Nagari Balingka memiliki kebun wisata strawberry - WisataHits
Jawa Barat

Nagari Balingka memiliki kebun wisata strawberry

AGAM-Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam yang memiliki kawasan wisata kebun stroberi, saat ini didatangi pengunjung dari berbagai daerah, kata Wali Nagari Balingka Armen, S.Pdi, Jumat (16/9).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Satria membenarkan bahwa keberadaan kebun wisata stroberi yang dikelola Pemkot setempat saat ini semakin meningkat, yang juga menjadi unggulan wisata kebun stroberi Nagari Balingka.

Dijelaskannya, Ampek Koto merupakan salah satu dari 16 kecamatan dari 82 Nagari di Kabupaten Agam yang memiliki 7 Nagari dan masing-masing memiliki keunggulan dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian maupun dalam usaha kerajinan industri dalam negeri sebagai penopang perekonomian masyarakat.

Berkat bimbingan dari semua pihak, Nagari Balingka kini memiliki kawasan wisata kebun strawberry yang tentunya tidak lepas dari bimbingan dan arahan Bupati IV Koto Ricky Eka Putra, Wali Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Armen bersama anggota kelompok tani melalui Gerakan Ayo Tanam Strawberry.

Secara terpisah, Ricky Eka Putra, Camat IV Koto, dan Wali Nagari Balingka, Armen, mengatakan mengembangkan BUMD menuju pemberdayaan dan inovasi salah satunya dengan menjadikan Nagari Balingka sebagai kampung stroberi.

“Alhamdulillah, tiga jorong di Nagari Balingka kini sudah melakukan gerakan budidaya stroberi sebagai desa stroberi, yang meliputi Jorong Koto Hilalang, Patanganan dan Jorong Subarang,” ujarnya.

Dijelaskannya untuk pengembangan budidaya strawberry, masyarakat setempat melakukan copy study di kawasan Ciwidey Bandung, dari hasil copy study Tukul Suarni Angah, tanaman strawberry di tiga jorong di Nagari Balingka kini tumbuh subur. dan pengembangan, mulai menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk menarik. (Kasnadi)

Source: www.topsatu.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button