Menteri LHK memuji capaian Kabupaten Bogor di bidang lingkungan hidup dan kehutanan - WisataHits
Jawa Barat

Menteri LHK memuji capaian Kabupaten Bogor di bidang lingkungan hidup dan kehutanan

Membelah


tweet

Membelah

Membelah

Surel


BOGOR-KITA.com, NANGGUNG – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Siti Nurbaya berterima kasih kepada Pemkab Bogor atas berbagai capaian Kabupaten Bogor di bidang lingkungan dan kehutanan. Ia mengajak Kabupaten Bogor menjadi contoh bagi Indonesia dalam bidang lingkungan dan kehutanan.

Demikian disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya, pada kegiatan Bogor Go Green 7 yang diselenggarakan Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University bekerjasama dengan BPDASHHL Citarum Ciliwung, Taman Nasional Halimun Salak , yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkab Bogor, Forkopimcam dan Kelompok Tani Hutan di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Nanggung, Minggu (27/11/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, Sekjen KLHK, Kapolda Bogor, perwakilan Forkopimda, Plt. Asisten Ekbang Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala DP3AP2KB dan Camat Nanggung.

“Di Kabupaten Bogor dengan karakter bentang alam seperti ini seluas 200.000 hektare dan di Kecamatan Nanggung seluas 69.000 ha bisa menjadi contoh bentang alam yang baik. Ke Kecamatan Rumpin yang juga dicontohkan dengan sentra TK modern,” ujar Siti.

Menurutnya, dalam pemutakhiran cara kita menghadapi isu lingkungan dan kehutanan, ada tiga isu terpenting, yakni isu ekonomi, sosial, dan ekologi. Kami mengembangkan gagasan untuk Indonesia di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hal-hal yang kami lakukan dan kami bangun bersama dengan masyarakat.

“Pertama, orang harus merasa itu masuk akal secara ekonomi. Kedua, secara sosial juga diterima dengan baik oleh masyarakat, ketiga, keberlanjutan ekologis,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, Pemkab Bogor sangat mengapresiasi kegiatan Go Green 7 yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan untuk terlibat dalam upaya peningkatan kualitas tutupan lahan di Kecamatan Nanggung Involve dengan mempromosikan perhutanan sosial dan pusat-pusat hutan masyarakat.

“Mudah-mudahan Bogor Go Green 7 tidak hanya menjaga lingkungan tetapi juga memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Nanggung. Ia juga berharap kegiatan ini dapat diperluas ke lokasi lain di Kabupaten Bogor,” ujar Burhanudin.

Di dalamnya, lanjut Burhanudin, ada kegiatan penanaman, pendampingan, pemanfaatan teknologi dalam pemetaan dan sebagainya, selain pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Kegiatan ini juga merupakan upaya konservasi untuk menjaga produktivitas lahan, memulihkan lahan kritis, dan membangun ketahanan lingkungan terhadap bencana.

“Seperti yang kita ketahui, lebih dari setengah luas wilayah Kecamatan Nanggung yaitu 56% berupa cagar alam dan hutan lindung serta rentan terhadap pergerakan tanah. Oleh karena itu, pemanfaatan lahan di kawasan ini harus dilakukan secara hati-hati,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sejak tahun 2020 telah terjalin Perjanjian Kemitraan Konservasi antara Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan Ketua Kelompok Tani Hutan Konservasi Malasari Mandiri yang telah diberikan lahan seluas 40,52 hektar oleh kantor TNGHS. Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah memberikan bantuan bibit kopi arabika hingga 5.000 pohon melalui APBD.

“Pada Juni 2021 juga telah dilakukan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memperkuat fungsi kawasan hutan lindung dan mengembangkan destinasi wisata alam, khususnya Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Panrango (TNGGP) dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS),” katanya.

Kemudian beliau menambahkan berbagai program peningkatan kualitas lingkungan melalui Kampung Ramah Lingkungan, Penghargaan Hijau dan Bersih Kabupaten Bogor, Sekolah Adiwiyata dan sebagainya. SMAN 1 Nanggung merupakan salah satu sekolah percontohan Adiwiyata di Kabupaten Bogor.

Perlu diketahui juga bahwa dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia 2022, Pemerintah Kota Bogor serentak melakukan penanaman pohon di 158 desa ramah lingkungan yang tersebar di 31 kecamatan dan 85 desa/kelurahan. Selain itu, Pemkab Bogor juga bekerja sama dengan BKSDA Jabar serta serikat pekerja dan manajemen PT. Otics Cikarang Bekasi menanam 6.000 pohon di lahan seluas 4,5 ha di Cagar Alam Gunung Pancar, Kecamatan Babakan Madang dan berbagai kegiatan lainnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button