Pantai Pasir Panjang Kupang, pantai indah mempesona dan matahari terbenam yang indah - WisataHits
wisatahits

Pantai Pasir Panjang Kupang, pantai indah mempesona dan matahari terbenam yang indah

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Pasir Panjang merupakan destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Kota Lama, Kupang. Lokasinya yang berada di pusat kota tentu memudahkan pengunjung untuk menemukannya. Banyak keindahan yang ditawarkan di sini, seperti matahari terbenam yang sangat indah, pasir putih dan laut biru yang indah, suasana yang indah siang dan malam. Kita juga bisa mengabadikan setiap momen bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan indah di sana. Ada juga berbagai kegiatan untuk dicoba.

Di tempat wisata ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat menunjang aktivitas para wisatawan. Seperti wisata cottage, persewaan perahu air, sepeda air dan masih banyak lagi. Tidak hanya untuk orang dewasa, ada beberapa fasilitas untuk anak-anak juga. Pantai Pasir Panjang memang pilihan yang cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Daya Tarik Pantai Pasir Panjang

Objek wisata pantai berpasir panjangKredit Gambar: Instagram Yudit Tiwery

Kalau ke Nusa Tenggara Timur sayang kalau tidak mampir ke Pantai Pasir Panjang Kupang. Karena pantai ini merupakan salah satu destinasi terbaik di Kupang untuk dikunjungi. Pemandangan matahari terbenam yang indah, keindahan pantai di pagi dan sore hari menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan lokal dan asing datang ke sini.

1. Pemandangan Matahari Terbenam

Senja adalah waktu yang paling dinanti di pantai ini. Banyak turis dan anak muda di Kota Kupang yang berkumpul dengan teman-temannya saat senja. Bagaimana tidak, salah satu daya tarik pantai ini adalah pemandangan matahari terbenamnya.

Anda bisa langsung melihat detik-detik matahari terbenam di pantai. Warna langit yang mulai memudar dari kuning cerah menjadi jingga tua, memancarkan cahaya ke segala arah. Kesan romantis langsung terasa saat hangatnya sinar mentari perlahan mulai terbenam di ufuk barat. Mengabadikan momen sunset bersama sahabat tentunya tidak boleh dilewatkan.

2. Keindahan pantai

Selain pemandangan matahari terbenam, Pantai Pasir Panjang Kupang juga memiliki atraksi lain yang tidak ditemukan di pantai lain. Wisata bahari ini memiliki air laut yang bersih dan jernih. Sehingga sangat mendukung wisatawan yang ingin melakukan segala aktivitas air seperti berenang dan menyelam.

Selain itu, zona riparian cukup panjang. Hamparan pasir putihnya yang lembut, memiliki panjang 1 km dari sisi ke sisi. Dapat digunakan oleh anak-anak dan wisatawan untuk bermain pasir. Saat langit cerah, warna biru laut akan memancarkan kilauan cahaya yang sangat indah. Ditambah dengan keberadaan bebatuan di sepanjang pantai, menambah eksotisme pantai ini.

Saat malam tiba, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar pantai. Seperti menjual makanan, minuman, tapi kebanyakan mereka menjual ikan bakar yang mereka tangkap. Kalaupun malam hari masih banyak wisatawan yang menghabiskan waktu disana. Bersantai menikmati keindahan malam di pantai sambil makan ikan bakar ditemani es krim kelapa muda.

3. Gelombang ideal

Selain matahari terbenam yang indah dan pantai yang indah, Pantai Pasir Panjang juga cocok untuk segala aktivitas air, seperti menyelam, berenang, berselancar, dan memancing. Ini karena ombaknya tenang, meski ada kalanya kuat. Meski begitu, benar-benar aman untuk perenang atau peselancar yang masih pemula.

Selain itu, karena kondisi ombak seperti itu, banyak ikan yang memilih pantai ini sebagai rumahnya. Selain itu, airnya yang sangat jernih dapat memanjakan mata kita saat berenang atau snorkeling.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai berpasir panjangKredit gambar: Google Maps Agus aQm

Pantai Pasir Panjang terletak di pusat kota Kupang, tepatnya berada di Jalan Timor Raya, Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jika kita ingin kesana, kita bisa menempuh beberapa jalur. Anda bisa menyetir sendiri, naik taksi atau bus.

Dari pusat kota kita bisa berkendara ke arah barat menuju Jalan Letjend Sudirman. Setelah itu lanjutkan ke Jalan Moh Hatta lalu belok kanan ke Jalan Urip Sumoharjo. Lurus terus hingga tiba di Jalan Timor Raya. Pantai ini berada di sisi kiri jalan dan dapat dengan mudah terlihat dari jalan raya.

