Musim Liburan, Ini Destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Musim Liburan, Ini Destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia

Bisnis.comJAKARTA – PT-Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR) mengatakan selain Bali, beberapa daerah telah menjadi tujuan wisata baik pariwisata maupun non-pariwisata, seperti Medan, Surabaya, dan Makassar.

Sekretaris Perusahaan PANR AB Sadewa mengatakan kunjungan domestik meningkat merata sepanjang semester I 2022 di hampir seluruh pulau di Indonesia.

“Selain Bali, sebenarnya ada banyak rute” waktu luangmereka mengunjungi keluarga seperti Medan, Palembang, Surabaya dan Makassar, tinggi, sehingga relatif datar,” katanya, Senin (25/7/2022).

Namun, Bali masih menjadi tujuan nomor satu bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ia mengungkapkan, sejak libur semester genap terakhir pada Juni hingga Juli, ada penjualan tiket pesawat ke Bali sudah dipesan atau penuh.

“Kalau Bali konteksnya liburan, libur sekolah kemarin itu laris manis. maskapai yang sudah dipesan penuh,” dia melanjutkan.

Selain Bali, destinasi Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bangka Belitung menjadi alternatif kunjungan dan didominasi wisatawan asing, menurut Pauline Suharno, Ketua DPP Asosiasi Agen Perjalanan Indonesia (Astindo).

Daerah seperti Yogyakarta dan Labuan Baju dikenal sebagai tempat kegiatan pemerintah seperti mengadakan acara dukungan G20.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Mei 2022, okupansi kamar atau hotel tertinggi di Yogyakarta hampir 98 persen.

“Wisman masih banyak lagi, apalagi karena libur sekolah, dan banyak perusahaan yang mengadakan kegiatan,” ujarnya.

Pengamat wisata Chusmeru melihat bahwa Bali masih menjadi andalan bagi wisatawan asing. Namun bagi wisatawan asing, hampir semua destinasi di Indonesia sudah overcrowded.

Juga menurut pengamatannya, biro perjalanan sudah terlihat di sekitar Bali senang sejak momen Idul Fitri hingga sekarang, terutama menyambut wisatawan asing yang sedang berlibur musim panas.

“Sebenarnya ada beberapa daerah seperti Lombok dan Labuan Bajo, tapi dibandingkan Bali persentasenya masih jauh tertinggal,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: ekonomi.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button