Komentar untuk Daftar Harga, Menu dan Alamat Sate Klathak Pak Pong Jogja Topan - WisataHits
wisatahits

Komentar untuk Daftar Harga, Menu dan Alamat Sate Klathak Pak Pong Jogja Topan

Sate Klathak Pak Pong – Rekan traveller, berikut ini saya sajikan daftar harga, menu, fasilitas dan alamat/lokasi booth Sate Klathak Pak Pong yang terkenal dan melegenda. Rasanya enak banget, tekstur dagingnya lembut banget, cocok disantap masih hangat dengan nasi putih. Makin nikmat dengan tambahan kuah kari yang beraroma.

Berbicara tentang kelezatan kuliner Yogyakarta, tentunya sate klatak tidak bisa lepas dari Anda. Bagi warga Jogja khususnya Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul mungkin sudah tidak asing lagi dengan sate klatak. Tapi, bagi pendatang baru, rasanya asing.

Sate klatak adalah olahan sate keju kambing yang dibumbui dengan garam dan merica. Tusuk satenya tidak terbuat dari bambu/kayu, melainkan menggunakan jeruji/jari-jari sepeda dari besi. Mengingat besi sebagai penghantar panas, maka penggunaan besi jeruji berpengaruh terhadap tingkat kematangan daging sate secara merata di dalamnya.

Sate-Klathak-Pak-PongSate Klathak Pak Pong Jogja

Daftar Harga, Menu Makanan, Fasilitas dan Alamat/Lokasi Sate Klathak Pak Pong Jogja

Saat Anda berkunjung ke daerah Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, maka Anda akan menemukan banyak sekali penjual sate klatak. Salah satu warung sate klatak Jogja yang paling enak adalah Sate Klathak Pak Pong. Hampir setiap hari toko ini selalu dipadati pembeli, bahkan Anda mungkin harus mengantri kursi dan meja makan jika berkunjung di akhir pekan atau hari libur.

Sejarah Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Awal mula berdirinya warung sate klathak pak pong ini dimulai oleh kakeknya yang mulai berjualan pada tahun 1960an.Pada tahun 1997 pak pong melanjutkan usaha warung sate kakeknya dan pada tahun 2007 pak pong berhasil mendirikan warung sate sate tersebut. hari ini.

Dulu, sate klatak sebenarnya hanya menu tambahan karena menu utamanya terdiri dari tongseng dan gulai. Namun lama kelamaan banyak orang yang memesan sate klatak hingga akhirnya menjadi menu utama. Resep sate klatak Pak Pong diturunkan secara turun-temurun oleh kakeknya, termasuk penggunaan jeruji besi pada sepeda.

Ciri dan Keunikan Sate Klathak Pak Pong Jogja

Ciri khas Sate Klathak Pak Pong tentunya adalah jeruji sepeda yang digunakan untuk tusuk sate. Penggunaan jeruji besi dimaksudkan agar panas dapat disalurkan dengan baik ke dalam daging sehingga sate daging dapat matang secara merata.

Selain itu, kekhasan sate klatak Pak Pong terletak pada pilihan daging kambing yang digunakan yaitu anakan. Hal ini membuat tekstur daging sate empuk dan tidak alot. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya, sebelum dibakar, sate klatak ini diberi sentuhan bumbu dari bahan pedas seperti kemiri, bawang putih, dan garam.

Daftar Harga dan Menu Masakan Sate Klathak Pak Pong Jogja

Tidak hanya menjual sate klatak, warung sate Pak Pong juga menjual menu olahan daging kambing lainnya yang tak kalah enak. Berikut daftar menu makanan dan minuman serta daftar harganya.

Sate Klathak

Satu porsi sate klathak berisi 2 tusuk sate dan kuah kari dibandrol dengan harga Rp 24.000,-. Rasa daging satenya asin dan gurih. Buat kamu yang suka kecap, ada kecap asin dan sambal pedas. Tekstur dagingnya sendiri begitu empuk, tidak alot, dan tidak berbau apek. Sate klatak ini akan semakin nikmat jika disantap saat masih panas.

