Libur Tahun Baru di Geopark Ciletuh, Nikmati 13 Air Terjun Hingga Penerbangan 2.500 Lampion: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Libur Tahun Baru di Geopark Ciletuh, Nikmati 13 Air Terjun Hingga Penerbangan 2.500 Lampion: Okezone Travel

GEOPARK Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Menjelang pergantian tahun 2022/2023 akan ada atraksi terbang dengan 2.500 lampion di Geopark Ciletuh.

Ini merupakan bagian dari acara Spektakuler Ciletuh Geopark 2022 yang akan diselenggarakan di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Fitur Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh merupakan kawasan yang terdapat gugusan batuan tertua di Pulau Jawa. Keberadaan taman bumi (Geopark) menjadikan kawasan ini sangat unik dan langka secara geologis.

BACA JUGA:4 Pantai Geopark Ciletuh yang wajib dikunjungi, pesonanya bak surga dunia

Kontur jalan yang naik turun, berkelok-kelok dan cukup menantang membuat waktu tempuh dari Kota Sukabumi menuju Ciletuh hanya sekitar 6 hingga 7 jam saja. Namun, perjalanan panjang tersebut akan terbayar lunas ketika kita sampai dan melihat keindahan alam daerah tersebut.

ilustrasi

Geopark Ciletuh

Geopark Global UNESCO

Ciletuh merupakan bukti paling awal terbentuknya Pulau Jawa, karena di sinilah akumulasi lempeng samudera dan benua terbentuk 60 juta tahun lalu.

Pasalnya, Ciletuh memiliki peninggalan geologis. Dilihat dari kandungan fosilnya, batuan di tepian pantai Ciletuh diduga berasal dari dasar laut yang terangkat.

BACA JUGA:Geopark Ciletuh yang indah Tidak Ada obatnya, kang Emil optimistis wisata sukabumi go global

Gugusan lempeng samudra itu terus berproses hingga muncul ke permukaan dan menjadi pulau Jawa. Untuk itu, UNESCO mengakui Ciletuh sebagai UNESCO Global Geopark.

Selain itu, kawasan Ciletuh juga memiliki keanekaragaman kondisi geologis (geodiversity), keanekaragaman hayati atau makhluk hidup (biodiversity) dan keanekaragaman budaya (cultural diversity).

Selain itu kawasan Ciletuh juga memiliki keunikan fenomena alam yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Hal-hal tersebut pula yang menjadikan kawasan Ciletuh sebagai UNESCO Global Geopark.

13 air terjun

Di kawasan Geopark Ciletuh, terdapat sekitar 13 air terjun yang bisa dinikmati wisatawan, di antaranya Curug Awang dan goa yang banyak ditumbuhi burung walet. Air terjun ini memiliki tinggi 40 meter dan lebar sekitar 60 meter yang mirip dengan Niagara.

Ada juga Air Terjun Tengah yang memiliki ketinggian 5 meter dengan dua air terjun pendek, serta Air Terjun Puncakmanik yang memiliki ketinggian 100 meter.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Puncak Darma. Dari puncak puncak ini kita bisa melihat garis besar keseluruhan Pantai Palangpang yang berbentuk seperti tapal kuda.

Anda juga dapat menikmati amfiteater alam Ciletuh yang sangat besar yang dapat dilihat secara utuh dari tebing Panenjoan. Tebing setengah lingkaran yang menghadap Laut Selatan itu seolah melindungi persawahan, bukit, dan perkampungan penduduk di bawahnya. Gardu pandang ini terletak di pinggir jalan, di desa Taman Jaya, di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut.

Daftar event spektakuler di Geopark Ciletuh 2022

Sebagai informasi, tidak hanya penerbangan ribuan lampion, pada malam tahun baru di Ciletuh juga digelar berbagai kegiatan seni, budaya, olahraga, dan sosial yang akan memeriahkan acara tersebut. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 31 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Angkasa Band dan Ombak Reggae serta band pendukung lainnya di malam pergantian tahun. Akan ada juga penampilan Mercy Malay Orchestra yang akan menghebohkan pengunjung di awal tahun 2023.

ilustrasi

Selain itu, berbagai kegiatan budaya dan olahraga seperti Fun Color, Jalan Bersama Bupati Sukabumi, Senam Gurilaps (Hutan Pegunungan, Laut, Pantai dan Sungai), Lomba Tradisional dan Pagelaran Bebeguan.

Kegiatan sosial juga dilakukan selama acara berlangsung, seperti penggalangan dana untuk korban gempa Cianjur dan bersih pantai.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, Pemkab Sukabumi akan mendorong kegiatan-kegiatan yang memiliki potensi budaya untuk menciptakan kreasi-kreasi yang terencana membangkitkan semangat dan menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan ditampilkan kepada masyarakat.

“Tujuan kedua adalah bagaimana mempromosikan potensi daerah di selatan Sukabumi, mulai dari aspek pertanian, perikanan dan semuanya. Jadi kami menghimbau untuk memberikan ruang karena pelaksanaan kegiatan tahun lalu (Geopark Ciletuh Spectacular) juga sukses,” kata Marwan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button