Pemkab Indramayu Tanam Mangrove di Karangmalang Pantai Indramayu Bersama Cirebon Danlanal - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Indramayu Tanam Mangrove di Karangmalang Pantai Indramayu Bersama Cirebon Danlanal – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu

DISCOMINFO INDRAMAYU – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Internasional yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022, Pemkab Indramayu bersama Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon melakukan penanaman mangrove di pantai Karangmalang, Desa Tanjakan, Blok Panggang Jero, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu pada Selasa ( 26.7.2022).

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu Aep Surahman, Bupati Indramayu, Diskanla Edi Umaedi, beserta Komandan Lanal (Danlanal) Laut Cirebon Lt. Kol (P) Ainul Muslimin, SE, M.Tr. Hanla, MM, dan Manajer Majelis Budidaya Mangrove Rali Padli melakukan penanaman mangrove dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Aep Surahman mengatakan hingga 5.000 bibit mangrove telah ditanam dengan luas tanam 5 hektar. Program restorasi mangrove sendiri sudah berjalan sejak Juni lalu dan saat ini memasuki tahap kelima.

“Pantai Karangmalang dipilih untuk penanaman mangrove karena daerah tersebut sering mengalami abrasi akibat gelombang pasang,” katanya.

Aep Surahman mencontohkan, perbaikan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, khususnya bagi ekosistem pesisir. Oleh karena itu, diharapkan keberadaan pohon mangrove di pesisir pantai memiliki manfaat lain selain mencegah terjadinya erosi.

Keberadaan pohon mangrove memiliki banyak keuntungan, mis. B. sebagai tempat berkembang biak ikan. Selain itu, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar melalui pemanfaatan mangrove.

Mangrove diharapkan dapat menumbuhkan banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang kemudian akan digalakkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

“Selain itu, diharapkan keberadaan mangrove yang memiliki sejuta manfaat ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan tumbuhnya UMKM dan industri kreatif masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Danlanal Cirebon mengatakan Letkol Marinir (F) Ainul Muslimin, SE, M.Tr. Hanla, MM, dinamika Hari Mangrove Internasional merupakan pengingat umum untuk lebih peduli terhadap lingkungan pesisir. Upaya koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui DLH Kabupaten Indramayu telah menyelesaikan penanaman 5.000 pohon bakau.

“Hasil koordinasi dengan pihak terkait, termasuk DLH Kabupaten Indramayu, memberikan harapan pertumbuhan mangrove dapat mengurangi erosi dan memberikan manfaat lingkungan dan sosial yang terbaik,” ujarnya.

Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, SE, M.Tr Hanla, MM mengungkapkan pemanfaatan tanaman mangrove menjadi produk bernilai tinggi dapat membuat masyarakat pesisir berkembang pesat.

“Banyak produk yang bisa diolah dari mangrove, seperti keripik dan kopi. Kedepannya diharapkan produk ini dapat menjadi salah satu produk unggulan yang dapat meningkatkan usaha UMKM masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tempat wisata mangrove ke depannya,” ujarnya.

Kelompok Budidaya Mangrove Tanjakan Rali Padli mengatakan, pihaknya turut serta dalam kegiatan penanaman mangrove dan salah satu tujuan yang akan dilakukan adalah menanam mangrove di seluruh wilayah desa Tanjakan.

Dijelaskannya, pantai Karangmalang sebelumnya telah ditanami 2.500 bibit mangrove hasil kerjasama antara BBWS dan relawan. Diharapkan program penanaman mangrove ini akan terus berkelanjutan dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat.

“Kerja sama berbagai pihak dalam budidaya mangrove saat ini sedang ditingkatkan. Saat ini, sekitar 2500 bibit pohon mangrove telah ditanam atas dukungan BBWS dan relawan. Direncanakan penanaman ini akan terus dilakukan di sepanjang pantai di desa Tanjakan, sehingga tidak hanya memberikan penahan terhadap abrasi, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Peringatan Hari Mangrove Internasional ditutup dengan pembagian sembako kepada masyarakat sekitar. Jumlah paket yang dibagikan berjumlah kurang lebih 200 paket sembako yang bersumber dari Lanal Cirebon dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan harapan dapat membantu masyarakat khususnya yang terdampak Covid-19. (Fikri/MTQ – Tim Rilis Diskominfo Indramayu)

Source: diskominfo.indramayukab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button