Dengan menambah sejumlah fasilitas, pemerintah provinsi memperkuat daya tarik wisata Benteng Van den Bosch Ngawi - WisataHits
Jawa Timur

Dengan menambah sejumlah fasilitas, pemerintah provinsi memperkuat daya tarik wisata Benteng Van den Bosch Ngawi

Benteng Van den Bosch di Kabupaten Ngawi kini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur sehingga menjadi tempat wisata bersejarah dan menarik banyak orang.

Karena itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan penambahan sejumlah fasilitas wisata untuk memperkuat daya tarik wisata peninggalan kolonial tersebut.

Khofifah mengusulkan penambahan wahana wisata air. Mengingat di belakang benteng terdapat sungai yang dulunya merupakan pelabuhan Tempura.

Usulan tersebut juga dibahas langsung dengan tim ahli dari Belanda yang saat ini sedang mempersiapkan wisata air di Sungai Wlingi.

“Saat ini tim dari Belanda sedang mendukung Wisata Air Sungai Wlingi di Pasuruan. Semoga tim Belanda tidak keberatan karena ini adalah bagian dari warisan yang memiliki nilai sejarah dalam kaitannya dengan Belanda,” kata Khofifah di Ngawi, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, mendukung wisata air di Van den Bosch akan membuat benteng ini semakin indah dan potensial sebagai objek wisata.

Selain itu, konektivitas dari satu destinasi wisata ke destinasi berikutnya semakin terintegrasi. “Masyarakat akan menikmati Kab. Ngawi dengan keunggulan komparatif dan kompetitif,” imbuhnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Timur menyarankan agar Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi, agar menyiapkan pemandu bagi pengunjung yang memasuki benteng karena sejarah benteng ini cukup panjang dan menarik untuk diketahui.

“Saat berangkat, saya mediasi ke bupati agar hotel, berbagai pertemuan, pameran UMKM, fashion show dan sebagainya bisa dilakukan. Benteng ini memiliki keindahan yang sangat mempesona,” pungkasnya.

Selain itu, Khofifah mengatakan, renovasi benteng berukuran 165 meter kali 80 meter yang dibangun di atas lahan seluas 15 hektar itu, mengikuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, agar Van den Bosch Fort direhabilitasi sehingga menjadi daya tarik wisata bagi kotamadya.

“Kawasan Benteng Pendem bisa dijadikan wisata edukasi sejarah dan heritage, dilengkapi papan informasi di setiap sudutnya,” ujarnya.

FYI, lokasi Benteng Pendem berada di Jalan Untung Suropati No. II, Pelem II, Desa Pelem, Ngawi, Jawa Timur (wld/dfn/ipg)

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button