Liburan ala Bali di Sentul, foto bisa serasa Pura Lempuyang - WisataHits
Jawa Barat

Liburan ala Bali di Sentul, foto bisa serasa Pura Lempuyang

Liburan ala Bali di Sentul, foto bisa serasa Pura Lempuyang

Bogor

Kangen Bali tapi budget terbatas? Anda bisa langsung berakselerasi ke Sentul, Bogor. Ada Manapa Kirana Resort yang menawarkan restoran dan resort yang menyerupai Pulau Dewata.

Mandapa Kirana Resort menjadi salah satu destinasi wisata yang viral di Sentul. Tempat ini viral karena menampilkan fasilitas dan desain bangunan ala Bali.

Pemilik Resor Mandapa Kirana, Mendy Angelo mengatakan, destinasi wisata ini hanya seumur jagung. Restoran ini dibangun lebih awal, yang kini telah mencapai usia 3 tahun. Sedangkan vila baru akan dibuka akhir tahun ini.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Konsep Bali sengaja dipilih untuk memenuhi keinginan wisatawan Jabodetabek untuk menikmati Bali tanpa harus terbang jauh-jauh ke sana. Menurutnya, kawasan Sentul juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan Bali.

Resor Mandapa Kirana di SentulResor Mandapa Kirana di Sentul. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Mendy juga mengatakan, inspirasi utama pembangunan resort ini berasal dari Pura Lempuyang di Kabupaten Karangasem, Bali. Bahkan, pura ini sering dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang Gunung Lempuyang. Hal ini memunculkan ide untuk membuat naungan serupa di Sentul.

“Selama pandemi, sulit bagi orang untuk keluar. Akhirnya waktu saya ke Bali dan ada viral namanya Pura Lempuyang, kami kira di Jakarta tidak ada. Akhirnya, di sini kami telah membangun konsep Bali. Jadi kita punya pura dengan latar Gunung Pancar, kata Mendy detikcomKamis (29/12/2022).

“Konsepnya kita bawa ke sini supaya masyarakat yang mau ke Bali gampang, hanya beberapa jam dari Jakarta dan Bandung, tidak perlu beli tiket pesawat dan lain sebagainya,” ujarnya.

Resor Mandapa Kirana di SentulPemilik Mandapa Kirana Resort Mendy Angelo. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Inspirasi Pura Lempuyang diwujudkan dalam pembangunan Gerbang Candi Bentar di Mandapa Kirana yang mencontoh Pura Lempuyang. Mendy menjelaskan, pembangunan ini dilakukan langsung dengan sumber bahan bangunan dan pengrajin dari Bali. Pembangunnya juga tidak sembarangan.

“Yang membangun pura juga orang lokal Bali. Saat membangun pura menggunakan syarat menghitung tanggal lahir, ada juga izin. Tingginya dihitung, semua (syarat terpenuhi)” ujarnya.

Di pintu gerbang, pengunjung bebas berfoto menggunakan pantulan air dari kolam di bawah. Ini juga menjadi spot foto wajib saat berkunjung ke Mandapa Kirana Resort.

Resor Mandapa Kirana di SentulFoto Pura Lempuyang di Mandapa Kirana Resort. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati masakan khas Indonesia dan internasional di restoran yang telah disediakan. Kapasitas Restoran Mandapa Kirana bisa mencapai 300 orang yang tersebar di beberapa tempat seperti Uluwatu yang memiliki ruangan bergaya tradisional dan lounge bergaya Barat.

Karena bernuansa Bali, pengunjung harus menikmati makanan khas Bali. Mandapa Kirana menawarkan menu nasi mandapa campur yang terdiri dari sate khas Bali, udang goreng, ayam kampung, telur rebus, sambal daun jeruk, bumbu sayur, teri kacang, kerupuk kacang dan nasi putih.

Jika ingin menikmati makanan khas sunda, ada juga Desa Liwetan Mandapa. Ada juga menu western seperti steak fillet, dada ayam panggang, dan salmon panggang.

Ada juga aneka jajanan seperti ubi goreng hingga roti tuna. Harga sembako di sana berkisar Rp 50.000 hingga Rp 180.000.

Untuk minumannya ada berbagai fresh juice, mojitos dan milkshake. Harga minuman mulai dari Rp 20.000 – Rp 45.000.

Resor Mandapa Kirana di SentulNasi Campur Bali di Mandapa Kirana Resort. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Mandapa Kirana Resort juga menawarkan villa dengan view langsung Gunung Pancar. Ada 11 vila dengan tempat tidur king, kamar mandi, TV, dan jacuzzi pribadi.

Dengan membayar Rp 2 juta – Rp 2,5 juta per malam, para tamu dapat menikmati suasana menginap di rumah tradisional, dengan sarapan yang disajikan baik di restoran maupun di kolam renang. Ada juga kesempatan trekking ke air terjun.

Mandapa Kirana Resort buka setiap hari mulai pukul 09:00 – 21:00 WIB. Untuk masuk ke sini, pengunjung harus membayar tiket Rp 50.000, yang bisa ditukar dengan 1 minuman atau dikumpulkan dengan diskon makan.

Simak video “Hanya 1 jam dari Jakarta, kini Anda bisa menikmati indahnya Bali di Sentul”.
[Gambas:Video 20detik]
(pin/soket)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button