Puluhan Pegawai BUMN Selama 3 Hari di Pura Mangkunegaran Solo Ada Apa Saja? - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Puluhan Pegawai BUMN Selama 3 Hari di Pura Mangkunegaran Solo Ada Apa Saja? – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sejumlah pegawai BUMN bergabung dengan abdi dalem Pura Mangkuneagran Solo dalam kegiatan membatik bersama di pelataran Pura Mangkunegaran, Senin (15/8/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Puluhan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengikuti berbagai kegiatan di Pura Mangkunegaran Solo selama empat hari sejak 14-17 Agustus 2022. Salah satu kegiatan membatik bersama di Tempelhof, Senin (15/822).

Ada ratusan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, antara lain staf BUMN dan Tempelhöfe. Dipantau Solopos.com, para peserta duduk bersila di lorong Pura Mangkunegaran sekitar pukul 16.30 WIB.

Promosi Rekomendasi merek jeans pria & wanita terbaik, murah banget!

Anda akan belajar tie-dye mulai dari menggambar pola hingga mewarnai kain tie-dye. Kampanye tie-dye bersama ini merupakan bagian dari program pengabdian relawan BUMN yang berlangsung pada 14-17 Agustus.

Insan BUMN diberi kesempatan untuk berpartisipasi langsung dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program relawan BUMN bertajuk Pemberdayaan Abdi Dalem Pura Mangkunegaran Solo, Pelayanan BUMN untuk Surakarta ini dijalankan langsung oleh staf BUMN.

Kegiatan relawan meliputi pengabdian masyarakat, penanaman pohon, pemeriksaan kesehatan dan kelas bahasa Inggris. Tim Ahli KGPAA Mangkunagoro X R. Christopher S. Lebe mengatakan, program pengabdian sukarela ini diselenggarakan oleh Lini Usaha Penjaminan dan Penjaminan Holding BUMN bersama Kementerian BUMN dan Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Solo Batik Carnival Akan Kembali Terjadi, Kali Ini Di 2 Dunia

“Ada kegiatan yang berbeda selama tiga hari. Dari melakukan bakti sosial hingga membagikan sepatu dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak abdi dalem Pura Mangkunegaran,” katanya kepada Solopos.com, Senin.

Upacara 17 Agustus

Ada juga pelatihan pemberdayaan masyarakat yang juga melibatkan abdi dalem. Misalnya pelatihan budidaya dan pemasaran hidroponik atau pemasaran untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Relawan BUMN di Pura Mangkunegaran Solo ditutup pada 17 Agustus dengan upacara bendera memperingati kemerdekaan Indonesia yang diikuti oleh masyarakat. Upacara tersebut akan dihadiri oleh jajaran BUMN, abdi dalem Pura Mangkunegaran dan masyarakat.

Baca Juga: Karya Mahasiswa ISI Solo Bikin 10 Film Pendek Kartu Prakerja Terbaik

“Rencananya KGPAA Mangkunagoro X akan menghadiri upacara bendera memperingati kemerdekaan Indonesia,” ujarnya. Selain itu, Lebe menyampaikan bahwa program pengabdian relawan BUMN dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Karyawan BUMN bisa mendapatkan pengalaman berharga berinteraksi dengan abdi dalem dan masyarakat sekitar. Sementara itu, pegawai BUMN, Esta, mengatakan para relawan pengabdian BUMN mendapatkan pengalaman dan wawasan berharga tentang pelestarian budaya.

Mereka berinteraksi dengan para abdi dalem setiap hari selama tiga hari. Demikian pula, para relawan menularkan pengetahuan mereka dengan mengajarkan keterampilan komunikasi bahasa asing kepada para abdi dalem.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button