Kebun Inggit Strawberry, Wisata Petik Buah dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Magelang - WisataHits
wisatahits

Kebun Inggit Strawberry, Wisata Petik Buah dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Magelang

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Banyuroto, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kebun Strawberry Inggit merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan. Pasalnya, semua pengunjung akan dimanjakan dengan pesona wisata alam yang begitu indah. Sehingga bisa dipastikan waktu liburan yang Anda habiskan di sana tidak akan sia-sia.

Disana anda tidak hanya berlibur, namun tempat wisata ini memiliki nilai edukasi dan agrowisata yang sangat cocok untuk mengisi waktu anda. Pengunjung yang datang ke tempat ini juga berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tak heran jika masuk dalam salah satu wisata andalan Magelang.

Anda pasti akan mendapatkan pengalaman baru karena wisata ini memang cukup berbeda dari kebanyakan wisata lain di Magelang. Oleh karena itu, ketika musim liburan telah tiba, jangan lupa untuk ke sana. Namun, sebelum memutuskan untuk datang ke Kebun Stroberi Magelang, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.

Atraksi Strawberry Inggit Gardens

Atraksi Strawberry Inggit GardensKredit Gambar: Instagram Wa Prabu

1. Bukit yang menakjubkan

Sesampainya di sana, pengunjung akan merasakan keindahan alam perbukitan yang menakjubkan. Memang kawasan lokasi wisata ini berada di lereng Gunung Merbabu dan juga cukup dekat dengan Gunung Merapi. Anehnya, suasana alam bisa lebih menarik jika Anda datang dalam cuaca cerah.

2. Dekat dengan beberapa hostel

Tempat wisata yang berdekatan dengan hostel pasti bisa menjadi salah satu hal yang paling penting, terutama bagi pengunjung yang datang dari luar kota atau bahkan luar provinsi. Anda tidak perlu khawatir tentang akomodasi terdekat saat mengunjungi perkebunan stroberi ini. Pasalnya, di dekat lokasi wisata sudah ada beberapa hostel populer.

Akomodasi terdekat termasuk The Oxalis Regency Hotel dan Saraswati Borobudur Hotel. Dengan demikian, pengunjung yang datang dari jauh dapat beristirahat di hostel terlebih dahulu dan melakukan aktivitas wisata keesokan harinya.

3. Udara segar

Atraksi Strawberry Inggit GardensKredit Gambar: Instagram Yudha Febrianto

Sama seperti ketika Anda mengunjungi perkebunan teh, udara di wisata alam Kebun Inggit Strawberry ini juga sangat segar. Oleh karena itu, jangan heran jika wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran. Apalagi akan sangat cocok untuk orang-orang yang setiap hari tidak lepas dari polusi udara di kota-kota besar.

Dengan udara segar ini, ingatlah untuk mengenakan pakaian tebal atau jaket jika Anda berencana untuk berkunjung ke sini. Pasalnya, semakin lama Anda tinggal di tempat ini, semakin lama pula udara segar akan terasa dingin. Akan lebih baik jika pengunjung menggunakan sepatu tertutup seperti sepatu.

4. Area wisata yang bersih

Kebersihan di kawasan wisata alam ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, para pejabat pariwisata serta masyarakat setempat selalu menjaga perkebunan ini dalam kondisi bersih. Hal ini tentunya bertujuan untuk mempercantik tampilan tempat wisata dan membuat pengunjung merasa nyaman.

Setiap pengunjung disana juga sangat dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian, alam di sana masih sangat asri dan tidak tercemar oleh sampah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kebun Inggit Stroberi AlamatKredit gambar: Instagram Unna Felisa Inna Felinda

Destinasi wisata alam yang diberi nama Kebun Inggit Strawberry ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Ketep Pass Magelang dan berada di atas ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Rute yang ditempuh untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit.

Untuk bisa sampai ke kawasan wisata tersebut, Anda bisa menaiki kendaraan roda empat atau dua. Bagi anda yang berada di Kota Magelang, langsung saja arahkan kendaraan anda ke Kota Muntilan. Ketika Anda tiba di pusat kota Muntilan, Anda akan menemukan sebuah pagoda di sisi kanan jalan.

Kemudian Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan untuk menuju Kantor Kecamatan Sawangan, Magelang. Nah, dari situ Anda bisa mengarahkan kendaraan untuk berwisata ke tempat tujuan wisata Ketep Pass dengan mengikuti beberapa petunjuk arah yang telah disediakan.

Jika Anda menemukan gapura bertuliskan Selamat Datang di Desa Banyuroto dan Anda bisa melihat beberapa gubuk kecil di kiri kanan jalan, berarti Anda sudah sampai di kawasan Agrowisata Banyuroto. Namun, jika Anda merasa bingung, Anda juga bisa naik angkutan umum di Yogyakarta.

