Museum Nasional Pariwisata Seni Kontemporer Jogja - WisataHits
wisatahits

Museum Nasional Pariwisata Seni Kontemporer Jogja

Harga Tiket Masuk Museum Nasional Jogja: Gratis Jam Buka: 10:00 – 21:00 WIB Telepon: 0274586105Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55167

Sebagai kota seni dan budaya, Jogja memiliki banyak galeri mulai dari galeri kecil hingga galeri besar. Salah satunya, yang dikenal baik oleh turis maupun seniman, adalah Museum Nasional Jogja.

Secara historis, bangunan museum memiliki sejarah panjang dalam dunia seni rupa khususnya seni rupa. Bayangkan, gedung museum seni rupa kontemporer itu adalah bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja.

Baca: HOT SPOT DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Dilihat dari sejarahnya yang panjang, tidak heran jika museum seni rupa ini saat ini menjadi tempat yang prestisius untuk pameran seni rupa, khususnya seni rupa kontemporer. Satu dari acara seni kontemporer bergengsi yang ada di Museum Nasional di Jogja dalam beberapa tahun terakhir adalah Dua Tahunan Jogja.

Koleksi seni kontemporer JNMBerbagai koleksi seni kontemporer dapat dilihat di museum ini. Foto: Google Maps/R Hermawan

Tidak hanya itu, pameran seni yang termasuk sebagai salah satu acara terbesar di Indonesia yaitu SeniJog juga memilih tempat ini sebagai lokasi. Oleh karena itu, tidak heran jika galeri ini menjadi salah satu hotspot seni rupa kontemporer di Jogja, jika tidak di Indonesia.

Tiket masuk Museum Nasional Jogja

Museum ini sebenarnya tidak memiliki tiket masuk khusus. Artinya, wisatawan bisa masuk museum ini secara gratis.

Hanya jika ada acara pameran seni atau apa, lalu panitia acara membuka gerbang masuk. Tentu tarifnya berbeda-beda, tergantung skalanya acara yang ditahan.

Tiket masuk Museum Nasional Jogja
Tiket masuk GRATIS

Baca: Tiket Masuk Keraton dan Kawasan Wisata YOGYAKARTA

Jam buka

Galeri dan museum seni kontemporer ini buka setiap hari, dari pagi hingga sore hari.

JAM BUKA
Acara Art Jog MMXXII 10.00 – 21.00 WIB

*Jam buka dapat berubah tergantung pada acara saat ini.

Baca: 5 Museum Unik di Yogyakarta

Menikmati Jogja Art Museum yang bergengsi

Salah satu sudut galeri Museum Nasional di JogjaBeberapa karya seni dipamerkan di Museum Nasional di Jogja. Foto: Google Maps/Dimas Suyatno

Museum Nasional Jogja memiliki luas sekitar 1,4 hektar. Dengan lahan yang cukup luas, pengelola mendirikan sejumlah bangunan lain yang tidak hanya difungsikan sebagai sanggar seni, tetapi juga memiliki fungsi lain yang tentunya selalu berkaitan dengan seni, khususnya seni rupa kontemporer.

Bangunan utama yang menjadi icon museum ini tentu saja difungsikan sebagai galeri. Gedung ini sering lokasi pameran seni bergengsi.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Museum Ullen Sentalu

Tapi jika tidak ada acara pameran, galeri utama menyajikan koleksi seni kontemporer museum. Koleksi yang dipamerkan tidak hanya untuk dipajang, tetapi juga dijual secara komersial, bahkan ada yang dilelang untuk amal.

Mengenal seni rupa kontemporer

Seni kontemporer di Museum Nasional JogjaPengunjung dapat menemukan berbagai karya seni kontemporer. Foto: Google Maps/Naufal Ilham Sutianto

Secara umum, Jogja National Museum hadir sebagai museum yang menampilkan berbagai karya seni kontemporer yang unik dan berkualitas tinggi. Museum ini sangat cocok untuk pelajar atau pengunjung umum yang tertarik dengan seni kontemporer.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang menyukai seni kontemporer berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi museum ini. Setidaknya museum ini akan memberikan suasana yang berbeda bagi wisatawan.

