Transportasi menuju Labuan Bajo dan Bandara Komodo siap menyambut delegasi KTT ASEAN 2023 - WisataHits
wisatahits

Transportasi menuju Labuan Bajo dan Bandara Komodo siap menyambut delegasi KTT ASEAN 2023

Transportasi menuju Labuan Bajo dan Bandara Komodo siap menyambut delegasi KTT ASEAN 2023

Piknikdong.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, Bandara Komodo akan menjadi tempat pendaratan pesawat delegasi yang akan menghadiri KTT ASEAN ke-42 pada 2023.

Hal itu ditegaskan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan langsung ke Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (6/5/2023).

Bandara Komodo dan fasilitas transportasi di Labuan Bajo siapMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi check in langsung di Bandara Komodo, Labuan Bajo pada Sabtu (6/5/2023). Menhub pastikan sejumlah infrastruktur siap digunakan untuk mensukseskan KTT ASEAN ke-42 2023, Image by: Kemenparekraf

“Dalam beberapa hari, kita akan kedatangan banyak tamu dari ASEAN.

Jika Anda melihat persiapan kami sangat bagus. Bahkan penduduk setempat (Labuan Bajo) juga menyambut mereka dengan suka cita,”

kata Menteri Perhubungan.

Menurut Menhub, fasilitas di Bandara Komodo sudah siap menerima dan melayani penerbangan VVIP dan niaga.

Bandara Komodo memiliki panjang landasan pacu 2.650 meter dan lebar 45 meter yang mampu menampung pesawat jenis A320 dan B738.

Luas apron mencapai 31.000 m2 untuk 7 posisi parkir dengan rincian 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller. Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 13.366 m2.

Kementerian Perhubungan juga telah menyiapkan bandara terdekat sebagai tempat parkir pesawat bagi para delegasi yang menghadiri KTT ASEAN 2023, antara lain I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali, Lombok Praya, Sultan Hasanuddin di Makassar dan bandara El Tari di Kupang.

Sejumlah fasilitas pendukung lainnya juga telah disiapkan untuk mendukung kegiatan KTT ASEAN ke-42 tahun 2023, antara lain fasilitas pemeriksaan Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) dan heliport untuk evakuasi medis.

Selain mengecek bandara, Menhub Budi juga mengecek fasilitas transportasi, seperti 25 unit bus Hiace.

Bus yang semuanya sudah ground check ini akan menjadi shuttle yang akan melayani mobilitas delegasi, panitia, serta tim peliputan media, dari dan ke bandara serta hotel dan venue acara.

Selain menyiapkan bus, 30 tim driver juga disiapkan dan mengenal fitur serta kondisi jalan di Labuan Bajo.

Selain itu, Menhub meninjau Kapal Motor (KM) Sinabung yang beroperasi sebagai hotel terapung sejak 6 Mei hingga 12 Mei 2023.

Kapal ini ditambatkan di dermaga Marina Labuan Bajo sejak Sabtu (6/5/2023) pagi. Kapal ini juga dapat digunakan untuk tim pendamping delegasi negara-negara ASEAN, antara lain tim media, tim keamanan dan tim pendukung lainnya.

KM Sinabung yang disiapkan PT Pelni mampu menampung 2.000 penumpang yang terbagi menjadi 32 kabin kelas 1A, 20 kabin kelas 1B, 42 kabin kelas 2A, 14 kabin kelas 2B, dan satu kabin ekonomi.

KM Sinabung juga memiliki ruang pertemuan dengan kapasitas 150 orang.

Terakhir, Menhub meninjau kawasan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) di Golo Mori.

Lokasi ini nantinya akan digunakan untuk side event ASEAN Summit 2023. Zona MICE Golo Mori dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button