Longsor di Gunungkidul, puluhan keluarga harus jalan memutar, perbukitan terjal jadi ancaman - WisataHits
Yogyakarta

Longsor di Gunungkidul, puluhan keluarga harus jalan memutar, perbukitan terjal jadi ancaman

YOGYAKARTA, KOMPAS.com– Longsor di perbukitan Sukosari, Ngrandu Padukuhan, Kecamatan Katongan, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DI Yogyakarta memutus akses utama menuju kota bagi puluhan keluarga. Warga setempat harus memutar sekitar 5 kilometer.

“Longsor Bukit Sukosari terjadi pada pukul 06.00 WIB,” kata Ketua RT 09 Ngrandu Poniran yang ditemui di lokasi longsor, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Jalan Yogyakarta-Wonosari yang diperbaiki diperbaiki dua arah

Ia mengatakan, jalan ini berstatus jalan kecamatan yang menghubungkan kecamatan Pilangrejo dan Katongan. Di sisi lain area longsor terdapat 10 kepala keluarga dan di Pilangrejo terdapat dua RT.

“Itu pendekatan terbaik. Anda dapat memutar kembali, tetapi curam dan cukup berjalan kaki ke jalan utama. Kalau lewat sini bisa memperpendek jarak sekitar lima kilometer,” ujarnya.

Baca Juga: Rute wisata di Lembang kembali normal pasca longsor

Poniran mengatakan, pihaknya melakukan kerja bakti bersama warga untuk menebang pohon yang bengkok dan membuat akses jalan sementara.

Menurut pantauan di lokasi, jalan seadanya itu lebarnya hanya sekitar 50 sentimeter dan terdapat jurang di sisi selatan.

“Dulu pamong praja membuat jalan seadanya untuk dilalui orang kalau bisa pakai sepeda motor. Tapi kalau punya motor harus berani,” kata Poniran.

Poniran khawatir akan terjadi longsor lagi karena tanah di Perbukitan Sukosari retak sepanjang sekitar 30 meter.

“Masih ada retakan di bagian atas, mudah-mudahan aman,” ujarnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button