Mengoptimalkan peran humas dalam membangun citra positif organisasi - WisataHits
Jawa Timur

Mengoptimalkan peran humas dalam membangun citra positif organisasi

OKINMEDIA.ID, Surabaya – Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur berupaya mengoptimalkan peran humas dalam membangun citra positif organisasi. Salah satunya penguatan kehumasan pada Kumham PR Summit 2022 Wilayah Jawa Timur hari ini (26/10).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Raden Wijaya Kanwil Kemenkum HAM Jatim itu diikuti seluruh tim Humas unit kerja lini. Baik Lapas, Rutan, Rupbasan, Pelayanan Imigrasi, Lapas dan Pusaka secara langsung atau online.

Kepala Dinas Imigrasi Hendro Tri Prasetyo mengatakan kegiatan ini sangat penting. Mengingat peran humas sebagai perwakilan panca indera tubuh birokrasi.

“Citra lembaga sangat bergantung pada kinerja penjangkauan, sehingga perlu dilakukan konsolidasi untuk merumuskan visi dan misi bersama,” kata Hendro yang mewakili Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim, Zaeroji.

Hendro menjelaskan, pihaknya tidak hanya ingin humas menyampaikan, tetapi juga berkarakter.

Ketika humas memiliki karakter dan dapat dikomunikasikan secara efektif kepada publik, kata Hendro, maka pemerintah dicintai masyarakat.

“Humas harus aktif menyampaikan apa yang akan dilakukan pemerintah. Dan tentunya sekaligus mendengar apa yang diinginkan masyarakat,” tegasnya.

Yang pertama menyangkut aspek politik.

Sebagai titik kontak, Zakaria diperkenalkan sebagai sub-koordinator hubungan pers dan media massa. Ia membahas kebijakan dan strategi Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam mengelola berita dan media massa.

“Kami melihat Jawa Timur adalah kantor wilayah dengan manajemen media massa yang baik karena hampir tidak ada berita negatif yang viral, tetapi banyak berita positif yang muncul,” kata Zakaria.

Lebih lanjut, Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, Arief Rahman, menegaskan satker tidak boleh alergi terhadap media massa. Serta menangani dan mereview media yang memiliki motif lain selain pekerjaan jurnalistik.

“Sebagai seorang PR officer tidak boleh bersikap defensif, tetapi harus proaktif dalam situasi krisis, butuh reaksi yang cepat, terbuka dan ramah kepada awak media sebagai partner,” ujar Arief.

Soal kepemimpinan, Kepala Humas Kanwil Kemenkum HAM Jatim Ishadi MP menegaskan, jajaran humas harus kembali ke khittahnya. Menurutnya, kembali ke jalurnya akan membantu meningkatkan citra agensi kami secara keseluruhan.

“Makanya kita pakai hastag #growtogether, karena kita ingin maju bersama, tidak hanya pekerjaan humas kantor negara yang bagus, tapi serialnya juga harus memiliki kualitas yang sama,” harap Ishadi.

Sesi terakhir menyangkut aspek teknis. Tiga pembicara Galih WP (DJKI Content Creator), Danny Keegan (Spv Content Production Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur) dan Nerry Supanji (Canva Mobile Specialist) membahas berbagai teknik produksi konten di media sosial. Para peserta sangat antusias mengikuti sesi hands-on ini.

“Kami ingin satker Humas juga memiliki kemampuan dasar desain grafis yang dapat menghasilkan karya dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Hendro. (Humas Kemenkumham Jawa Timur)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button