Nikmati ilustrasi tanpa batas

Para seniman sibuk mempersiapkan karyanya di Museum Nasional di JogjaTidak hanya seniman besar, seniman muda juga memiliki ruang untuk berpameran di Museum Nasional di Jogja. Foto: Google Maps/cotim mamen

Meski sering digunakan untuk pameran seni kontemporer berkualitas tinggi, bukan berarti museum ini seperti berdiri di menara gading. Museum ini juga menampilkan berbagai karya seni seniman yang belum besar bahkan orang biasa.

Ini adalah poin positif dari museum ini dibandingkan dengan galeri lainnya. Di tengah beberapa acara Di museum ini, masih ada ruang bagi seniman muda dan masyarakat umum untuk memamerkan karya-karya mereka.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Museum Benteng VERDEBURG

Toko suvenir yang bagus

Salah satu oleh-oleh seni yang dijual di Jogja National MuseumSuvenir artistik yang indah dijual selama salah satu acara yang diselenggarakan. Foto: Instagram/woodapple_project

Selain memamerkan karya seni kontemporer, wisatawan yang berkunjung ke museum ini juga bisa membawa pulang berbagai suvenir menarik. Tentu saja oleh-oleh yang dijual di Museum Nasional di Jogja Art Shop adalah oleh-oleh bergaya seni kontemporer.

Bersantai di kantin artistik yang menyenangkan

Suasana di area kantin Museum Nasional JogjaKafetaria yang menyenangkan dengan properti artistik. Foto: Google Maps/Mio Figlio

Lelah berkeliling galeri menikmati karya seni yang estetis, saatnya wisatawan bersantai di kantin yang terletak di belakang kompleks museum. Konsep yang diusung pengelola akan membuat pengunjung betah berlama-lama di kantin.

Baca: Tiket Masuk Museum Merapi dan Kegiatannya

Selain kulinernya yang beragam, pengunjung juga akan betah dengan desain kantin yang sengaja didesain.pengaturan dengan seni yang unik. Dengan demikian, kantin tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari konsep Museum Nasional di Jogja sebagai museum dan galeri seni.

Proses dengan artis

Seniman residen memproduksi seni bersamaTak hanya karya yang siap dipajang, Museum Nasional Jogja juga menjadi tempat berobat dengan para seniman. Foto; Google Maps/Adib Fajariyanto

Tidak hanya sebagai galeri, museum ini juga menyediakan ruang bagi siapa saja yang ingin mengembangkan dan mengasah kemampuan seninya. Melalui ruang bengkel, setiap orang dapat berpartisipasi dalam diskusi menarik tentang seni dan perkembangannya.

Selain itu, museum ini juga memiliki program seni di tempat tinggal. Program ini terbuka untuk seniman lokal dan internasional untuk mengakses berbagai galeri dan ruang pertunjukan museum.

Pameran seni rupa bergengsi di Museum Nasional Jogja

Museum Nasional Jogja saat menjadi venue ArtJog 2019Museum Nasional Jogja sering menjadi tempat pameran seni bergengsi, termasuk ArtJogj 2019. Foto: Google Maps/Anggia Zai

Museum Nasional Jogja adalah salah satu galeri besar di Jogja yang sering dipilih sebagai museum lokasi pameran seni kontemporer bergengsi. Beberapa pelanggan adalah SeniJog dan Dua Tahunan Jogja.

Berkat agenda artistik bergengsi ini, wisatawan berkesempatan untuk menyaksikan karya-karya monumental dari banyak seniman besar. Tak heran jika JNM sering menjadi referensi bagi semua orang yang ingin berburu karya seni kontemporer berkualitas.

Rute dan Tempat Menuju Museum Nasional Jogja

Museum dan galeri ini terletak di Jalan Amri Yahya No. 1, Gampingan, Kecamatan Wirobrajan, Yogyakarta. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Jogja memudahkan wisatawan untuk menuju ke sana.

Dari kawasan Malioboro, museum dan galeri ini hanya berjarak sekitar 1,6 km. Untuk menuju museum, dari kawasan Titik Nol Kilometer wisatawan hanya perlu menuju ke barat, sesampainya di perempatan kedua wisatawan perlu berbelok ke kanan.

Beberapa meter jauhnya, wisatawan harus berbelok ke kanan lagi, menuju Jalan Amri Yahya. Untuk informasi lebih lengkap tentang Jogja National Museum, wisatawan dapat menghubungi (0274) 586105.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button