Angkutan umum yang bisa ditempuh adalah jalan Yogyakarta-Magelang dan turun di pertigaan Blabak. Kemudian naik angkutan umum lain yang menawarkan jalur Sawangan. Nah, dari Sawangan, Anda bisa memilih naik ojek untuk menuju ke sana. Jika tidak ingin naik ojek, Anda bisa menyewa angkot dengan biaya pulang pergi sekitar 75.000 hingga 100.000 rupee.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Strawberry Inggit GardenKredit gambar: Google Maps Erik Setiawan

Harga tiket masuk kawasan wisata alam berupa Kebun Strawberry Magelang ini dipatok Rp 5.000 per orang. Harga tiket masuk akan tetap sama pada hari kerja dan akhir pekan. Tentu saja harganya cukup terjangkau bagi kebanyakan orang. Tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000. Tempat wisata ini akan buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore dan buka setiap hari. Disarankan untuk mengunjungi perkebunan ini hanya di musim kemarau. Pasalnya, tanah di kawasan tersebut akan berlumpur saat musim hujan.

Hal-hal menarik yang bisa dilakukan di Strawberry Farm

Kegiatan Kebun Inggit StrawberryKredit Gambar: Instagram Yudha Febrianto

1. Petik stroberi

Tidak hanya bisa dilihat, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di sekitar taman ini sambil memetik buah strawberry yang sudah matang. Untuk jenisnya sendiri, perkebunan ini menghasilkan stroberi jenis festival dan California.

Karena perkebunan ini juga dikelola oleh masyarakat setempat, maka wajar saja jika buah strawberry yang sudah dipetik ditempatkan di beberapa kotak kecil di sekitar kebun. Kemudian strawberry akan ditimbang dan dibayar sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Untuk setiap 1 kg stroberi akan dijual dengan harga Rp30.000. Namun, dengan minimal pembelian kg. Meski perkebunannya didominasi oleh tanaman stroberi, ada juga berbagai jenis tanaman lain seperti sayuran dan tembakau.

2. Ambil gambar

Tidak baik jika tidak berfoto saat sedang berwisata ke tempat yang sangat indah. Apalagi Kebun Inggit Strawberry memiliki berbagai spot foto yang penuh dengan keindahan alamnya. Tentu saja spot-spot tersebut sayang jika dilewatkan begitu saja.

Spot foto favorit banyak pengunjung adalah Mount Merapi View dan Strawberry Garden View. Foto-fotonya pasti akan sangat indah dan cocok untuk diunggah ke jejaring sosial Anda. Oleh karena itu, bawalah kamera yang memadai saat Anda berlibur ke sana.

3. Makan stroberi

Kegiatan menarik di Strawberry FarmKredit gambar: Google Maps Nilam Gupita

Buah dari perkebunan ini dibersihkan dengan air dingin dan menyuburkan tanah dengan pupuk berkualitas. Selain itu, suhu pagi yang rendah di lereng Pegunungan Lawu juga berkontribusi pada produksi stroberi yang manis dan berukuran besar. Sementara itu, suhu tinggi di siang hari memberi warna merah cerah pada stroberi.

Stroberi yang dihasilkan di Kebun Stroberi Magelang juga memiliki tekstur yang lembut dan kadar air yang tinggi. Bahkan pengelola kebun memberikan susu kental manis sebagai pelengkap saat makan strawberry. Menariknya, stroberi yang terkandung di dalamnya juga diserbuki dengan bantuan lebah, yang membuat rasanya lebih manis.

4. Pelajari cara menanam stroberi yang benar

Di sana, pengunjung dapat memperdalam pengetahuan tentang berbagai cara menanam stroberi yang sederhana dan tepat. Anda akan mengetahui beberapa persyaratan untuk menanamnya, seperti jenis media tanam, pH tanah, ketinggian tempat tumbuh, dan iklim. Pengunjung juga akan diperkenalkan dengan beberapa jenis biji strawberry.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang proses perbanyakan bibit dan benih dengan cara perawatan yang benar. Tentu saja ilmu ini bukan sekedar teori, tapi bisa langsung dipraktikkan di perkebunan. Pasti sangat mengasyikkan, terutama bagi orang-orang yang tertarik dengan dunia pertanian.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Strawberry Inggit GardensKredit gambar: Google Maps eneska triyono

Untuk fasilitas wisata yang disediakan di Kebun Strawberry Inggit bisa dikatakan lengkap dan memadai. Salah satu fasilitas penting, seperti toilet, sudah ada. Toilet juga dilengkapi dengan air bersih. Toilet pria dan wanita juga sudah dipisah, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman saat ingin menggunakan toilet.

Memang fasilitas tempat ibadah berupa mushola juga tersedia di lokasi wisata alam yang megah ini. Mushola tersebut tentunya ditujukan untuk mempermudah kunjungan wisatawan yang mayoritas beragama Islam. Di dalam musholla sudah terdapat mukenah dan sajadah yang bisa digunakan pengunjung jika lupa membawa perlengkapan ibadah dari rumah.

Jika Anda merasa lelah setelah berkeliling area penanaman, Anda bisa beristirahat saja. Sudah ada gazebo yang teduh dan sangat nyaman. Sambil beristirahat di gazebo, Anda juga bisa menikmati strawberry atau makan siang di rumah. Tidak hanya satu gazebo saja, namun ada banyak gazebo yang tersedia sehingga bisa menampung banyak pengunjung.

Nah, itulah berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang Indahnya Kebun Inggit Strawberry di Magelang. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata alam ini, segera buat rencana untuk ke sana. Dijamin, mata Anda akan selalu terbelalak saat melihat langsung keindahan pemandangan tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button