Mengingatkan bahwa gempa Cianjur bukan wisata bencana, Ridwan Kamil: Di taman safari atau ex-ig saja - WisataHits
Jawa Barat

Mengingatkan bahwa gempa Cianjur bukan wisata bencana, Ridwan Kamil: Di taman safari atau ex-ig saja

TEMPO.CO, jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan bahwa gempa Cianjur bukanlah wisata bencana. Ia mengkritisi banyaknya masyarakat yang datang ke Cianjur hanya untuk berswafoto di depan pengungsian sebagai latar belakang untuk menunjukkan bahwa mereka datang ke lokasi bencana.

Dua jam lalu, Selasa, 29 November 2022, Ridwan Kamil dengan mengunggah video di akun Instagram dan Twitternya mengolok-olok perilaku turis “turis”. bencana ini. “Bantuannya hanya satu mobil, tapi bisa sampai 6-8 mobil menyusul di belakang,” tulis Emil, sapaan akrab Ridwan.

Kemacetan lalu lintas di jalan-jalan desa dengan kedok memberikan bantuan

Menurut suami Atalia Praratya itu, kedatangan wisatawan yang berkedok mengantarkan bantuan mengakibatkan jalan desa di kawasan bencana macet total setiap pagi hingga sore hari. Padahal, jalan desa rata-rata sempit, hanya selebar 4-6 meter.

Kondisi ini diperparah dengan masyarakat yang memarkir kendaraannya di tepi jalan sehingga membuat jalan semakin sempit dan sulit dilalui pengendara. Akibatnya, evakuasi korban dan penyaluran bantuan kepada para pengungsi kerap terhambat dan memakan waktu lama. Namun, petugas masih mencari korban yang hilang.

“TIDAK MAU MELAKUKAN ATAU MENONTON WISATA BENCANA,” tulisnya dengan huruf besar semua, seolah ingin menegaskan bahwa semua pihak harus memahami bahwa tidak pantas orang yang tertimpa bencana menjadi tontonan. .

Emil mengimbau untuk hanya mengemudikan kendaraan darurat melalui area bencana dengan tim yang diperlukan sehingga berkendara secara efisien dan tertib. “Cukup tim perwakilan atau menitipkan ke organisasi relawan resmi,” ujarnya.

Sindiran Wisata Emil di taman safari

Gubernur Ridwan mengimbau masyarakat untuk lebih berempati. “Dengan hati yang empati, pikiran yang bijak, dan pikiran yang jernih, imbauan ini dapat dipahami. Hatur Nuhun,” tulis Emil, “perjalananku ke Taman Safari atau akun IG mantan tertampan itu untuk wisata yang lalu.”

Tapi bukan Ridwan Kamil namanya jika unggahannya 100% sah. Ia tetap bercanda menanggapi komentar netizen yang sependapat dengannya. “Baru kemarin saya bikin status begini, follower saya sedikit, mendingan dibaca,” tulis @kasya*** yang disematkan Emil di komentar paling atas.

Ia pun membalasnya dengan menyemangati dan mencemooh netizen. “Bergembiralah, Kan. Kami berharap dapat segera menyusul Bapak Gubernur. Tinggal 19 juta lagi,” tulisnya. Akun Instagram Ridwan Kamil memiliki 19,5 juta pengikut. Netizen yang disematkan hanya memiliki 600 pengikut di akun Instagram.

Baca Juga: Gempa Cianjur, Raja Charles III Sampaikan Belasungkawa

Ikuti berita terbaru Tempo.co di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button