Kanwil Kumham Jatim tingkatkan pengamanan di lapas jelang Tahun Baru 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Kanwil Kumham Jatim tingkatkan pengamanan di lapas jelang Tahun Baru 2023

Surabaya (ANTARA) –

Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kumham) Jawa Timur memperkuat pengamanan di Lapas (Lapas) dan Rutan (Rutan) jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kanwil Hukum dan HAM Jawa Timur (Jatim) Agung Krisna meminta jajarannya meningkatkan pengawasan, keamanan, dan ketertiban di 39 Lapas dan Rutan yang ada di provinsi tersebut.

“Peningkatan pengamanan di Lapas dan Rutan menjelang Natal dan Tahun Baru pasti meningkat,” kata Agung di Surabaya, Kamis.

Menurut Agung, peningkatan eskalasi keamanan harus diimbangi dengan pengawasan yang lebih optimal. Salah satu strategi yang diterapkan adalah pembentukan tim pengawasan khusus.

“Kami akan membentuk tim khusus yang akan memantau Lapas dan Rutan setiap saat,” ujarnya.

Agung juga memperhatikan pelayanan publik di Lapas dan Rutan dalam memberikan pelayanan remisi Natal dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada. “Kami pastikan seluruh proses pemberian deviden Natal ini gratis dan tidak diskriminatif,” ujarnya.

Tak hanya itu, dari sisi imigrasi, Agung menyoroti pelayanan bagi wisatawan, khususnya yang menjaga pintu gerbang negara melalui perlintasan imigrasi.

“Kami akan pastikan pelayanan publik khususnya verifikasi dan penerbitan paspor bagi wisatawan domestik dan mancanegara berjalan dengan baik,” ujarnya.

Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang menjadi kunci penting karena terdapat bandara internasional dan destinasi wisata yang menjadi referensi wisatawan mancanegara.

“Kita lihat dalam satu minggu ke depan jika ada kebutuhan tambahan petugas imigrasi di Bandara Juanda, maka itu bisa kita lakukanuntuk cadangan’ oleh otoritas imigrasi lain atau kantor daerah,” katanya.

Agung menjelaskan, fungsi Kanwil akan menjadi mitra kerja bagi UPT yang memberikan pelayanan teknis di daerah tersebut. Pihaknya akan menjadi penasehat yang menawarkan solusi ketika ada permasalahan di lapangan.


 

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button