MEAK LITTLE ISLAND Tiket, Aktivitas & Pelayaran - WisataHits
wisatahits

MEAK LITTLE ISLAND Tiket, Aktivitas & Pelayaran

MEAK LITTLE ISLAND Tiket, Aktivitas & Pelayaran

Harga tiket masuk ke pulau kecil Merak : Rp 15.000. Jam buka: 06:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten, Indonesia, 42438.

Pulau kecil Merak terletak di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Memiliki pantai berpasir putih dan air laut yang jernih serta keindahan bawah laut yang selalu terjaga. Sehingga cocok untuk berbagai aktivitas pantai. Seperti berenang, snorkling, diving.

Meski ukurannya kecil, pulau ini memiliki beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam homestay dan tenda. Selain itu, ada warung kuliner yang menawarkan makanan laut segar. Pulau ini bisa dicapai menggunakan perahu sewaan dari dermaga belakang Polsek Pulomerak.

Harga tiket masuk pulau kecil Merak

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan harus membayar biaya. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan pelestarian lingkungan. Sebelumnya, wisatawan juga harus membayar perahu untuk sampai ke pulau dan kembali ke daratan. Dan Anda tidak perlu khawatir, semuanya masih sangat terjangkau.

Biaya masuk
Hukuman Rp 2.000
Biaya perahu pulang pergi Rp 15.000

Baca: PANTAI ANYER: tiket, aktivitas, dan wahana

Jam buka pulau kecil Merak

Waktu berkunjung bagi wisatawan dibatasi hingga pukul 17.00 WIB. Karena perahu yang mengantar berhenti saat itu juga. Sementara itu, jika Anda sedang berkemah, Anda tidak perlu khawatir dengan batasan waktu untuk tur ini. Karena Anda bisa pulang dengan perahu keesokan harinya.

Jam operasional
Setiap hari 06:00 – 17:00 WIB

Kunjungi pulau kecil yang menakjubkan

Pulau kecil MerakPulau kecil Merak. Foto: Gmap/djell achmad

Dari kejauhan, wisatawan bisa melihat bukit pasir putih yang dipenuhi pepohonan rimbun. Inilah Pulau Merak Kecil yang letaknya tak jauh dari pantai Mabak. Sebuah pantai di Cilegon, yang juga merupakan dermaga penyeberangan. Memang dari pantai Mabak, wisatawan sudah bisa melihat keberadaan pulau ini yang jaraknya hanya beberapa ratus meter saja.

Pulau Merak Kecil tidak berpenghuni untuk pemukiman. Fokus hanya pada kegiatan wisata, karena luasnya hanya sekitar satu hektar. Meski begitu, tarikannya bak magnet dengan hamparan pasir putih yang mampu membelai kaki Anda saat menapaki hamparannya.

Pepohonan tropis seperti pohon kelapa, ketapang dan semak belukar turut mempercantik pulau ini. Jadilah bayangan di hari yang panas. Apalagi saat angin berhembus untuk menggerakkan dedaunan, sehingga udara di sekitar menjadi sejuk. Berada di pinggir pulau ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu.

Baca: Tiket PANTAI SAMBOLO Anyer dan Kegiatannya

Mengunjungi pulau kecil Merak

Mengelilingi pulau di sepanjang tepinyaMengelilingi pulau di sepanjang tepinya. Foto: Gmap/DINI SURYA EKAWATI

Pulau kecil ini dinamai sesuai tempat ini, karena ukurannya yang kecil. Luasnya hanya sekitar satu hektar. Oleh karena itu, wisatawan dapat mengelilingi seluruh pulau hanya dalam waktu 1-2 jam saja. Ini bisa menjadi cara bagi wisatawan untuk mengakrabkan diri dengan lingkungan pulau ini.

Wisatawan bisa memulainya dengan berjalan-jalan di kawasan berpasir pantai. Atau berjalan lurus melewati pepohonan di tengah. Tak hanya itu, bagi wisatawan yang membawa kano juga bisa menjelajahinya dengan kano. Akan ada sensasi seru yang akan Anda dapatkan saat menyusuri area perairan.

Baca: Tiket dan Kegiatan PANTAI CARITA

Menikmati sore hari di pantai

Pemandangan malam dan perjalanan kapalPemandangan malam dan kapal yang lewat. Foto: Gmap/Sugeng Raharjo

Sebelum pulang, wisatawan bisa menikmati sore hari di pantai. Pemandangan matahari terbenam pasti akan menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu. Yang akan terlihat jelas jika wisatawan berada di sisi barat pulau. Berhadapan langsung dengan matahari terbenam.

