Nurshodiq dan Pretty Sihite memenangkan Borobudur Marathon 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Nurshodiq dan Pretty Sihite memenangkan Borobudur Marathon 2022

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Nurshodiq dan Pretty Sihite menjadi juara kategori Putra dan Putri pada Borobudur Marathon 2022 yang digelar hari ini, Sabtu (12 November 2022) di Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sedangkan kategori Young Talent Bank Jateng untuk pelari muda usia 15-18 tahun menjadi pemenangnya
Fadhil Aulia Mufti dan Nur Aslamiyah Irja Pasa.

Pada ajang ini, Nurshodiq menyelesaikan Borobudur Marathon Elite Race 2022 dengan catatan waktu 2 jam 38 menit. Sedangkan Pretty Sihite menjadi yang tercepat untuk kategori putri dengan catatan waktu 3 jam 10 menit.

Para peserta dibubarkan pada pukul 05.00 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Borobudur Marathon Elite Race merupakan salah satu lomba utama Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng. Dengan jarak lari 42,195 kilometer, hanya pelari terbaik nasional dengan standar kualifikasi waktu tertentu yang akan ambil bagian. Mereka secara khusus diundang untuk mengikuti kompetisi.

Tahun ini diikuti 35 pelari elit nasional yang terdiri dari 24 atlet putra dan 11 atlet putri. Sebelumnya, panitia menyebutkan ada 37 peserta lomba elit, namun dua orang tidak dapat mengikuti lomba atau tidak memulai (DNS) karena gagal dalam penyaringan awal selama karantina.

“Saya sangat menyukai maraton tahun ini, jadi saya melakukan banyak latihan ketahanan. Saya memiliki kepercayaan diri karena saya sudah bisa melampaui ambang batas yang ditetapkan oleh pelatih selama pelatihan. Saya sangat menikmati lari tahun ini,” kata Pretty usai kompetisi.

Nurshodiq dan Pretty Sihite bukanlah nama baru di Borobudur Marathon. Nurshodiq meraih podium ke-8 pada 2020 dan podium ke-7 pada 2021. Sementara itu, Pretty merupakan pemenang lomba elit putri pada tahun 2020 dan menempati posisi ke-2 Borobudur marathon pada tahun 2021.

Perlombaan elit di kategori putra akan menentukan delapan juara, berurutan dari yang tercepat, yakni Nurshodiq, Irmansah, Musa, Iqbal Saputra, Muhammad Ady Saputra, Kelvin, Moh Ishari, Azwar, dan Firton Lumban Toruan. Sedangkan dari kategori putri dipilih lima pemenang yaitu Pretty Sihite, Yulianti Utari, Triyaningsih, Anjellika Br Ginting dan Rufina Guteri Ganggus. Pemenang pertama, kedua dan ketiga dari elite race ini membawa pulang hadiah masing-masing sebesar Rp 40 juta, Rp 30 juta dan Rp 20 juta.

Spesial

Borobudur Marathon 2022 semakin istimewa karena tahun ini menjadi tuan rumah pertama Bakat Muda Bank Jateng, lomba lari 10 kilometer yang menjadi wadah bagi para talenta muda berusia 15-18 tahun untuk meningkatkan dan meningkatkan keterampilan mereka. Sebanyak 29 pelari muda mengikuti ajang ini, semula direncanakan 30 orang. Peserta Young Talent gagal screening selama karantina.

Di Bakat Muda Bank Jateng, Fadhil Aulia Mufti asal Medan, Sumatera Utara menjadi juara putra. Ia berhasil menyelesaikan pertandingan dalam waktu 34 menit 2 detik. Sementara itu, Nur Aslamiyah Irja Pasa dari Salatiga menjadi juara putri dengan catatan waktu 46 menit 54 detik.

Pemenang pertama, kedua dan ketiga Bakat Muda Bank Jateng meraih hadiah masing-masing sebesar Rp5 juta, Rp4 juta dan Rp3 juta dengan tambahan tabungan mahasiswa dari Bank Jateng masing-masing senilai Rp2 juta.

Borobudur Marathon merupakan ajang sport tourism bergengsi yang diselenggarakan oleh Harian Kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon dan didukung oleh Bank Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Selain Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang akan digelar pada 12 November 2022, Bank Jateng Tilik Candi menjadi salah satu kompetisi penting dalam Borobudur Marathon. Perlombaan half marathon untuk pelari umum akan berlangsung besok, 13 November 2022.

Eko Priyono

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button