Kepulauan Karimunjawa, Pulau Eksotis untuk Liburan Seru di Jepara - WisataHits
wisatahits

Kepulauan Karimunjawa, Pulau Eksotis untuk Liburan Seru di Jepara

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam , Alamat: Jl.AE Suryan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki potensi cukup tinggi untuk menarik minat atau mata uang wisatawan asing maupun domestik. Tak jarang ketika musim liburan tiba, pulau-pulau yang menjadi andalan Jepara, Jawa Tengah ini akan dipenuhi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Tempat wisata ini cukup fantastis hingga mampu menyedot banyak wisatawan. Hal ini dikarenakan pulau-pulau tersebut memiliki berbagai keunikan dan keindahan alam yang tiada duanya. Saat Anda berlibur di sini, Anda bisa merasakan ketenangan pikiran dan jiwa.

Oleh karena itu sangat cocok untuk orang yang penat atau bosan dengan aktivitas sehari-hari, terutama yang tinggal di kota besar. Sedangkan bagi wisatawan yang sudah memiliki pasangan, berkunjung ke Karimunjawa merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, keindahan dan keindahan yang dihadirkan akan membuat suasana semakin syahdu.

Daya Tarik Kepulauan Karimunjawa

Daya Tarik Kepulauan KarimunjawaKredit gambar: Google Maps Evy Lorini

1. Kesan mistis

Banyak orang telah menyebarkan cerita tentang destinasi ini terkait dengan berbagai peristiwa mistis. Oleh karena itu, semua pengunjung di sana harus berperilaku sopan. Misalnya, menghindari perilaku buruk sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kita memang bisa mengatakan bahwa itu benar. Dari sudut pandang mitos dan sejarah, pulau-pulau ini pernah dihuni oleh orang-orang suci. Setiap orang dapat memberikan pendapat mereka tentang ini. Namun, wajib untuk mematuhi standar yang ada. Jadi jangan terlalu banyak bicara tentang hal-hal yang tidak benar-benar terjadi.

2. Ada hutan hujan

Daya tarik yang cukup populer di Kepulauan Karimunjawa adalah hutan hujannya. Hutan ini juga sangat istimewa dengan pantai yang merupakan ekosistem mangrove. Banyaknya pohon bakau yang sudah ada puluhan tahun juga disandingkan dengan berbagai jenis pohon lainnya. Hutan yang asri dan lebat menjadikan tempat ini sebagai tempat yang rindang.

Selain itu, keindahan hutannya juga diberkahi dengan deretan perbukitan yang cukup tinggi dan memberikan suasana sejuk. Perbukitan juga menawarkan tempat untuk mengagumi pemandangan laut dan beberapa pulau kecil yang mampu memukau pengunjung.

3. Budaya lokal

Objek Wisata yang dimiliki Kepulauan Karimunjawa1Kredit gambar: Twitter #JatengTangguh SWARAGAMA 101.7 FM

Banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat wisata ini hanya untuk melihat dan menghabiskan waktu di pantai dan laut, belum ditemukan di daerah lain.

Sikap ramah masyarakat yang selalu menyambut semua wisatawan menjadi ciri khas dan karakter masyarakatnya. Padahal di sini, kita juga melihat bahwa kehidupan beragama masyarakat masih kental. Profesi yang paling banyak ditekuni adalah nelayan, meski kini sebagian beralih ke pariwisata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute Kepulauan KarimunjawaKredit gambar: Twitter ndrey

Letak Kepulauan Karimunjawa terletak di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai destinasi wisata tersebut, beberapa rute bisa dipilih, salah satunya dimulai dari kota Jepara. Untuk menuju Jepara dapat dilakukan melalui jalur darat dengan menggunakan sepeda motor, mobil atau angkutan umum.

Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Kartini yang berada di pantai Kartini di kota Jepara. Dari sana, lanjutkan perjalanan dengan kapal feri hingga tiba di Pulau Karimunjawa yang akan memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Pengunjung dapat menggunakan kapal laut yang tersedia setiap hari Senin, Selasa dan Jumat.

Namun biaya kapal Bahari cukup tinggi dengan fasilitas yang baik pula. Namun, jika ingin lebih hemat, pilihlah feri Siginjai di kelas ekonomi saja. Kapal akan mulai beroperasi setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu pukul 7 atau 8 pagi.

Sedangkan jika ingin mengambil rute dari kota Semarang ada 2 rute yang bisa dipilih yaitu laut dan udara. Jika Anda mengambil jalur laut, Anda harus terlebih dahulu naik perahu dari Pelabuhan Tanjung Mas untuk sampai ke tujuan.

Jika menggunakan jalur udara, Anda juga dapat terbang dari kota Semarang menuju bandara Ahmad Yani hingga tiba di bandara Dewadaru di wilayah Karimunjawa. Pesawat yang bisa dipilih antara lain NAM Air, Wings Air dan Susi Air. Pilihan bisa disesuaikan tergantung dana yang Anda miliki.

Jika tidak ingin ribet dan membingungkan, gunakan saja berbagai agen wisata yang tersedia. Dengan demikian, Anda juga akan dipandu oleh pemandu wisata yang akan memudahkan Anda selama liburan.

Pastikan untuk memilih musim yang tepat saat bepergian ke sana. Pasalnya, saat musim hujan, angin dan ombak tidak terlalu bersahabat. Jadi beberapa kali akan takut untuk menyeberang.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Tiket Kepulauan KarimunjawaKredit gambar: Twitter #JatengTangguh

Biaya melakukan wisata di Kepulauan Karimunjawa cukup fleksibel karena tergantung jarak dari kota dan kebutuhan masing-masing. Jika sudah sampai di Kabupaten Jepara, ada beberapa detail mengenai pengeluaran. Misalnya tiket PP boat seharga Rp 380.000, sewa motor Rp 100.000, makan sekitar Rp 50.000 per hari.

