Temukan pesona wisata pantai turki yang menjadi andalan negeri laut - WisataHits
wisatahits

Temukan pesona wisata pantai turki yang menjadi andalan negeri laut

pantai turki (Tombol Kiri) a pesona indah dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Daerah daratan laut. Pantai yang eksotis bisa menjadi tujuan liburan keluarga.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi negara yang sering menjadi salah satu tujuan liburan. Objek wisata yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari wisata alam seperti sungai hingga perbukitan. Namun seiring berjalannya waktu, Provinsi Kalimantan Selatan mulai menggali potensi wisata yang ada di setiap sudut wilayahnya.

Provinsi ini memiliki garis pantai yang panjang. Oleh karena itu, masyarakat setempat sudah mulai menggali potensi wisata bahari sebagai lokasi wisata bagi masyarakat umum. Salah satu pantai yang paling terkenal di Kalimantan Selatan adalah Pantai Turki.

Mungkin sebagian dari Anda bingung, Pantai Turki di Kalimantan Selatan? Yang dimaksud dengan Turki di sini bukanlah nama negara di Eurasia, melainkan nama pantai di provinsi Kalimantan Selatan. Nama Turki sendiri merupakan singkatan dari salah satu nama desa di Kabupaten Tanah Laut yaitu Tungkaran Kiri. Untuk mengetahui lebih jauh tentang keindahan pantai ini, simak artikel di bawah ini.

Atraksi pantai Turki

Atraksi Pantai TurkiKredit gambar: Google Maps ms. Rau Zar

Pantai ini merupakan tempat wisata bahari yang baru dibuka pada tahun 2017. Kawasan pantai ini sebenarnya merupakan pantai milik keluarga Triswanto dan juga dikelola secara pribadi. Awalnya, banyak anggota keluarga Triswanto datang ke pantai Turki.

Dari situ, keluarga Triswanto mendapat dukungan positif dari rekan dan anggota keluarga untuk menambah fasilitas di pantai. Sejak saat itu, banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang mulai berbondong-bondong untuk melihat keindahan garis pantai Kalimantan Selatan ini.

Panorama wisata bahari di pantai Turki sedikit berbeda dengan sejumlah wisata pantai lainnya di Kalsel. Begitu sampai di pantai ini, pengunjung akan disambut oleh hamparan pasir putih yang lembut.

Namun, jika diperhatikan lebih dekat, pasir di sana tidak sepenuhnya putih, melainkan ada sedikit warna kekuningan. Warna inilah yang membuat hamparan pasir pantai terlihat berkilauan seperti emas saat terkena sinar matahari.

Melihat keindahan pasirnya saja sudah mampu membius wisatawan yang berkunjung ke pantai Turki. Selain itu, pantai berpasir putih ini masih memiliki pesona alam lain yang tentunya bisa membius pengunjung.

Laut biru yang luas dengan pepohonan hijau yang rindang membuat semua orang betah berlama-lama di pantai ini. Pohon-pohon ini sebenarnya adalah hutan di wilayah Kalimantan Selatan, namun bisa menambah daya tarik pantai selatan pulau Kalimantan.

Dengan pesona bahari Pantai Turki yang berbeda dari yang lain, banyak wisatawan yang datang ke pantai ini menikmati tempat-tempat menarik yang cocok sebagai latar untuk berfoto selfie atau berfoto bersama keluarga dan teman. Salah satu tempat yang paling menarik untuk berfoto adalah rumah pohon yang sengaja dibangun di atas sejumlah pohon besar yang rindang.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Turki

alamat pantai turkiKredit gambar: Google Maps Taufik Hid4yat

Pantai Turki adalah salah satu pantai yang paling terkenal di provinsi Kalimantan Selatan, atau lebih tepatnya di desa Swarangann, Kabupaten Tanah Laut. Lokasi pantai pasir putih ini cukup mudah diakses karena jalannya sudah beraspal dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua bahkan roda empat.

Apalagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Kabupaten Tanah Laut tidak akan kesulitan menemukan lokasi tepi laut yang populer ini karena objek wisata bahari ini bisa ditemukan menggunakan Google Maps. Lokasi yang tercantum juga sangat akurat sehingga pengunjung tidak akan bingung atau tersesat.

Untuk dapat mengunjungi pantai Turki, wisatawan dapat menggunakan kendaraan dari kota Pelaihari menuju kecamatan Jorong yang jaraknya sekitar 45 kilometer. Meski akses jalan menuju pantai cukup lebar dan bisa digunakan bus, pengguna kendaraan roda dua atau empat tetap harus berhati-hati karena banyak pengguna kendaraan roda empat yang saling mendahului untuk segera sampai ke pantai.

