Menparekraf akan memanggil Desa Wisata Baros di Kabupaten Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Menparekraf akan memanggil Desa Wisata Baros di Kabupaten Bandung

Menparekraf akan memanggil Desa Wisata Baros di Kabupaten Bandung

bandung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginginkan Desa Wisata Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung dikembangkan menjadi yang terbaik di Indonesia. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjadi.

“Tahun lalu, Desa Wisata Alamendah menjadi Desa Wisata Terbaik di Indonesia. Tahun ini kita kembangkan Desa Wisata Baros yang sudah dicanangkan sebelumnya,” kata Sandiaga kepada awak media di Desa Wisata Baros, Kecamatan Arjasari, Prefektur Bandung, Minggu (22/1/2023).

Sandiaga yakin desa wisata bisa menjadi peluang bisnis. Menurutnya, hal ini dapat meningkatkan kesempatan kerja.

“Komitmen kepala desa juga akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat yang ada di sini. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Karena sudah terbukti pariwisata dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah Kota Bandung saat ini fokus pada permasalahan yang dihadapi desa wisata. Selain itu, banyak potensi di daerah ini yang bisa dikembangkan.

“Saya melihat Kabupaten Bandung sangat serius dalam mengembangkan pariwisata ekonomi kreatif. Saya melihat potensinya luar biasa, karena keindahan destinasinya, produk industri kreatif sangat mendukung,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, desa wisata bisa menekan inflasi. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi desa liburan meningkat selama pandemi COVID-19.

“Ternyata desa wisata ini bangkit dan tumbuh 30 persen di tengah pandemi. Artinya, inilah yang disebut sebagai pemenang pandemi. Jadi karena resesi menjulang di luar negeri, bahkan jika itu terjadi hari ini saya laporkan 210 turis dari China mulai kembali ke Indonesia. Saya percaya kekuatan kita terletak pada pariwisata,” katanya.

Sandiaga menambahkan, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif akan terus melakukan revitalisasi destinasi pariwisata saat ini. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Dulu kita mengajarkan tentang kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan, kita harus mengolah sampah dengan baik. Kita juga perlu menyiapkan para pemain muda agar nantinya destinasi wisata unggulan seperti kabupaten Bandung bisa menjadi panutan, panutan. “Itu bisa menginspirasi banyak kabupaten dan desa liburan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengumumkan sedang membangun ratusan desa wisata di kawasan Kabupaten Bandung. Ia berharap Sandiaga Uno mendukung hal ini secara langsung.

“Alhamdulillah atas dukungan Pak Menteri, Pemkot Bandung akan membangun 100 desa wisata. Mohon dukungan Pak Menteri agar kita sama-sama bisa membuat kemajuan untuk Pemkot Bandung,” pungkasnya.

Simak video “Sandiaga Jamin KUHP AS Tidak Akan Merugikan Investasi”
[Gambas:Video 20detik]
(tya/tey)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button