Tengkleng

Tengkleng adalah salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari tulang kambing (NB: masih ada daging dan koyor yang menempel di tulang). Tulangnya dimasak menggunakan bumbu seperti tongseng atau gulai. Rasa tengkleng Pak Pong cenderung manis dan asin. Buat kamu yang suka pedas, rasanya kurang pas kalau makan tengkleng karena rasanya manis.

Tongseng

Tongseng merupakan salah satu olahan daging kambing yang sangat populer di Yogyakarta. Hidangan ini terdiri dari potongan daging kambing yang dipotong dadu kemudian ditumis dengan bawang putih, bawang merah, paprika, tomat, kecap, saus kari dan bumbu lainnya. Jika ingin pedas, biasanya Anda akan menambahkan potongan cabai rawit.

Ada banyak tongseng enak di Jogja yang bisa kamu coba. Salah satunya tentu saja kambing tongseng di warung sate Pak Pong. Rasa tongseng cenderung manis dan asin. Tekstur dagingnya lembut, tidak kasar, dan jauh dari bau amis.

Gulai / Gulé

Untuk menu kari di stand sate Pak Pong, saya pribadi belum sempat mencobanya jadi belum tahu pasti rasanya. Umumnya gulai/gule berisi daging dan berbagai jeroan seperti babat, usus, paru-paru dan lain-lain. Kuahnya cenderung lebih pekat karena biasanya menggunakan santan sehingga lebih beraroma.

Nasi goreng keju kambing

Tidak jauh berbeda dengan nasgor kambing pada umumnya, nasi goreng kambing juga berisi nasi dan potongan daging kambing. Rasanya tentu enak, bisa jadi alternatif nasgor kambing di Bantul atau Jogja bagian selatan.

Minuman

Untuk menu minuman, stand Pak Pong menawarkan es teh, teh panas, es jeruk, dan jeruk panas. Sedangkan untuk daftar harga makanan/minuman dapat dilihat pada daftar berikut ini:

  • Sate Klathak : Rp 24.000,-
  • Tengkleng : Rp29.000,-
  • Tongseng Daging : Rp.24,000,-
  • Otak Tongseng : Rp.20.000,-
  • Tongseng Kepala : Rp.29.000,-
  • Kari Daging : Rp.24,000,-
  • Gulai Babat: Rp.20.000,-
  • Nasi goreng keju kambing : Rp29.000,-
  • Es teh: Rp 5.000,-
  • Teh panas: Rp 5.000,-
  • Es krim jeruk: Rp 5.000,-
  • Jeruk panas: Rp 5.000,-

Fasilitas yang tersedia di Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Sebagai salah satu tempat makan favorit di Jogja bagi wisatawan dan penduduk lokal, warung Sate Klathak Pak Pong terus berbenah dengan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pembeli. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • ruang makan yang luas
  • ruang sholat
  • mukena
  • tempat wudhu
  • taman bermain anak (playground)
  • toilet
  • parkir mobil luas

Alamat / Lokasi dan Jam Buka Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Warung Sate Klathak Pak Pong berlokasi di Jl.Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09:00 – 23:30 WIB. Mengingat tempat ini sangat ramai dengan pembeli dan menjadi incaran wisatawan, sebaiknya datang pada hari biasa sekitar pukul 09.00 WIB saat toko baru buka agar tidak kehabisan menu. Untuk lokasi tepatnya bisa lihat di google map berikut.

Demikian sekilas informasi mengenai Booth Sate Klathak Pak Pong Jogja yang meliputi sejarah, fitur, price list, menu makanan, fasilitas, lokasi/alamat dan jam buka. Selain warung Pak Pong, di sepanjang Jl Imogiri Timur juga banyak penjual sate klatak lainnya yang tak kalah enak. Mungkin lain kali saya akan membicarakannya untuk perbandingan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button