Nikmati pesona cahaya surgawi di Gua Terawang Blora - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Nikmati pesona cahaya surgawi di Gua Terawang Blora – Solopos.com

Nikmati pesona cahaya surgawi di Gua Terawang Blora – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Keajaiban Cahaya Surgawi di Goa Terawang. (Khusus/blorakab.go.id)

Solopos.com, BLORA — Goa Terawang adalah salah satu tempat wisata paling populer di Blora, Jawa Tengah. Goa ini merupakan tempat wisata alam di Blora dengan keindahan alamnya.

Gua Terawang terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 32 km sebelah barat Kota Blora atau 107 km dari Kota Semarang.

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Gua Terawang memiliki panjang saluran lebih dari 180 meter dengan kedalaman 5 hingga 11 meter di bawah permukaan bumi. Sebelum memasuki goa, pengunjung harus menuruni tangga setinggi 15 meter menuju pintu masuk goa.

Pos tunggal EMagz

Berdasarkan sejarah yang berkembang di masyarakat, sejarah Goa Terawang pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian tentara VOC pada masa penjajahan Belanda untuk menyusun strategi menguasai wilayah Blora. Pada masa pemerintahan bupati Blora pertama, Cokronegoro Hadiningrat, Goa Terawang pernah digunakan untuk pertemuan perundingan damai dengan pasukan VOC.

Selain cerita sejarah, daya tarik Goa Terawang tak lepas dari pesona alamnya. Keunikan goa ini bukan hanya penampakan dari dalam goa. Ciri khas Goa Terawang adalah lubang-lubang di langit.

Terdapat beberapa lubang pada langit-langit Goa Terawang dengan ukuran bervariasi dari kecil hingga besar. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang ini, menciptakan seberkas cahaya yang menakjubkan seperti cahaya dari surga.

Selain itu, lubang-lubang tersebut berfungsi sebagai jendela gua yang mengatur sirkulasi udara di dalam gua agar kondisi di dalam gua tidak terlalu lembab dan pengap. Keunikan Goa Terawang membuat wisatawan luar kota Blora penasaran untuk merasakan momen ini secara langsung.

Solopos interaktif

Sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin merasakan momen datang saat cuaca cerah atau matahari sedang bersinar karena momen tersebut hanya bisa dicapai pada waktu-waktu tertentu saja. Momen unik ini biasanya diabadikan wisatawan dengan berfoto di bawah matahari seolah-olah ada efek siluet yang indah.

Selain itu, ada hal lain yang menarik untuk dinikmati di luar goa, yaitu keindahan hutan jati yang rindang dan bermain dengan hewan-hewan di sekitarnya. Ada juga fasilitas baru yang disediakan manajemen seperti rumah pohon dan jalan setapak di sekitar hutan jati bagi yang ingin menyewa ATV.

Gua Terawang buka mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB. Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi Goa Terawang, Anda bisa memilih waktu terbaik untuk menikmati momen di Goa Terawang ini bersama teman dan keluarga.

iklan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button