Mencicipi kuliner lokal, Jepang, Korea dan China di Klebergan Yogyakarta street food - WisataHits
Yogyakarta

Mencicipi kuliner lokal, Jepang, Korea dan China di Klebergan Yogyakarta street food

BacaJogja – Mau makan di mana akhir pekan ini? Apa serunya nongkrong dan ngobrol bareng teman? Silahkan datang ke Street Food GOR Klebergan Yogyakarta.

Tempat ini adalah tempat makan yang ramah kantong dan menyenangkan. Makanan Jalanan GOR Klebergan terletak di Jalan Argo, Padukuhan Karang Gayam, Kaluraha Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Kejar Kuliner Malam di GOR Klebergan Sleman Yogyakarta

Dengan kata lain, tempat ini terletak di seberang Gedung Plaza Agro Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Tempat ini juga dekat dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Maka tak heran jika jajanan kaki lima GOR Klebergan menjadi favorit di kalangan mahasiswa.

Tempat ini menjadi viral di media sosial. Banyak hal yang membuat tempat ini viral, selain jajanan yang lengkap, tempatnya yang asyik dan harga yang ditawarkan ramah kost alias mahasiswa.

Baca Juga: GOR Klebergan, Rekomendasi Kuliner untuk Student Night Out di Yogyakarta

Heri Setiawan, 18, mengaku senang bisa menemukan tempat nongkrong dan makan di jajanan GOR Klebergan. “Sebagai mahasiswa baru di Jogja, saya langsung jatuh cinta dengan tempat ini. Harganya murah dan enak, cocok untuk kantong mahasiswa,” ujarnya, Kamis 13 Oktober 2022.
Makanan Jalanan Klebergan Sleman JogjaDestinasi wisata kuliner Klebergan Street Food, Sleman Yogyakarta. (Foto: BacaJogja)

Di Street Food GOR Klebergan, para pedagang mulai membuka lapaknya pada sore hari. Beragam kuliner tersaji di sana, dan pengunjung bebas memilih apa yang mereka suka.

Baca Juga: Huheyy Coffee House, Rekomendasi Kedai Kopi untuk Menghilangkan Rasa Lelah di Sleman Yogyakarta

Mahasiswa baru dari luar Yogyakarta yang ingin mencoba jajanan khas Yogyakarta terlayani dengan baik di tempat ini. Ada juga banyak masakan lain dari berbagai penjuru nusantara seperti Angkringan, Bakso, Mie Ayam, Geprek, Seblak dan masih banyak lagi.

Disebut di sisi selatan GOR Klebergan atau di sepanjang Jalan Mataram, juga terdapat berbagai macam jajanan seperti sempol, tahu bulat, roti bakar, telur gulung dan pentul ikan.

Keanekaragaman kuliner negara tetangga

Ada juga kuliner ala luar negeri mulai dari makanan Jepang seperti Taiyaki. Hidangan ini pada dasarnya adalah sejenis kue tradisional Jepang yang berbentuk ikan. Di Taiyaki Street Food Store, GOR Klebergan menawarkan berbagai rasa seperti Readbean, Strawberry, Cheese, Chocolate, Chocolate Cheese, Kelapa, Kegel Taiyaki Sundae, Blueberry dan Durian.

Ada juga Monyet Pancong Dinginkan dengan pilihan kue pancong berbagai rasa. Dengan inovasi berbagai rasa baru, kue ini kembali mendapat banyak peminat. Santai Monyet Pancong di Street Food Klebergan menawarkan berbagai macam rasa.

Baca Juga: Sate Klatak, Mi Lethek, Geplak, dan Lima Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Selain itu, ada juga kuliner Chinese food seperti Takoyaki, Mojito, Toppoki, Samyang dan menu Korea lainnya di film Korea.
Kuliner GOR KleberganMalam Kuliner GOR Klebergan Sleman, Yogyakarta, (Foto: Istimewa)

Sebelum jajanan GOR Klebergan viral, terlihat sebagai pengganti pasar Minggu pagi di kawasan UGM yang terpaksa tutup akibat pandemi Covid-19.

Dealer ingin tetap menjual agar dapur keluarga tetap membara. Ada yang berjualan di pinggir jalan, di depan gapura desa, atau di tempat-tempat sekitar Selokan Mataram.

Baca Juga: Slasar Malioboro dan Empat Tempat Wisata Kuliner Seru di Kota Yogyakarta

Ternyata, ini cukup menyumbat dan menyumbat jalanan. Hingga akhirnya terbentuklah komunitas pedagang yang mengatasnamakan Persatuan Pedagang Selokan Mataram (PPSMK) Klebengan.

Mereka kemudian menempati stand Makanan Jalanan GOR Klebergan. Pelan tapi pasti, jajanan tersebut laris manis. Semakin banyak orang datang ke tempat ini, maka tempat ini menjadi tujuan wisata kuliner malam. []

Source: bacajogja.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button