Masjid Raya Baiturrahman memperkaya destinasi wisata religi di Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Masjid Raya Baiturrahman memperkaya destinasi wisata religi di Semarang

Masjid Raya Baiturrahman memperkaya destinasi wisata religi di Semarang

Masjid Raya Baiturrahman Semarang semakin nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Khazanah destinasi wisata religi di ibu kota Jawa Tengah kini semakin bertambah dengan selesainya renovasi Masjid Raya Baiturrahman (MBR) Semarang di kawasan Simpanglima, Kota Semarang.

Selain terlihat lebih cantik dan megah, masjid yang terletak di tengah keramaian Kota Semarang ini juga semakin nyaman dan bisa ditempatkan bersebelahan dengan Masjid Raya (MAJT) Jawa Tengah dan Masjid Raya Semarang (MAS) atau menjadi salah satu tujuan wisata religi adalah Masjid Kauman Semarang.

Wakil Gubernur (Wagub) Jateng Taj Yasin Maimoen mengatakan Masjid Raya Baiturrahman Semarang semakin nyaman dan menarik baik sebagai tempat ibadah maupun tujuan wisata religi. “Sekarang masjid ini semakin cantik dan tertata, termasuk adanya taman dan air mancur,” ujarnya saat menghadiri acara Dies Natalis ke-48 Masjid Raya Baiturrahman di Simpanglima, Semarang, Selasa (10/1/2023).

Sebelumnya, situs tersebut merupakan area publik yang diubah menjadi tempat parkir. Kemudian dikembalikan sebagai ruang publik yang lebih nyaman dan menjadi salah satu tempat favorit warga.

Sehingga kini masyarakat yang berkunjung ke Simpanglima tidak lagi berpikir untuk pergi ke Mesjid Raya Baiturrahman hanya untuk mencari tempat parkir, melainkan dapat menguatkan iman dan berwisata menikmati suasana kota. “Jadi sekarang ini bisa menjadi suatu kehormatan dan harapannya anak-anak lebih mendapatkan keceriaan bermain dan melihat keindahan masjid. Alhamdulillah ada edukasi untuk ibadah dan kemakmuran masjid ini,” ujarnya.

Selain itu, selain menyelenggarakan ibadah sholat, Masjid Raya Baiturrahman juga menawarkan berbagai kegiatan keagamaan seperti; B. pengajian rutin, prodi dan pembukaan stand Al-Qur’an On The Street Hari tanpa kendaraan bermotordll. “Tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada kegiatan lain seperti pengajian di taman sebelah air mancur, agar peserta lebih senang menyerap ilmunya,” ujarnya.

Keberadaan Masjid Raya Baiturrahman di depan Lapangan Pancasila juga menjadi salah satu masjid yang dibanggakan masyarakat Jawa Tengah. Keberadaan MAJT, Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Raya Semarang merupakan simbol keagamaan milik Jawa Tengah dan patut disyukuri.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik renovasi dan pemugaran Masjid Raya Baiturrahman yang diresmikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada September 2022. “Karena masjid ini merupakan cagar budaya yang perlu dilindungi,” ujar Taj Jasin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button