Lokasi, rute, harga tiket dan atraksi - WisataHits
Jawa Barat

Lokasi, rute, harga tiket dan atraksi

Lokasi, rute, harga tiket dan atraksi

Bagi kamu yang berasal dari luar Garut atau Bandung, mungkin belum familiar dengan pantai-pantai yang ada di Garut ya? Pantai Manalusu atau Pantai Taman Manalusu cukup populer di kalangan wisatawan lokal, meski tidak terlalu ramai.

Padahal, keindahan Pantai Manalusu yang sebagian tertutup pasir putih dan karang rumput laut ini sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasi sangat bagus dan cukup tenang, cocok untuk itu obat sebentar. Jika tertarik untuk berkunjung, simak dulu yuk informasi lokasi, harga tiket, hingga tips wisata Pantai Manalusu berikut ini.

1. Lokasi, jam buka, dan harga tiket

Pantai Manalusu: lokasi, rute, harga tiket dan atraksiPantai Manalusu (google.com/maps/Febbyolla Awalliah Berliana)

Pantai Taman Manalusu terletak di Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Pantai Santolo, perjalanan hanya memakan waktu 18 menit.

Anda bisa menghabiskan waktu sepuasnya di Pantai Taman Manalusu yang buka 24 jam setiap hari. Asyiknya lagi, Anda tidak perlu menyiapkannya anggaran bagus untuk perjalanan ke pantai eksotis yang satu itu. Karena tarif masuk ke Pantai Taman Manalusu hanya Rp 5.000 dengan biaya parkir Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Cocok banget kan untuk wisata murah saat berada di Garut.

2. Rute Menuju Pantai Manalusu

Pantai Manalusu: lokasi, rute, harga tiket dan atraksiPantai Manalusu (google.com/maps/Asep Aziz)

Berkendara ke Pantai Manalusu dari pusat kota Garut dengan kendaraan pribadi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam 15 menit. Perjalanannya mungkin cukup jauh, namun begitu sampai di tempat tersebut, rasa lelah Anda akan tergantikan dengan kemeriahan pesona pantainya.

Jika Anda datang dari Jakarta, ada dua pilihan rute yang paling umum. Yang pertama jalur Jalan Raya Garut-Cikajang, kemudian jalur Jalan Raya Simpang-Samarang.

Baca Juga: 9 Potret Situ Bagendit, Danau Modern di Kabupaten Garut

3. Daya pikat Pantai Manalusu

Pantai Manalusu: lokasi, rute, harga tiket dan atraksiPantai Manalusu (google.com/maps/Febbyolla Awalliah Berliana)

Hal yang menarik dari Pantai Manalusu adalah kebersihan dan keindahannya yang masih terjaga karena belum banyak dijamah manusia. Airnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat bebatuan di dasarnya. Dengan rumput laut yang tumbuh di sepanjang pantai hingga kedalaman tertentu.

Kekayaan laut di Pantai Manalusu juga sangat beragam lho. Salah satu yang paling menarik adalah spons. Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan hias yang bersembunyi di tepi karang di sepanjang pantai. Tidak heran itu disebut taman pantai.

Dari segi fasilitas cukup lengkap mulai dari toilet, parkir, tempat hiburan dan diakhiri dengan warung kuliner. Namun, masih perlu perhatian lebih dari pemerintah daerah untuk dikelola secara serius agar menjadi potensi wisata unggulan.

4. Aktivitas seru saat liburan pantai Manalusu

Pantai Manalusu: lokasi, rute, harga tiket dan atraksiPantai Manalusu (google.com/maps/Febbyolla Awalliah Berliana)

Pantai Manalusu kerap menjadi tujuan wisata alternatif bagi mereka yang ingin lepas sejenak dari hiruk pikuk kota. Begitu sampai di pantai, jangan hanya duduk dan menikmati ombak yang tenang. Cobalah bermain di pasir putih dan basahi air laut yang segar.

Wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan dan berlayar bersama di sepanjang laut. Juga diperbolehkan memancing dari terumbu karang di sekitarnya.

Kemudian yang terpenting saat liburan juga tidak boleh terlewatkan disini. Ya, berfoto dengan latar belakang lautan biru dan bebatuan Pantai Manalusu yang menakjubkan.

5. Tips perjalanan yang perlu diperhatikan

Pantai Manalusu: lokasi, rute, harga tiket dan atraksiPantai Manalusu (google.com/maps/nova maulidian)

Agar liburan di Pantai Manalusu tidak membosankan, piknik kecil bisa menjadi ide yang menyenangkan untuk dicoba. Pantainya ditumbuhi banyak pohon rindang, yang juga dilengkapi dengan bangku kayu.

jika ingin berburu matahari terbit atau matahari terbenam, pastikan kamera memiliki cukup memori dan terisi penuh. Karena panoramanya sangat memanjakan mata!

Dengan segala pesonanya yang menawan, Pantai Manalusu sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Garut. Jadi kapan mau explorenya, ya?

Baca Juga: 10 Keindahan Pantai Nihiwatu yang Menawan, Dijuluki Pantai Terbaik di Asia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button