Indahnya Cahaya Surgawi di Gua Jomblang, Traveler Wajib Datang Ke Sini: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Indahnya Cahaya Surgawi di Gua Jomblang, Traveler Wajib Datang Ke Sini: Okezone Travel

PESONA Wisata alam di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai destinasi wisata bisa dinikmati, seperti pantai, pegunungan dan destinasi wisata lainnya. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan menyukai adrenalin, berkunjung ke Goa Jomblang sangatlah tepat.

Gua Jomblang terletak di Jalan Jetis, Ayahejo, Kecamatan Semanu, Kegubernuran Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gua ini terkenal dengan “cahaya surga” yang indah.

Gua Jomblang merupakan gua sinkhole yang runtuh secara vertikal. Gua ini terbentuk karena proses geologis dari penurunan tanah dan vegetasi di atasnya ke tanah, yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Keruntuhan ini membentuk lubang atau sumur dalam bahasa Jawa disebut Luweng.

Salah satu keunikan Goa Jomblang adalah terdapat hutan purba di dasar goa dan mulut goa berdiameter sekitar 50 meter dan sering disebut Luweng Jomblang.

Infografis gua misterius di Indonesia

Jika anda ingin menuju ke dasar goa, anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan karena anda akan mendapatkan sesi pelatihan singkat tentang cara turun ke dalam goa dengan aman dan didampingi oleh pemandu profesional yang mengerti jalur Jomblang. Gua.

Saat menuruni tebing untuk pertama kalinya, Anda harus menggunakan teknik SRT (Einseiltechnik {f}). Perlengkapan yang digunakan yaitu sepatu bot, helm, lampu dan perlengkapan SRT yang disediakan oleh pihak tour.

Anda hanya perlu membawa baju ganti, kaos kaki dan air mineral. Karena ada aktivitas yang terjadi di dalam gua melalui lumpur dan udara lembab yang dapat menodai pakaian Anda.

“Cahaya dari surga” di dalam berasal dari sinar matahari yang masuk ke gua melalui celah-celah dan menerangi batu kapur. Pepohonan di permukaan menciptakan efek sinar matahari yang sangat menyenangkan.

Harap diperhatikan bahwa cahaya terbaik adalah antara pukul 12:00 dan 13:00 WIB, jadi Anda perlu merencanakan perjalanan untuk memastikan Anda tidak melewatkan cahaya surgawi ini.

Untuk menikmati pemandangan goa ini biayanya Rp 450.000 hingga Rp 1 juta untuk satu orang, harga ini tergantung fasilitas mana yang akan Anda gunakan nantinya. Jika Anda memiliki pengalaman dan peralatan yang tepat, Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk ikut serta.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button