Kemudian biaya retribusi sekitar Rs 150.000, sewa kamera Rs 150.000, wisata snorkeling Rs 250.000 dan banyak biaya tak terduga lainnya. Karena itu, jika Anda bepergian dalam sehari, Anda harus menyiapkan dana minimal 1,5 juta rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Karimunjawa

Aktivitas Seru di Kepulauan KarimunjawaKredit gambar: Instagram kou.sidjabat

1. Berfoto di Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam merupakan salah satu tempat wisata di kepulauan tersebut. Pemandangan paling menarik dari pantai ini adalah keindahan matahari terbenamnya. Sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan pemandangan ini untuk berfoto dengan gaya memegang matahari.

2. Snorkeling di Pulau Gosong

Pulau Gosong sendiri bukan berarti hangus seperti kayu bakar. Namun, merupakan destinasi yang memiliki beragam terumbu karang yang begitu indah dan unik. Apalagi pengunjung bisa menemukan ribuan ikan hias yang bisa diajak bermain sambil melakukan aktivitas snorkeling.

3. Bermain pasir putih di Pulau Maer Gosong

Pulau Maer Gosong hanya bisa ditemukan saat air di Kepulauan Karimunjawa sedang pasang. Diameter Maer Gosong kecil dan memiliki pasir putih yang indah. Sehingga hanya bisa dilihat oleh pengunjung pada waktu-waktu tertentu saja. Karena itu, jika Anda berkesempatan menemukannya, jangan lewatkan untuk bermain pasir putih di sana.

4. Kunjungi Penangkaran Hiu Menjangan Besar

Kegiatan Kepulauan KarimunjawaKredit Gambar: Google Maps putri ipung

Di Menjangan Besar, pengunjung dapat menemukan tempat-tempat yang memiliki banyak pantangan yang tidak boleh dilanggar. Pasalnya nanti Anda akan melihat penangkaran yang berisi hiu. Penangkaran memiliki puluhan hiu yang tentunya siap menghibur Anda. Pemandangan ini tentu cukup unik karena tidak ada di destinasi lain.

5. Piknik di tepi pantai

Kegiatan piknik ini sangat cocok saat Anda sedang berlibur bersama banyak teman dan keluarga. Pasalnya, kegiatan ini merupakan kesempatan Anda untuk bisa saling mengobrol. Ditambah dengan beberapa jajanan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di Kepulauan KarimunjawaKredit Gambar: Instagram rofiun

1. Karimun Lumbung

Karimun Lumbung merupakan satu-satunya hostel yang memiliki bentuk menyerupai rumah hanoi di Kepulauan Karimunjawa. Ada sejumlah chalet yang bisa Anda sewa dengan kamar standar. Menariknya, cottage di sini langsung menghadap danau kecil dan di sekitarnya terdapat pepohonan hijau yang sejuk dan rindang.

Jika Anda bermalam di penginapan, staf akan menyalakan api unggun yang bisa dinikmati di belakang penginapan. Biaya menginap di sini sekitar 280.000 rupee dalam satu malam.

2. Coco Huts Inn

CocoHuts Inn menjadi rekomendasi hotel bagi Anda yang ingin menginap dengan pemandangan yang indah. Hostel ini membagi kamar menjadi 2 bagian yaitu lantai atas dan lantai bawah. Karena itu, pilihlah lantai paling atas saja jika ingin bisa menikmati panorama terindah.

Fasilitas yang ditawarkan tidak kalah menarik seperti free breakfast, wifi super cepat, kamar luas dan lain-lain. Untuk harganya sendiri juga cukup ekonomis, mulai dari Rp 270.000 saja per malam.

3. Resor Kura Kura

Kura-Kura Resort bisa menjadi pilihan terbaik Anda jika ingin menginap di tempat yang tenang. Pemandangan alam yang eksotis dan fasilitas kelas atas juga akan ditawarkan kepada para tamu. Di sini, para tamu seolah merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi.

Ada beberapa tipe kamar yaitu Family Pool Villa, Pool Villa, Deluxe Cottage dan Superior Cottage. Di sekeliling bangunan hotel juga terdapat tembok yang memungkinkan para tamu memiliki privasi saat berada di sana. Harga menginap di hotel ini mulai dari kisaran 2,8 juta rupiah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Kepulauan KarimunjawaKredit Gambar: Facebook TripZilla Indonesia

Sebagai tempat yang banyak penduduknya, fasilitas yang ada di Kepulauan Karimunjawa tentunya tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, semua pengunjung yang berada di sana tentu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan memadai. Bahkan, di beberapa daerah juga terdapat ATM yang bisa digunakan 24 jam sehari.

Toko suvenir dan kios akan menghiasi setiap tempat yang Anda kunjungi di pulau-pulau tersebut. Berbagai menu makanan, minuman, snack, souvenir bisa dibeli dengan mudah. Jika ingin melakukan aktivitas diving dan snorkeling, ada tempat yang menyewakan peralatannya.

Belum lagi juga ditemukan banyak fasilitas penting seperti toilet. Bagi pengunjung muslim dapat melakukan kegiatan ibadah di beberapa masjid di sana. Untuk fasilitas kesehatan di tempat ini juga cukup layak dengan adanya Puskesmas. Karena itu, Anda dapat datang ke sini jika tiba-tiba merasa tidak nyaman.

Inilah hal-hal menarik tentang Kepulauan Karimunjawa, Jepara. Kunjungi untuk menjalani pengalaman baru dengan panorama alam yang menawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button