Sedangkan jika kita dari Tanjung Perak, Surabaya bisa langsung menuju Larantuka. Perjalanan sejauh 1920,3 km dan memakan waktu sekitar 64 jam. Meski cukup jauh dan memakan banyak waktu, semuanya akan terbayar dengan indahnya pemandangan pantai yang ditawarkan di sana.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Google Maps Ignasius Koli

Pantai wisata ini menawarkan tiket masuk yang cukup terjangkau bagi pengunjung. Ditambah dengan biaya parkir sesuai kendaraan yang dibawa pengunjung pantai. Untuk tiket masuknya sendiri, pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000.

Sementara itu, biaya parkir bervariasi tergantung jenis kendaraan. Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 3.000 untuk mobil, Rp 6.000 dan Rp 8.000 untuk kendaraan roda 6 dan 8.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Pasir Panjang

Aktivitas Seru di Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Google Maps Jems Tanu

1. Menikmati matahari terbenam

Ini adalah yang paling ditunggu oleh sebagian besar wisatawan yang pergi ke sana. Bagaimana tidak, Pantai Pasir Panjang memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Pemandangan matahari terbenam menjadi daya tarik utama pantai ini. Matahari mulai muncul sebagai bola sempurna, kuning cerah hingga oranye tua, memancarkan cahaya ke segala arah.

2. Joging di pantai

Selain menikmati sunset, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kita lakukan di sana, termasuk jogging. Apalagi ada jogging track yang sangat berguna bagi wisatawan untuk jogging.

Sangat menyenangkan untuk berolahraga di pagi hari sambil menikmati keindahan pantai di sepanjang jalan dan mendengarkan kicau burung, deburan ombak yang berirama mengiringi langkah kita.

3. Bermain di pantai

Aktivitas di Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Google Maps Agus aQm

Ombak yang tenang di pantai membuat wisatawan bisa berenang dan snorkeling dengan aman dan nyaman. Dengan air laut yang jernih dan bersih dapat memanjakan mata kita saat berenang. Garis pantainya yang dangkal, bisa membuat pengunjung bebas berenang atau sekedar berburu bersama ombak. Bermain pasir, mencari keong juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk dilakukan.

4. Bersantai dan berjemur

Memang pantai adalah tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona, baik siang hari menikmati teriknya matahari, sore hari menikmati indahnya sunset atau malam hari sekedar bersantai setelah seharian bekerja.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Pasir PanjangKredit Gambar: Google Maps SOTIS HOTEL KUPANG

1.Sotis Hotel Kupang

Terdapat banyak hostel yang terletak di dekat pantai Pasir Panjang, salah satunya adalah hotel Sotis Kupang. Hotel ini menawarkan fasilitas yang luar biasa dengan layanan khusus. Ada kolam renang luar ruangan, bar tepi kolam, restoran, pusat kebugaran, karaoke, biliar, dan klub malam. Terdapat 47 kamar yang dapat dipilih dengan tipe kamar mulai dari Deluxe Room hingga King Garden View Room.

2. Swiss-Bellin Kristal Kupang

Penginapan selanjutnya adalah Swiss bell Kristal Kupang. Hotel ini merupakan hotel bintang 3, dengan bangunan 4 lantai, memiliki 1 restoran dan total kamar 139. Tamu hotel juga dapat menikmati wisata perahu memancing dan menyelam yang ditawarkan oleh pengelola hotel. Ada beberapa tipe kamar, mulai dari kamar deluxe hingga suite. Setiap kamar memiliki balkon dan kamar mandi dengan shower.

3. OCD Beach Café dan nyonya rumah

Tidak hanya hotel mahal, di sekitar pantai juga terdapat penginapan murah. OCD Beach Cafe and Hoste adalah pilihannya. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke lokasi pantai, karena posisinya yang sangat dekat dengan pantai. Setiap kamar memiliki blankon dan kamar mandi dengan shower. Hostel ini terbuat dari bambu, terlihat unik namun tetap nyaman.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Twitter Una Putri Thamrin

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Kupang, Pantai Pasir Panjang tentunya memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas wisatawan. Tidak hanya untuk orang dewasa, ada juga fasilitas yang disediakan untuk anak-anak.

Dari fasilitas umum seperti tempat parkir, jogging trail dan toilet. Ada juga fasilitas pendukung lainnya seperti sepeda air, persewaan sepeda motor atau kano, pondok wisata, klub malam dan toko suvenir.

Bagi yang ingin berenang tapi tidak ingin berenang di pantai, ada juga kolam renang. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin berenang tapi masih takut untuk berenang di pantai. Selain itu, ada juga arena bermain bagi wisatawan yang membawa anak-anak.

Ini dia atraksi, aktivitas menarik, fasilitas, harga tiket, serta alamat dan rute menuju kawasan pantai Pasir Panjang di Kupang. Ada juga beberapa hostel yang bisa kita pilih sebagai tempat peristirahatan di dekat pantai. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur ke sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button