Ribuan warga di Kabupaten Cianjur mengaku program Ganjar menyatukan warga - WisataHits
Jawa Barat

Ribuan warga di Kabupaten Cianjur mengaku program Ganjar menyatukan warga

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM – Program pembangunan desa di Jawa Tengah yang digagas Ganjar Pranowo memang menjadi inspirasi. Tak terkecuali warga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hal ini pula yang mendorong mereka untuk bergabung dengan Relawan Des Ganjar Jawa Barat dan mendeklarasikan diri mendukung aspirasi “Presiden Ganjar 2024”.

Upacara bergabung dengan Jaringan Relawan Des Ganjar dilaksanakan pada Selasa (6/9/2022) di Lapangan Binaraga Pesawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Desa Des Ganjar, Kabupaten Cianjur, Jenal menjelaskan, berbagai program desa yang digagas Ganjar terbukti mampu menjadikan masyarakat desa ‘Ngahiji’ atau bergotong royong membangun dan mengelola desa bersama. Dengan pola dan semangat yang sama, Jenal yakin Ganjar mampu membuat desa-desa di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Cianjur, lebih maju.

“Kami dari Des Ganjar, Kabupaten Cianjur, mengapa kami harus mendukung Pak Ganjar karena dia memiliki program yang sangat bagus. Program-program ini dapat menginspirasi kebersamaan antar warga untuk aktif terlibat dalam berbagai program pemberdayaan untuk kesejahteraan bersama,” kata Jenal di lokasi.

Dalam upaya memajukan desa, Ganjar diketahui telah menggagas berbagai program inovatif. Tidak sedikit dari program tersebut melibatkan banyak pihak untuk bahu-membahu membangun perekonomian desa secara gotong royong.

Misalnya konsep Kampung Kembar yang memungkinkan warga belajar mengelola perekonomian di kampung, kemudian program Satu OPD (Organisasi Daerah) Satu Kampung Binaan, yang mendukung ekonomi kreatif warga melalui pembangunan dan dukungan untuk tumbuh. hingga terwujudnya desa mandiri yang mengikutsertakan peran pemuda di desanya masing-masing.

Selain itu, Ganjar secara konsisten menganggarkan bantuan untuk pengembangan desa wisata. Pada 2020, Ganjar telah mengalokasikan Rp 18,5 miliar untuk 100 desa dari APBD melalui Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah. Setahun kemudian, jumlah anggaran untuk 260 desa naik menjadi Rs 32 miliar.

Sedangkan besaran bantuan pada 2022 akan dibagi menjadi tiga kelompok, yakni Rp 1 miliar untuk desa wisata maju, Rp 500 juta untuk desa pengembangan, dan Rp 100 juta untuk desa wisata percontohan. Anggaran tersebut dimaksudkan untuk mendukung pengembangan 131 desa wisata di Jawa Tengah.

Menurut Jenal, berbagai program desa yang digagas Ganjar perlu diperluas ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kata Jenal, Des Ganjar, Kabupaten Cianjur, ingin program-program tersebut bisa dilaksanakan saat Ganjar Pranowo menjadi presiden pada 2024.

Source: www.ayobandung.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button