lembongan

Alamat Nusa LembonganKredit gambar: Google Maps Hanks Wu (Apocalypse)

Pulau wisata ini terletak di Selat Badung. Jaraknya begitu dekat dengan Pulau Ceningan sebelah. Lokasinya sekitar 2 kilometer barat laut dari destinasi terkenal Nusa Penida. Sedangkan terletak di pulau Bali yang berjarak 11 kilometer dari sisi tenggara.

Pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung ini memiliki panjang sekitar 4,6 kilometer dan panjang sekitar 1-1,5 kilometer. Ada beberapa akses untuk menuju ke sana, namun tentunya dengan transportasi laut. Banyak pelabuhan di pulau Bali yang menawarkan perahu untuk menuju ke sana.

Namun, lokasi objek tersebut dekat dengan Bali bagian selatan. Oleh karena itu, ada 2 titik yang cocok untuk penyeberangan keberangkatan menuju ke sana, yaitu Pelabuhan Serangan dan Sanur.

Biaya Perjalanan di Wisata Nusa Lembongan

Biaya Perjalanan di Wisata Nusa LembonganKredit gambar: Google Maps Peter

Untuk menuju pulau tersebut, tentunya Anda harus membayar sejumlah biaya untuk menaiki speedboat. Dari Serangan ke sana dikenakan biaya Rp 275.000 per orang. Biayanya naik menjadi Rp 400.000 jika Anda melakukan perjalanan keliling pulau. Jika Anda menggunakan kapal yang lebih mewah, harganya akan beberapa kali lebih tinggi.

Meski biaya menuju ke sana dari Pelabuhan Sanur bisa lebih murah lagi, namun tetap bergantung pada kualitas dan jenis armada yang digunakan. Ada perahu di sana yang memiliki tiket sekitar Rp 75.000 per orang. Jika Anda menggunakan speed boat dari sana Anda harus membayar biaya sekitar dua kali lipat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan

Aktivitas Menarik Nusa LembonganKredit gambar: Google Maps

1. Jelajahi keindahan pulau

Itu pasti sesuatu yang wajib ketika Anda berada di sana. Pulau yang tidak begitu luas ini bisa dijelajahi dengan segala pesonanya. Ada beberapa tempat yang cocok bagi siapa saja yang datang untuk menjelajah lebih dekat. Pengunjung tidak hanya akan menikmati pantai, tetapi juga beberapa destinasi lainnya.

2. Nikmati laut di sekitarnya dengan scuba diving

Wisatawan yang berlibur di pulau eksotis ini tidak hanya bisa menjelajahi daratan tapi juga lautan yang ada di dalamnya. Ada beberapa titik yang cocok untuk melakukan aktivitas tunggal ini, salah satunya di Pantai Jungut Batu. Ada juga beberapa persewaan peralatan untuk menyelam.

3. Berenang sambil menikmati kesegaran air laut

Beberapa tempat yang cocok untuk berenang di kawasan pulau Nusa Lembongan, antara lain Mushroom Bay. Tempat dengan nama asli Pantai Tanjung Sanghyang ini memiliki pemandangan yang cocok untuk para wisatawan mandi. Selain tempat-tempat tersebut, Dream Beach bisa menjadi salah satu tempat yang bagus untuk menikmati air laut.

4. Snorkeling

Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan bawah laut sambil melakukan aktivitas tersebut. Beberapa titik menyediakan peralatan snorkeling, antara lain Jungle Beach dan Hutan Mangrove. Saat snorkeling di sini, pengunjung dapat menemukan ikan yang jarang ditemukan di tempat lain, termasuk mola-mola dan pari manta.

5. Ambil gambar

Tentu saja, ini dapat dilakukan di hampir semua sisi pulau. Beberapa rekomendasi tempat untuk berfoto adalah Yellow Bridge dan Devil’s Tear.

Penginapan murah di sekitar Nusa Lembongan

Penginapan murah di sekitar Nusa LembonganKredit gambar: Google Maps Wedang Kopi

1. Hotel Paus Putih Nusa Lembongan

Penginapan ini cukup murah dengan berbagai fasilitas yang ditawarkannya. Beberapa di antaranya adalah AC, wifi, kolam renang, restoran, parkir, hingga ruang depan yang bisa digunakan untuk pengunjung.

2. Kabin pantai

Hotel minimalis ini bisa disewa dengan harga murah per kamar. Pengunjung juga bisa menggunakan beberapa fasilitas seperti AC dan wifi. Lokasinya juga berada di salah satu destinasi favorit di pulau ini, yaitu pantai Jungut Batu.

3. Gudang kebun di Sandy Bay

Lokasinya yang strategis dekat dengan beberapa destinasi seperti Devil’s Tear, Sanday Bay dan Dream Beach. Penginapan mewah ini menawarkan fasilitas yang lengkap kepada pengunjung. Beberapa di antaranya adalah AC, wifi, di kolam renang.

4. Bungalo Singkong

Wisma kelas menengah ini terletak di sebelah Sandy Bay. Pengunjung dapat menggunakan beberapa hal yang ditawarkan seperti AC, wifi, kolam renang, restoran.

Fasilitas yang tersedia di Nusa Lembongan Bali

Fasilitas Nusa Lembongan BaliKredit Gambar: Google Maps goto ryohei

Dengan mengunjungi objek wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Pengelola menyediakan beberapa hal seperti persewaan berbagai peralatan snorkeling dan scuba diving, sejumlah restoran, hingga akomodasi. Di banyak objek juga terdapat toilet dan tempat duduk menikmati pemandangan alam pulau.

Nusa Lembongan Bali memiliki beberapa hal yang bisa membuat liburan menjadi menyenangkan. Banyak tempat yang begitu cocok untuk menjadi pilihan perjalanan Anda. Pengelola juga menawarkan berbagai hal bagi pengunjung selama singgah di pulau yang menawan ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button