2 Film Pasangan Sejarah Muhammadiyah, Nyai Ahmad Dahlan-Pencerahan - WisataHits
Yogyakarta

2 Film Pasangan Sejarah Muhammadiyah, Nyai Ahmad Dahlan-Pencerahan

solo

Jarang sekali pasangan suami istri (pasutri) yang kisah hidupnya diolah dalam sebuah film sendiri. Hanya pasangan suami istri yang memiliki kisah menarik dan membawa perubahan besar sepanjang hidup mereka, baik suami istri, yang akan dikenang dalam film-film dengan judul berbeda seperti Ahmad Dahlan (Pencerahan) dan Siti Walidah (Nyai Ahmad Dahlan). Berikut ceritanya.

1. Film Nyai Ahmad Dahlan (2017)

Film Nyai Ahmad Dahlan yang disutradarai oleh Olla Atta Adonara dirilis pada 24 Agustus 2017. Film ini diperankan oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, David Chalik dan sejumlah aktor lainnya.

Sesuai dengan judulnya, drama biopik ini bercerita tentang Siti Walidah, istri KH Ahmad Dahlan. Siapa yang tidak mengenal KH Ahmad Dahlan, seorang ulama besar dan pahlawan nasional yang juga pendiri Organisasi Muhammadiyah? Kisah hidup KH Ahmad Dahlan difilmkan pada tahun 2010.

Ternyata di balik karakter KH Ahmad Dahlan dan istrinya Siti Walidah ada kisah yang pantas untuk diabadikan dalam sebuah film. Nyai Ahmad Dahlan juga telah menyandang gelar Pahlawan Nasional sejak 10 November 1971.

Ringkasan film Nyai Ahmad Dahlan

Film ini dikutip oleh filmindonesia.or.id dan menceritakan kisah Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan, seorang tokoh emansipasi wanita dan istri pendiri Muhammadiyah, Kiai Ahmad Dahlan. Sejak kecil, Siti Walidah selalu ingin mengenyam pendidikan. Ini diilustrasikan dalam fragmen dialog berikut:

“Walidah ingin sekolah seperti anak-anak (Belanda). Tidak di rumah sepanjang waktu. Wanita harus bisa mengucapkan makruf nahi munkar. Perempuan juga harus bisa berbuat sesuatu untuk bangsa ini. Bangsa ini adalah amanah dari Tuhan yang harus kita lindungi sampai akhir hayat.”

Siti Walidah juga dikenal sebagai tokoh yang menentang kawin paksa. Dia juga wanita pertama yang memimpin Kongres Muhammadiyah pada tahun 1926. Siti Walidah juga merupakan pendiri organisasi gerakan perempuan Sopo Tresno, yang kemudian diberi nama Aisyiyah. “Perempuan sebagai suami juga berhak pintar,” kata tokoh Nyai Ahmad Dahlan dalam film tersebut.

2. Film Pencerahan (2010)

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini dirilis pada 8 September 2010. Film KH Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis ini menampilkan pemeran aktor ternama seperti Lukman Sardi, Zaskia A Mecca, Slamet Rahardjo, Giring Nidji hingga Sujiwo Tejo.

Sinopsis Film Pencerahan (2010)

Sepulang dari Mekah, darwis muda (Ihsan Tarore) mengganti namanya menjadi Ahmad Dahlan. Pemuda 21 tahun prihatin dengan penerapan syariat Islam, yang berbeda dengan bid’ah.

Melalui Suraunya, Ahmad Dahlan (Lukman Sardi) memulai gerakan dengan mengubah arah kiblat yang salah di Masjid Raya Kauman Jogja. Hal ini menyebabkan kemarahan seorang kiai yang menjaga tradisi, Kiai Penghulu Kamaludiningrat (Slamet Rahardjo), sehingga surau Ahmad Dahlan dirobohkan karena diyakini mengajarkan aliran yang berbeda pendapat.

Ahmad Dahlan juga dituding sebagai kiai kafir hanya karena membuka sekolah di mana murid-muridnya duduk di kursi seperti sekolah Belanda modern. Selain itu, Ahmad Dahlan juga dituduh sebagai Kiai Kejawen hanya karena dekat dengan intelektual Jawa di Boedi Oetomo.

Berbagai tudingan itu tak membuat para pemuda Kauman bergeming. Didampingi istrinya Siti Walidah (Zaskia Adya Mecca) dan murid-murid setianya Sudja (Giring Nidji), Sangidu (Ricky Perdana), Fahrudin (Mario Irwinsyah), Hisyam (Dennis Adishwara) dan Dirjo (Abdurrahman Arif), Ahmad Dahlan Muhammadiyah terbentuk, yang bertujuan untuk mendidik umat Islam untuk berpikir jauh ke depan.

Tonton video Muhammadiyah Pastikan Anggotanya Tidak Terlibat Khilafatul Muslimin.
[Gambas:Video 20detik]
(dil/mbr)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button