Mahasiswa UMM, Sinergi dan Edukasi Pengolahan Jeruk di Desa Wisata Selorejo, Malang – Kempalan.com - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa UMM, Sinergi dan Edukasi Pengolahan Jeruk di Desa Wisata Selorejo, Malang – Kempalan.com

KMPLAN MALANG: Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok Gelombang 9 ke-57 melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Selorejo, Dau, Malang. Kegiatan ini mengarah pada edukasi tentang pemanfaatan buah jeruk yang merupakan buah jeruk utama di desa Selorejo.

Tujuan penyuluhan tentang pengolahan buah jeruk adalah untuk mengembangkan manfaat buah jeruk itu sendiri, yang tidak hanya dimakan tetapi juga diolah menjadi makanan yang sehat dan enak, selain itu juga dapat diolah menjadi kerajinan.

Kegiatan ini berujung pada posyandu di Desa Selorejo yang dihadiri oleh beberapa ibu dan anak-anaknya. Selain itu juga menyasar SD Negeri 02 Selorejo.

BACA JUGA: Kampanye Perampasan Plastik, Salah Satu Langkah Pengurangan Sampah Plastik di Kabupaten dan Kota Malang

Pada kegiatan Posyandu, pengolahan buah jeruk dijadikan puding untuk dikonsumsi ibu hamil atau anak balita yang mengikuti kegiatan tersebut. Irisan jeruk dan jus jeruk yang ditambahkan ke dalam puding sangat bermanfaat bagi ibu hamil atau ibu menyusui untuk meningkatkan gizi baik bayi yang dikandungnya maupun balita yang menyusui.

Untuk sekolah dasar, pendidikan olahannya adalah melalui pembuatan lilin aromaterapi dengan menggunakan kulit jeruk sebagai wadahnya. Lilin tersebut digunakan sebagai penerang pada acara nonton bareng di Balai Dusun Selokerto. Selain sebagai sumber cahaya, lilin orange dapat mengusir nyamuk dan merilekskan tubuh karena aroma jeruk yang dihasilkannya.

Siswa SDN 02 Selorejo menonton film bersama. Area pandang dihiasi dengan lilin kulit jeruk buatan siswa SDN 02 Selorejo.

Arie Dwi Laksono, koordinator kelompok PMM, menegaskan buah jeruk kaya akan manfaat. Oleh karena itu, perlu menggunakan berbagai olahan buah jeruk. Kegiatan edukasi ini mendapat respon yang baik dari pihak terkait dengan melibatkan Posyandu dan siswa SDN 02 Selorejo.

BACA JUGA: Semangat! Ramadhan Untuk Bumi Kegiatan Kader Hijau Muhammadiyah di Kulonprogo

“Jeruk memang kaya akan manfaat, akan lebih baik lagi jika kita bisa menggunakan jeruk dengan berbagai ramuan yang menyehatkan. Selain itu, kegiatan ini sudah kami koordinasikan di Posyandu dengan pihak terkait untuk mengolah jeruk olahan menjadi puding, juga kami mengedukasi siswa SD dengan membuat kerajinan dari olahan kulit jeruk,” ungkapnya. (Bimantara Fathur Reza)

Editor: Ayah

Source: kempalan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button