Museum Gedung Juang Tambun, Wisata Sejarah di Bekasi yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

Museum Gedung Juang Tambun, Wisata Sejarah di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

Bekasikinian.com, Kabupaten Bekasi – Salah satu tempat wisata sejarah di Bekasi yang wajib dikunjungi adalah Museum Gedung Juang Tambun.

Bangunan Juang Tambun dulunya adalah Landhuis Tamboen, yang secara lokal dikenal sebagai Gedung Tinggi. Bangunan itu dibangun oleh seorang kapten Cina bernama Khouw Tjeng Kie, seorang pemilik tanah di daerah Tambun di mana terdapat perkebunan tebu yang luas.

Khouw Tjeng Kie membangun Landhuis Tamboen dalam dua tahap. Pembangunan tahap pertama dilakukan pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1910.

Pembangunan tahap kedua dilakukan pada tahun 1925. Setelah kematian Khouw Tjeng Kie, bangunan itu dimiliki oleh Kouw Oen Huy hingga tahun 1942.

Baca Juga: Fans Khawatir Pertandingan FC Bekasi City vs PSIM Yogyakarta, Fasilitas Stadion Rusak

Antara tahun 1943 dan 1945, tentara Jepang menduduki gedung tersebut dan mengubahnya menjadi pusat kekuatan militer. Setelah Jepang mundur dari Indonesia pada tahun 1945, Komite Nasional Indonesia (KNI) menggunakan gedung Juang Tambun sebagai kantor Kabupaten Jatinegara (sekarang Wilayah Kabupaten Bekasi).

Gedung ini tidak hanya berfungsi sebagai kantor wilayah, tetapi juga sebagai situs pertahanan dan pusat komando untuk mempertahankan kemerdekaan dari Tentara Belanda (NICA) yang ingin menjajah kembali Indonesia.

Pada masa kemerdekaan ketika Yogyakarta menjadi ibu kota, Gedung Juang Tambun menjadi pusat komando pertahanan wilayah Republik Indonesia. Ketika Jakarta dikuasai NICA pada tahun 1946, Bekasi menjadi titik terjauh Republik Indonesia yang paling dekat dengan wilayah Jakarta.

Gedung Juang Tambun juga menjadi tempat pertukaran tawanan antara pejuang kemerdekaan Belanda dan Indonesia. Pejuang kemerdekaan Indonesia dipulangkan oleh Belanda dan dibawa kembali ke Batavia melalui Stasiun Tambun, yang berada persis di belakang gedung ini.

Source: www.bekasikinian.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button