PANTAI INDRAYANTI: tiket dan pesona - WisataHits
wisatahits

PANTAI INDRAYANTI: tiket dan pesona

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti: Rp 10.000 Jam Buka: 07:00 – 18:00 WIB Nomor Telepon: -Alamat: Pantai, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Buka sejak 2009, nama Pantai Indrayanti yang berada di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul terus membumbung tinggi. Pesona laut dan langit yang biru, pasir putih yang bersih, dipadu dengan fasilitas pendukung yang lengkap, menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang sayang jika dilewatkan.

Perlu diketahui bahwa nama Indrayanti sebenarnya bukanlah nama asli dari pantai ini. Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari nama suami istri pemilik salah satu restoran dan kafe di pinggir pantai.

Seiring berjalannya waktu, nama tersebut justru semakin lekat dengan pantai ini. Alhasil, pantai yang dianggap paling “sempurna” dibandingkan pantai-pantai lain di Gunungkidul ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Baca: HOT SPOT DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Tiket masuk Pantai Indrayanti

Selain pemandangannya yang menakjubkan, objek wisata pantai DIY juga terkenal dengan biaya masuk yang relatif murah, termasuk Pantai Indrayanti.

Tiket masuk Pantai Indrayanti
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk PANTAI WATULAWANG dan Tempat Wisata

Jam buka pantai

Pantai ini beroperasi setiap hari dengan jam buka mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore.

Jam Buka Pantai Indrayanti
Jam buka 07.00-18.00 WIB

Eksotisme karang dan pasir Pantai Indrayanti yang bersih

Hamparan pasir putih di tepi laut menjadi daya tarik utama pantai iniPasir yang bersih menjadi pesona Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Glitok Oi

Baca: 17 Tempat Wisata Menarik di Gunung Kidul

Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang kini sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, pantai ini seolah menjadi jalur wajib bagi hampir semua travel agent saat membawa tamunya berkunjung ke DIY.

Sama seperti khas pantai selatan wilayah Gunungkidul, pemandangannya pun tak kalah indah. Namun kelebihan dari pantai ini adalah selain garis pantainya yang landai, pasir di sini relatif lebih bersih dibandingkan pantai lainnya.

Selain itu, karena dikelola secara pribadi, fasilitas pendukung objek wisata ini jauh lebih lengkap. Mulai dari toilet, mushola, kafe, restoran, hostel sudah tersedia untuk wisatawan.

Jangan sia-siakan di pantai ini

Pantai Indrayanti dengan kondisi pantai yang bersihKebersihan adalah hal utama dari Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Irma Mustafa

Baca: Tiket Masuk Pantai Drini Gunung Kidul dan 10 Berbagai Kegiatannya

Pantai ini memiliki keunggulan pengawasan ketat terhadap kegiatan membuang sampah sembarangan. Jadi siapapun, baik turis atau pedagang, akan dikenakan sanksi jika ketahuan membuang sampah sembarangan.

Setiap pelanggaran akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000. Selama ini cukup efektif menjaga kebersihan dan kenyamanan kawasan wisata.

Pemandangan laut dari atas tebing

Pemandangan dari atas tebingSaksikan lautan terbuka dari atas tebing di sisi barat Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Achmad Idros

Baca: Puncak Kosakora Keindahan Laut dari Daerah Perbukitan

Bagi yang ingin menikmati pantai dan laut dari ketinggian, bisa mendaki bukit dekat pantai. Lokasinya berada di pantai barat dan timur. Apalagi dari atas tebing ini wisatawan bisa melihat pedesaan sekitar pantai lebih jelas.

bermain di batu

batu di pantaiBebatuan karang menjadi salah satu daya tarik utama Pantai Indriyanti. Foto: Google Maps/Abraham Renaldo

Baca: Pantai Wohkudu Pesona Perbukitan Hijau dan Karang

Karena kontur tanahnya yang landai, wisatawan bisa lebih leluasa bermain di pantai. Selain itu, keberadaan bebatuan karang menyebabkan banyak ikan berenang di bebatuan tersebut.

Ketika datang untuk bermain air, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga bermain di area bebatuan. Biasanya mereka tergoda untuk menangkap ikan dari bebatuan dengan tangan kosong.

Bersantai di tepi pantai

Payung di tepi pantaiPayung berjajar di tepian Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Triyas Handoko

Baca: GLASS TERRACE menawarkan tiket masuk dan wahana

Di pantai ini, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di pasir putih yang bersih. Lebih nyaman ditambah dengan ombak yang relatif rendah. Untuk bersantai, wisatawan bisa menyewa payung dan gazebo yang banyak tersedia. Sewa saja dari masyarakat sekitar pantai.

Sedangkan harganya cukup murah. Untuk payung, wisatawan bisa menyewa seharga Rp 20.000 per unit, sedangkan untuk gazebo, wisatawan bisa membayar sewa Rp 30.000 per unit.

Akomodasi di Indrayanti

Akomodasi merupakan salah satu fasilitas utama di pantai ini. Karena wisatawan yang datang ke pantai ini kebanyakan adalah wisatawan non-DIY.

Harga akomodasi di pantai ini juga cukup bervariasi, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 2 juta per malam. Dengan demikian, wisatawan yang ingin menikmati eksotisme malam di tepi laut lepas, bisa memilih akomodasi sesuai budget yang dimiliki.

Baca: 11 Pantai Eksotis di Gunung Kidul

Jet ski menyenangkan di pantai

Jet Ski di Pantai IndrayantiWisatawan juga bisa menikmati serunya jet ski di Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Karyadi agus priyono

Baca: Tiket Masuk Pantai Glass Terrace dan Wahana Unik

Jangan berpikir berwisata di pantai DIY itu monoton. Di pantai ini, wisatawan dapat merasakan fasilitas wisata seperti pantai Bali dan Lombok, seperti mengendarai jet ski di atas air.

Di pantai ini, wisatawan bisa menyewa jetski dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk pemakaian 15 menit, wisatawan bisa menyewanya dengan harga Rp 250.000.

Rute dan Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini, dari Wonosari wisatawan bisa menuju ke kecamatan Tepus kemudian mengikuti rambu-rambu yang mengarah ke pantai ini.

Jalur Wonosari memang lebih direkomendasikan, karena lebih mudah dilalui dibandingkan jalur lainnya. Untuk lebih jelasnya, wisatawan dapat menghubungi nomor telepon pengelola 0817 279 545

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button