Air Terjun Tembok Batu, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kampar - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tembok Batu, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kampar

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Belit, Kec. Kampar kiri atas, Kab. Kampar, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Batudinding menjadi destinasi menarik yang patut diperhitungkan saat berkunjung ke Kampar. Pengunjung yang datang bisa menikmati semua fenomena menarik tersebut. Menemukan destinasi yang berada di tempat tersembunyi merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan. Ini adalah tantangan yang menarik untuk diambil.

Asal datang ke wisata alam yang indah ini memang butuh perjuangan ekstra. Beragam medan menjadi tantangan untuk ditaklukkan. Meski begitu, kegiatan ini sangat menyenangkan untuk dilakukan, apalagi jika Anda suka bepergian. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya dikenal menarik dengan nuansa yang indah

Air Terjun Tembok Batu menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Selama berkunjung, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan mempesona yang akan membuat betah. Destinasi di hutan alam membuat rasa segar semakin terasa. Membuat Anda merasa segar dan sempurna untuk menghilangkan kepenatan.

Objek wisata air terjun tembok batu

Tempat wisata air terjun tembok batuKredit gambar: Google Maps Ardian Tarigan

1. Panorama Indah Khas Sumatera

Panorama air terjun Tembok Batu sudah tidak diragukan lagi. Keindahan alam menjadi tawaran yang memanjakan mata para pengunjung. Nuansa indah pun terlihat saat Anda melakukan perjalanan. Selama berkunjung, wisatawan harus melakukan pendakian dengan berjalan kaki.

Keindahan destinasi ini sangat khas Sumatera. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan rindang, hamparan sawah yang luas, dan perkebunan kelapa sawit. Dalam perjalanan, Anda bahkan akan melihat berbagai spesies menarik seperti monyet, semut besar, burung, dan lain-lain.

2. Memiliki 7 level

Perlu diketahui bahwa air terjun yang indah ini menawarkan keindahan yang memanjakan mata. Untuk air terjun sebenarnya tidak terlalu tinggi namun sangat menawan untuk dipandang. Selain itu, tujuh level aksi ditawarkan. Setiap level ditata dengan hati-hati dan Anda dapat menjelajahi lebih jauh keindahan alamnya.

Oleh karena itu, setiap tingkat air terjun melalui selokan berbatu sangat unik. Meski dikenal memiliki tujuh level, pengunjung mengaku kebanyakan hanya mampu menaklukkan empat level. Perjalanan menanjak dengan medan yang terjal dan licin menjadi kendala pemaparan semua tingkatan air terjun.

3. Mitos pemberkah dan penjaga air terjun

Ada beberapa mitos menarik yang muncul dari aksi Wall Stone. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa mandi di air terjun ini memberikan khasiat yang tidak biasa. Diyakini bahwa wisatawan lebih muda jika ingin berenang di air terjun. Selain itu, destinasinya dikenal tenang sehingga aman untuk berenang.

Ada mitos lain yang cukup menarik. Karena pengunjung yakin ada fall guard di tingkat ketujuh. Fenomena ini menyulitkan wisatawan untuk mendapatkan akses di semua tingkatan. Bagian atas level dianggap suci. Namun, semua pernyataan di atas hanyalah mitos yang belum terbukti.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tembok BatuKredit gambar: Google Maps Slamet Riyadi

Saat mengunjungi tempat-tempat indah, terkadang butuh usaha ekstra. Apalagi jika destinasinya masih berada di tengah hutan alam. Ini seperti ketika Anda pergi ke Air Terjun Tembok Batu. Pengunjung harus mengakses lokasi dengan berjalan kaki, yang sulit dengan medan yang bervariasi.

Destinasi indah ini berada di Desa Tanjung Belit yang merupakan bagian dari Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau. Dibutuhkan 3 jam perjalanan jika Anda datang dari pusat kota dengan jarak 102 kilometer. Pengunjung bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya.

Meski begitu, perjalanan tidak bisa dilakukan langsung dengan kendaraan. Anda perlu berjalan kaki untuk mencapai air terjun dengan panorama eksotis ini. Beragam medan menjadi tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan. Ingatlah untuk membuat semua persiapan dengan matang agar perjalanan berjalan lancar.

Harga tiket masuk wisata air terjun

Tiket Wisata Air Terjun Tembok BatuKredit gambar: Google Maps Ardian Tarigan

Tidak semua destinasi indah memiliki biaya masuk yang tinggi. Bahkan ada yang menawarkan tarif murah meski menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Sama halnya dengan Air Terjun Batudinding yang menawarkan harga masuk hanya Rp 10.000.

Harga jelas sangat murah mengingat apa yang ditawarkan, yang luar biasa. Wisatawan pasti akan betah berlama-lama menjelajahi keindahan alam yang ditawarkan kepada mereka. Biaya tambahan mungkin akan muncul, terutama jika Anda membawa kendaraan yang harus diturunkan di tempat parkir yang tersedia.

Tarif parkir relatif menguntungkan untuk kendaraan bermotor, Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 10.000. Keamanan kendaraan terjamin mengingat penjagaan ketat yang dilakukan. Dengan demikian, selama perjalanan, wisatawan bisa dengan tenang menitipkan kendaraan di gudang.

