Makam suci di Kabupaten Majalengka dihancurkan, batu nisan dipindahkan - WisataHits
Jawa Timur

Makam suci di Kabupaten Majalengka dihancurkan, batu nisan dipindahkan

Makam suci di Kabupaten Majalengka dihancurkan, batu nisan dipindahkan

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sebuah makam keramat di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dirusak, diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, batu nisan pun sudah berpindah.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi membenarkan kejadian tersebut melalui Kapolsek Maja Iptu Kenedy Joko Lelono. Menurut dia, kerusakan makam suci situs Dalem Lumaju baru terungkap pada Minggu, 15 Januari 2023.

iklan

Kapolres menjelaskan, perusakan makam suci situs Dalem Lumaju di Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka itu diketahui pertama kali oleh seorang juru kunci sekitar pukul 08.00 WIB.

“Jadi saksi yang sedang membersihkan makam suci situs Dalem Lumaju itu melihat pintu makam terbuka,” kata Iptu Kenedy Joko Lelono saat mengatakannya, Senin (16/1/2023).

Selain itu, saksi mata memeriksa kuburan tersebut. Ternyata kata Kapolres pintu utama ruang pemakaman itu rusak atau jebol.

Makam-kramat-2.jpg

“Saat dilakukan pemeriksaan makam induk, bentuk makam juga rusak. Bahkan batu nisan pun sudah bergeser,” kata Kapolres.

Saksi kemudian menyampaikan temuannya kepada Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Majalengka, lembaga yang menjaga dan memelihara situs budaya. Informasi ini kemudian dilaporkan ke polisi.

Kapolres menegaskan, polisi saat ini sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan telah meminta keterangan sejumlah saksi. Namun, pihaknya belum bisa memastikan motif para pelaku.

“Sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku perusakan makam keramat situs Dalem Lumaju. Mudah-mudahan kasus perbuatan tidak terpuji ini bisa segera terungkap,” ujarnya.

Makam Keramat Dalem Lumaju memiliki nilai budaya dan sakral

Seperti diketahui, situs Dalem Lumaju sendiri dikenal dengan nama Santoan Luar Singandharu atau Pangeran Singalodra alias Putra Puspawangi Ranggamantri, cucu dari Munding Suria Ageung Gunung Wangi.

Makam Keramat Dalem Lumaju merupakan salah satu situs yang dilindungi oleh pemerintah kerajaan Majalengka. Selama ini menjadi aset daerah yang sangat berharga karena memiliki sejarah dan mitos yang sangat melegenda semasa hidupnya.

Menurut sejumlah warga, makam suci Dalem Lumaju ini sangat dihormati oleh masyarakat yang memiliki nilai budaya dan sakral, bahkan setiap bulan banyak peziarah yang datang setiap hari.

Tentunya dengan aksi vandalisme ini banyak pihak yang sedih dan tidak ikhlas, sehingga mereka meminta aparat terkait dan aparat penegak hukum untuk mengusut motif dibalik aksi vandalisme tersebut dan menuntut penangkapan mereka.

Warga Kabupaten Majalengka tentu menyayangkan makam keramat ini dihancurkan. Pemda dan aparat penegak hukum harus segera menangani dan menindaklanjuti masalah ini sebelum kejadian serupa terjadi dan merembet ke lokasi lain.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button