Tim PKM UAD sedang mengembangkan kawasan wisata terpadu di desa Ngoro-oro - WisataHits
Yogyakarta

Tim PKM UAD sedang mengembangkan kawasan wisata terpadu di desa Ngoro-oro

Tim PKM UAD sedang mengembangkan kawasan wisata terpadu di Desa Ngoro-oro

Pengembangan kawasan wisata terpadu di desa Ngoro-oro oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (UAD) Universitas Ahmad Dahlan (Foto: Istimewa)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan program tahun jamak, telah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul sejak tahun 2021. Pada tahun 2022, tim PKM yang dipimpin oleh Dr. Surahma Asti Mulasari, M.Kes., fokus pada pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) di desa setempat. Direncanakan kawasan tersebut akan terdiri dari pasar sebagai pusat kegiatan UKM, pusat kuliner, wisata waduk dan edu-tourism.

Dalam sesi peninjauan situs untuk basis manufaktur rencana di lokasi KWT (18/20/2022) menjelaskan kepada Surahma bahwa pengembangan personel (SDM) akan terus dilakukan dalam bentuk pendampingan. “Saat ini fokusnya adalah pada desain rencana di lokasi serta proses bisnis yang terlibat dalam penyiapan pendanaan dari dana desa, pemerintah kabupaten dan pengajuan proposal bila ada investor yang berminat,” tambahnya.

KWT akan dibangun di atas tanah desa sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Ngoro-oro. Pengembangan kawasan wisata merupakan upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga setempat. Selain pembangunan fisik, pengembangan sistem pendukung juga harus dilakukan untuk memastikan warga siap menghadapi perubahan lingkungan.

Hal ini dijawab oleh organisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tim PKM UAD memberikan pembekalan kepada pengurus BUMDes tentang pelatihan motivasi kewirausahaan, teknik penjualan di era digital dan pengembangan pariwisata pasca pandemi Covid-19. Kegiatan ini dikoordinir oleh anggota tim yang terdiri dari Lulu Nafiati, SE, M.Si., Herman Yuliansyah, ST, M.Eng., dan Dr. Fatwa Tentama, M.Si. Tim teknis turut membantu pelaksanaan program yaitu Dr. Tri Wahyuni ​​Sukesi, MPH, Sulistyawati, S.Si., MPH, Ph.D., Dr. Bambang Sudarsono, M.Pd., dan Fanani Arief Ghozali, S.Pd., M.Pd.

Sebelumnya, pada tahun 2021, tim PKM fokus pada pengembangan SDM untuk kesiapan pengembangan kapasitas organisasi Desa Wisata Ngoro-oro. Kegiatan tersebut dilakukan melalui berbagai pelatihan bagi UKM khususnya bagi UKM yang bergerak di bidang kuliner, pelatihan kewirausahaan dan penjualan, pelatihan Perdagangan elektronik dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan media sosial untuk tujuan promosi. (tsa)

uad.ac.id

UAD Yogyakarta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button