Namun perlu diketahui bahwa perubahan harga tiket dapat terjadi sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak terkait. Maka dari itu tidak salah jika anda menghubungi langsung sebelum mengunjungi destinasi air terjun cantik ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Tembok Batu

Aktivitas Wisata Air Terjun Tembok BatuKredit gambar: Google Maps Samuel ODH

1. Jelajahi kursus yang menantang

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Air Terjun Batudinding. Kegiatan menarik pertama bahkan didapat saat harus menelusuri perjalanan yang sulit menuju lokasi. Mendaki merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Berbagai jenis medan merupakan tantangan. Medan yang melintasi jalan setapak, tanjakan dan berada di tengah hutan pasti seru untuk dijelajahi. Pemandangan sekitarnya juga menawan sehingga wisatawan tidak bosan. Selain itu, sering muncul hewan-hewan menarik seperti monyet dan burung.

2. Bersantai sambil menikmati pemandangan

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar sepenuhnya dengan keindahan alam yang ditawarkannya. Air terjun ini terlihat cantik dengan tujuh tingkatan di setiap celah batu. Anda dapat menjelajahi semua level yang indah. Tentu saja, dibutuhkan perjalanan yang menanjak untuk melakukan itu.

Jangan lupa untuk bersantai sejenak sesampainya di Air Terjun Tembok Batu. Lihat air terjun yang indah ini. di celah-celah bebatuan dan pemandangan alam yang masih terjaga jelas begitu menyejukkan. Banyaknya pohon-pohon tinggi menambah angin sepoi-sepoi yang Anda alami. Tak ayal destinasinya begitu sejuk dan menyegarkan.

3. Bermain air atau berenang

Tak puas hanya melihat keindahannya, Anda juga bisa memilih bermain air atau berenang. Kegiatan ini merupakan kegiatan favorit pengunjung. Ditambah lagi, airnya sangat jernih dan tenang sehingga aman untuk berenang. Jika suka tantangan, pengunjung bisa mencoba lompat tebing dari ketinggian.

Melompat dari ketinggian memang menyenangkan. Tetapi hanya jika Anda bisa berenang dengan baik. Dipercaya kedalaman air terjunnya sendiri mencapai 4 meter. Jika Anda benar-benar tidak bisa berenang, Anda tidak perlu memaksakannya. Toh, bermain air di pinggir pantai sangat nyaman.

4. Kamp

Air Terjun BatuWall berada di tengah hutan alami. Nah, dari situ piknik di destinasi cantik ini menjadi keseruan tersendiri. Memilih tempat perkemahan adalah keputusan yang tepat untuk berlama-lama di wisata alam. Jika tertarik, jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan yang lengkap, seperti tenda dan kebutuhan makan.

5. Perburuan Foto yang Menarik

Berada di tempat yang indah belum lengkap rasanya jika belum diabadikan dalam sebuah foto. Selain itu, ada berbagai pilihan spot foto yang memanjakan mata. Pengunjung akan senang dengan hasil jepretan yang memiliki nuansa natural pada backgroundnya. Momen liburan akan semakin dikenang.

6. Meditasi

Kegiatan meditasi sering dipilih sebagai obat penenang untuk menghilangkan rasa lelah. Keberhasilan meditasi juga dipengaruhi oleh tempat Anda berada. Di tengah hutan alam dengan gemercik air akan menjadi lokasi yang sempurna. Pengunjung tinggal mencari tempat duduk lalu bermeditasi.

7. Tangkap ikan atau udang

Air Terjun Tembok Batu dikenal memiliki air yang jernih. Di tengah kedalaman 4 meter, tampak berbagai jenis ikan atau udang yang bisa ditangkap pengunjung. Kegiatan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan. Jika Anda cukup beruntung mendapatkan hasil, Anda juga bisa membakarnya di sekitar tempat tujuan untuk mengisi perut Anda.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Sarana Wisata Air Terjun Tembok BatuKredit gambar: Google Maps Yusuf Zakir

Berbagai aktivitas memang menarik untuk dilakukan selama berkunjung ke objek wisata alam ini. Sayangnya, Air Terjun BatuWall masih belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pengelola yang masih bergantung pada warga sekitar juga masih merasa kekurangan fasilitas.

Jika pengunjung membutuhkan fasilitas seperti toilet atau kamar mandi, fasilitas tersebut hanya dapat ditemukan di bangunan lokal. Minimnya warung makan terdekat juga menjadi kendala. Oleh karena itu, pastikan wisatawan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup saat tiba di tempat tujuan. Begitu juga dengan perlengkapan camping jika ingin bermalam di tempat tujuan.

Berbagai jenis instalasi terlihat alami di air terjun ini. Misalnya dengan tersedianya spot foto dan bumi perkemahan. Untuk mengisi perut pun jika tidak membawa bekal harus mengandalkan ilmu. Seperti menangkap ikan atau udang lalu membakarnya untuk mengisi perut.

Berikut beberapa informasi mengenai atraksi, fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Batudinding, Kampar. Mengingat destinasinya berada di tengah hutan, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Pikiran dan tenaga harus disiapkan untuk melihat pemandangan yang luar biasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button