Pantai Mangunharjo, Wisata Laut Gratis di Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Pantai Mangunharjo, Wisata Laut Gratis di Semarang

Pantai Mangunharjo merupakan destinasi wisata gratis di Semarang yang masih jarang dikunjungi. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini.

Di awal tahun 2022, Pantai Mangunharjo mulai berbenah, diantaranya penanaman banyak pohon bakau dan beberapa spot foto keren.

Pantai MangunharjoPantai Mangunharjo. Google Maps. Sumber: Fransisca Emilia

lihat juga: Taman Gajah Batu

Pantai Mangunharjo memang sangat rawan terhadap abrasi air laut. FYI Abrasi adalah pengikisan daratan oleh gelombang dan arus laut, yang mengakibatkan berkurangnya lebar pantai.

Berikut ulasan Pantai Mangunharjo Tugu Semarang sebagai referensi wisata bagi anda yang sedang mencari wisata murah namun indah.

Lokasi Pantai Mangunharjo

  • Alamat Pantai Mangunharjo terletak di Dusun Merbuh, Mangunharjo, Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, Semarang, Jawa Tengah.
  • Lokasi tidak jauh dari Kebun Binatang Semarang

Jika Anda ingin berkendara ke Pantai Mangunharjo dari pusat kota Semarang, Anda perlu mengambil jalur Tol Semarang – Batang dilanjutkan dengan berkendara ke Jl. Kyai Gilang.

Jika Anda hanya berjarak sekitar 14 menit dari Kebun Binatang Semarang dengan berbelok ke kanan menuju Jl. Taman Margasatwa Semarang kemudian berbelok ke kiri di dekat Pasar Mangkang. Selanjutnya tinggal berjalan menyusuri jalan beton lalu mencari tempat parkir yang disediakan.

Setelah memarkir kendaraan, terus berjalan menyusuri jalan beton hingga menemukan tempat wisata yang diinginkan.

jalan menuju pantaijalan menuju pantai. Google Maps. Sumber: adel_N

lihat juga: pantai marina

Jam Buka Pantai Mangunharjo

Jam buka Pantai Mangunharjo adalah 7 hari seminggu, 24 jam sehari.

Tiket Masuk Pantai Mangunharjo

Tiket masuk ke Pantai Mangunharjo gratis, Anda hanya perlu membayar parkir.

Fasilitas pantai Mangunharjo

Fasilitas umum di kawasan Pantai Mangunharjo antara lain:

  • parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • stand makanan dan minuman,
  • sewa ban,

dinaungi oleh mangrovedinaungi oleh mangrove. Google Maps. Sumber: Ngepost Fishing

lihat juga: taman air mancur

Tempat Wisata di Pantai Mangunharjo

1. Tempat memancing

Salah satu daya tarik Pantai Mangunharjo adalah spot mancingnya, dimana banyak pengunjung yang menunggu tepat di pinggir pantai agar kailnya dimakan ikan.

Spot favorit para pemancing adalah jalan beton yang mengarah ke ujung pantai, meski jalannya sudah rusak akibat hempasan ombak yang terus memecah.

Ada sungai di sebelah jalan beton, jadi jika dilihat dari atas dengan drone, warna alamnya benar-benar ajaib. Biru dari laut, coklat dari sungai dan hijau dari hutan mangrove.

Jika datang sore hari kondisi air laut akan tinggi dan lebih cepat tumpah ke jalan beton. Jadi kalau tidak mau basah-basahan, sebaiknya datang di pagi hari.

panorama matahariPemandangan panorama matahari. Google Maps. Sumber: Neny Ph

lihat juga: museum kereta api ambarawa

2. Panorama Pantai Mangunharjo

Penyembuhan Hulang di Pantai Mangunharjo paling enak dinikmati saat menikmati panorama matahari terutama sunset yang indah. Dengan duduk di pinggir pantai bersama sahabat atau pasangan.

Meski pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, namun keindahan pantainya membuatnya layak menjadi tujuan wisata di akhir pekan. Anak-anak juga bisa bermain air di pinggir pantai. Pasir pantai Mangunharjo juga tidak begitu luas, warnanya hitam-cokelat.

Orang tua yang menunggu anaknya bermain air bisa menggelar tikar di dekat deretan pohon bakau dan menikmati panorama pantai sambil menyaksikan asyiknya bermain.

Ada juga beberapa spot foto dengan kutipan lucu di depan Pantai Mangunharjo, dengan background langsung laut yang seolah tak berujung.

ayo main airayo main air Google Maps. Sumber: André Andang

lihat juga: sunrise hill bandung

Di sekitar pantai Mangunharjo juga banyak nelayan yang bekerja memilah hasil tangkapannya, mungkin bagi anda yang menyukai seafood bisa langsung membelinya untuk diolah di rumah.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button