Juga, kapal dan perahu tidak boleh diabaikan. Melewati feri melintasi pulau merupakan suguhan indah tersendiri. Perahu nelayan yang siap untuk pulang juga menjadi suguhan yang menarik. Bunyi klakson kapal menambah semarak suasana.

Baca: Tiket PANTAI SAMBOLO Anyer dan Kegiatannya

Berkemah yang menyenangkan di pulau itu

Meski tak berpenghuni, wisatawan bisa berkemah di sini. Tentunya dengan membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan alat masak. Pantai atau di pepohonan mungkin menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda.

Dengan berkemah di sini, wisatawan bisa kembali menikmati suasana dari pagi hingga pagi. Saksikan matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di sore hari. Nikmati kesunyian dengan suara alam dan deburan ombak di malam hari.

Sayangnya, pencahayaan di sini masih minim. Sama seperti keberadaan air netral juga tidak cukup. Sehingga pengunjung bisa membawa air minum sendiri sesuai kebutuhan.

Baca: Tiket PANTAI KARANG BOLONG & Eksotisme

Berenang di air laut yang tenang

Bermain dan berenang di pantaiBermain dan berenang di pantai. Foto: Gmap/Dadi Mulyana

Ombak di pulau ini tidak terlalu tinggi, cenderung tenang. Apalagi perairan di sekitar pantai juga cukup dangkal. Tempat yang tepat jika ingin berenang di perairan.

Airnya selalu jernih, sehingga nyaman saat dijadikan tempat berenang. Wisatawan juga bisa membawa jaket pelampung untuk merasakan gulungan ombak. Tempat yang pas jika ingin berenang sebaiknya tidak berada di dekat dermaga. Agar tidak terganggu oleh lalu lalang kapal yang datang.

Baca: Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir dan Berbagai Kegiatan Wisata

Penyelam Koin Unik di pelabuhan

Sebelum melintasi pulau, wisatawan tentunya akan menunggu perahu atau kapal di dermaga. Berbeda dengan dermaga lainnya, banyak anak kecil yang menjadi penyelam. Tentu saja menyelam bukan untuk olahraga, tapi demi uang.

Anak-anak usia SD terjun ke perairan dengan peralatan seadanya. Bahkan tanpa mengenakan pakaian selam atau alat bantu pernapasan. Mereka menunggu pengunjung yang datang untuk melempar koin ke laut, lalu dengan cepat anak-anak ini akan menyelam untuk mengambil koin tersebut.

Ini menjadi hiburan unik tersendiri di dermaga. Lihat betapa terampilnya anak-anak ini mengambil uang tanpa peralatan selam khusus. Meski sukarela, tak ada salahnya turis memberikan koin kepada penyelam cilik ini. Yang juga tergantung koin yang dilempar wisatawan.

Memasang Pulau Merak Kecil

Tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang lengkap untuk wisatawan. Hanya ada toilet dan mushola yang minim air. Padahal, cukup sulit menyediakan air tawar bersih, karena sumur-sumur di sini juga mengeluarkan air asin. Meski begitu, tidak sedikit penduduk setempat yang membuka warung makan kecil di kawasan pulau.

Jalan menuju pulau kecil Merak

Untuk menuju Pulau Merak Kecil atau Pulau Merak Besar, Anda bisa menggunakan perahu melalui Pantai Mabak yang berada di belakang Polsek Cilegon Pulomerak. Di pantai ada dermaga kayu sederhana. Kemudian untuk tiket kapal hanya membutuhkan Rp 15.000 untuk menuju Pulau Merak Kecil dan Rp 25.000 ke Pulau Merak Besar. Harga tersebut sudah termasuk perjalanan pulang pergi.

Sedangkan jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa naik bus dari Kampung Rambutan atau Tanjung Priok kemudian turun di Terminal Merak. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan bus merah menuju pusat kota Cilegon. Minta turun di Polsek Pulomerak. Kemudian masuk ke arah pantai Mabak melalui jalan kecil di sebelahnya.

Lokasi pulau kecil Merak

Wisata pulau ini terletak di Mekarsari, kecamatan Pulomerak, kota Cilegon, Banten.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button