Dari Kecamatan Jorong, wisatawan dapat terus berjalan lurus hingga menemukan SPBU. Dari SPBU, belok kanan, lalu lurus terus sampai menemukan gerbang dengan tulisan “Turkish Beach”. Setelah menemukan gapura kecil ini, wisatawan dapat mengambil jalur ke kiri dan terus lurus sepanjang jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Turki

Harga Tiket Pantai TurkiKredit Gambar: Google Maps Ms. Sandy

Mengingat pada awalnya Pantai Turki dikelola secara pribadi oleh Triswanto dan keluarganya, maka harga tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan bahari pantai selatan Pulau Kalimantan juga cukup terjangkau. Hanya sekitar 10.000 hingga 15.000 untuk dewasa dan untuk anak di bawah 12 tahun sama sekali tidak dipungut biaya.

Selain itu, ada juga retribusi sebesar Rs 2.500 yang kemudian akan digunakan untuk membangun fasilitas di sekitar pantai seperti membangun tempat ibadah. Untuk biaya parkir sendiri, pengelola menetapkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk setiap jenis kendaraan.

Harga tiket masuk dan parkir yang terjangkau menjadikan pantai Turki sebagai objek wisata yang wajib dikunjungi bagi pengunjung dari dalam dan luar kota.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di pantai Turki

Aktivitas pantai TurkiKredit gambar: Google Maps Dapoer Shofia

1. Permainan air

Lagi pula, tujuan liburan pantai kalau tidak bermain air? Di pantai ini, pengunjung bisa bermain air sepuasnya tanpa takut tersapu ombak. Ombak di pantai pasir putih ini tidak terlalu kuat. Pengunjung juga bisa menyewa ban karet atau perahu karet kecil yang disediakan pengelola.

2. Bersantai di pantai

Kawasan pantai Turki mulai dipadati pengunjung begitu sore mulai bertemu. Karena di sekitar pantai ini banyak terdapat pohon-pohon tinggi yang rindang, tidak jarang wisatawan membawa tempat tidur gantung menempel pada batang pohon untuk bersantai sambil menikmati deru ombak dan semilir angin pantai.

3. Berfoto di rumah pohon

Penikmat pantai Tanah Laut favorit ini sengaja memanfaatkan keberadaan pohon-pohon tinggi di kawasan pantai ini untuk membangun sejumlah rumah pohon. Rumah-rumah ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang hamparan laut biru di Pantai Tungkaran Kiri.

Akomodasi murah di sekitar pantai Turki

Akomodasi pantai TurkiKredit gambar: Google Maps Francisco Daniel

1. Akomodasi Pantai Cici Asmara

Hostel ini terletak 100 meter dari tepi Pantai Asmara. Namun, pengunjung tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bisa mengunjungi pantai Turki. Fasilitas yang disediakan di hostel ini antara lain kipas angin, colokan listrik, kamar yang cukup besar untuk menginap bersama keluarga, kamar mandi terpisah, dan stand makanan dengan harga terjangkau.

2. Hotel Sabumi

Hotel Sabumi masih berada di kawasan Tanah Laut, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bisa mengunjungi pantai ini. Harga per malam mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 400.000. Dengan harga tersebut, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas seperti AC, kulkas kecil, Wi-Fi gratis, TV, dan sarapan.

3. Hotel Duta

Meski tergolong hotel tua, Duta Hotel memiliki konsep bangunan yang artistik. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari sarapan pagi, parkir yang luas dan pelayanan yang ramah. Hotel ini terletak strategis sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah menikmati keindahan pantai Turki.

4. Hotel Deghan

Bagi para solo traveler, hotel ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai akomodasi. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, mulai dari 150.000 hingga 250.000 rupiah per malam. Dengan harga tersebut, pengunjung akan diuntungkan dengan fasilitas berupa AC, Wi-Fi gratis dan sarapan pagi, serta pelayan yang sangat ramah.

Fasilitas yang tersedia di pantai Turki

fasilitas pantai turkiKredit gambar: Google Maps Farina Amelia

Tidak hanya pemandangan laut yang unik dan indah yang ditawarkan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas yang tersedia di pantai berpasir putih ini. Fasilitas yang disediakan antara lain gazebo yang dibangun di sejumlah titik di tepi pantai Turki.

Meski hanya ada sekitar delapan pengintai, wisatawan bisa menggunakannya secara gratis. Keberadaan gazebo ini sangat bermanfaat bagi pengunjung yang datang bersama keluarga atau teman untuk bersantai dan berteduh dari terik matahari.

Pengelola Pantai Turki juga menyediakan toilet, kamar mandi dan tempat ibadah. Pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali untuk menggunakan fasilitas tempat ibadah dengan perlengkapan ibadah. Namun, untuk toilet dan kamar mandi, pengunjung biasanya dikenakan biaya Rs 5.000 untuk kamar mandi dan Rs 2.000 untuk toilet.

Masih banyak fasilitas lain yang disediakan untuk menunjang aktivitas wisata di pantai ini, seperti persewaan peralatan renang atau payung besar yang bisa wisatawan gunakan untuk berteduh di pantai.

Nah, itulah ulasan mengenai pantai turki di pantai selatan pulau kalimantan. Cukup unik dan menarik untuk dikunjungi bukan? Apalagi pantai pasir putih ini memiliki ombak yang tenang dan rumah pohon yang bisa menjadi tempat menarik untuk berfoto bersama keluarga dan teman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button