MIM Sapro bersekolah di SD yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan | PWMU.CO - WisataHits
Yogyakarta

MIM Sapro bersekolah di SD yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan | PWMU.CO

Ketua MIM Sapro Hanafi SAg MPd (berdiri) dan Direktur SD Muhammadiyah Suronatan M Mohamamd Slamet Riyanto MPd (tengah) pada acara Senin (21/11/2022) di SD Muhammadiyah Suronatan. MIM Sapro bersekolah di SD yang didirikan KH Ahmad Dahlan (Ifandi Septa Adi/PWMU.CO)

MIM Sapro bersekolah di SD yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan; menutupi Ifandi Septa AdiStaf PWMU.CO Kota Probolinggo

PWMU.CO – SD Islam Muhammadiyah 1 Kota Probolinggo atau yang lebih dikenal dengan MIM Sapro bersekolah di SD Muhammadiyah Suronatan di Suronatan NG II/834 Yogyakarta, Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (21/11) 2022 ).

Kunjungan ini merupakan salah satu agenda MIM Sapro sehubungan dengan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Surakarta pada 19-20 November 2022.

Kepala SD Muhammadiyah Suronatan Mohammad Slamet Riyanto MPd menyambut baik rombongan MIM Sapro. “Kita bersaudara, yaitu saudara di Muhammadiyah. Selamat datang di SD kami, sekolah pertama yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan. Mudah-mudahan kita bisa terinspirasi dan tetap silaturrahmi di masa mendatang,” ujarnya.

Ketua MIM Sapro Hanafi SAg MPd berharap dengan adanya pertemuan ini MIM Sapro mendapatkan inspirasi dari SD Suronatan yang menjadi tujuan sharing informasi ini.

Mohammad Slamet Riyanto menyatakan SD Muhammadiyah Suronatan merupakan sekolah pertama yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada tahun 1918. SD ini merupakan sekolah tertua di Kauman.

“Musala SD kami sudah dipastikan oleh KH Ahmad Dahlan sendiri memiliki arah kiblat sejak didirikan. Yang pertama di Langgar Kidul dan yang kedua di sini karena kami sedang meremajakan, karena sekolah kami sering menjadi tujuan wisata,” terangnya.

Ia menjelaskan, SD Muhammadiyah Suronatan juga menjadi tempat berdirinya Hizbul Wathan (HW).

Dzirzanatil Muktaromah, guru PAI SD Muhammadiyah Surnatan, menceritakan asal usul SD Suronatan. Ia berasal dari Kauman dan dibesarkan di tempat Muhammadiyah didirikan. Ia merupakan keturunan langsung dari keluarga besar KH Ahmad Dahlan.

editor

Mohammad Nurfatoni

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button