Wisata Taman Bunga Nusantara, tempat rekreasi dan spot foto menarik - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Taman Bunga Nusantara, tempat rekreasi dan spot foto menarik

PeekLifestyle Celebrities – Siapa sangka ada tempat rekreasi menarik di dekat Jakarta? Salah satunya adalah Taman Bunga Nusantara yang menjadi destinasi wisata menarik.

Objek wisata Taman Bunga Nusantara terletak di daerah Cianjur. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis bunga dari berbagai negara.

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga terbesar di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Taman ini memiliki luas 35 hektar dan dibagi menjadi beberapa bagian taman.

Selain itu, di area taman Anda akan menemukan beberapa tanaman yang dibangun dengan tema berbeda. Diketahui, taman ini menanam total 35 ladang bunga.

Kemudian di taman tersebut juga terdapat lahan seluas sekitar 7 hektar yang didesain sebagai tempat bermain anak-anak bernama Imagination Realm. Bahkan lahan seluas 2 hektar lainnya digunakan sebagai pembibitan dan sisanya dibangun untuk akomodasi, restoran, dan ruang pertemuan.

Lalu apa saja fasilitas dan juga spot foto atau wahana rekomendasi yang bisa kamu kunjungi di Taman Bunga Nusantara? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Taman bunga Nusantara

Pinterest

Foto: Pinterest

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga seluas 35 hektar. Taman ini terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, sekitar 2,5-3 jam perjalanan dari Jakarta, tepatnya antara dua desa yaitu Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur dengan Sukawangi, Sukamakmur dan Jonggol.

Taman yang indah menampung berbagai jenis bunga dari seluruh dunia yang tumbuh di tempat ini, salah satunya adalah tempat budidaya anggrek. Diperkirakan sekitar 2000 spesies anggrek dirawat di tempat ini.

Diketahui, Taman Bunga Nusantara mulai dibangun pada tahap awal pada 1992-1993. Tujuan utama pengembangan Taman Bunga Nusantara adalah menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset pariwisata berbasis agrowisata nasional di tingkat internasional.

Kemudian, pada 10 September 1995, Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Tien Suharto. Sejak itu, Taman Bunga Nusantara menjadi tempat populer bagi pecinta bunga.

Di taman ini Anda akan menemukan objek utama, yaitu hamparan bunga berwarna-warni. Daya tarik lain dari taman bunga ini adalah keunikan bangunan dan penataannya yang bisa Anda nikmati, selain itu terdapat berbagai jenis taman tergantung dari jenis bunganya.

Sejarah taman bunga nusantara

Pinterest

Foto: Pinterest

Taman Bunga Nusantara bukanlah objek wisata baru di Jakarta, sehingga taman ini merupakan taman tertua di Indonesia. Taman Bunga Nusantara dibangun sekitar tahun 1992 diawali dengan terpilihnya Ibu Dani Bustanil Arifin sebagai Ketua Yayasan Bunga.

Selaku Ketua Yayasan Bunga, Ibu Dani kemudian menjadi orang yang memprakarsai berdirinya Taman Bunga Nusantara. Kemudian, selain sebagai tempat rekreasi, taman ini juga merupakan kawasan agrowisata di Jakarta.

Setelah melalui proses pembangunan sekitar tiga tahun, taman bunga ini akhirnya dibuka untuk umum dan diresmikan pada tahun 1995. Taman bunga ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Presiden Soeharto.

Sejak diresmikan, Taman Bunga Nusantara langsung menjelma menjadi taman bunga yang tak pernah sepi pengunjung. Selain itu, Taman Bunga Nusantara tidak pernah berubah sampai sekarang, selalu ramai pengunjung, dan menjadi tempat wisata populer di Jakarta, Pulau Jawa, dan juga di Indonesia bagi pecinta bunga.

Daya tarik wisata taman ini adalah pajangan bunga yang ditata secara unik, menarik dan tentunya indah, sehingga pengunjung tidak pernah bosan melihat berbagai bunga yang ditawarkan, karena taman ini memiliki area yang luas dan jenisnya juga beragam. bunga.

Tiket masuk Taman Bunga Nusantara

Jika ingin berkunjung ke taman ini, tiket masuk ke area taman ini seharga Rp 40.000,00 per orang. Jika Anda membeli tiket ini, Anda bisa berkeliling taman bunga sepuasnya.

Sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp1.000,00 sedangkan mobil harus membayar sebesar Rp15.000.000,00.

Namun, jika Anda mengunjungi tur rombongan dengan bus, biaya parkirnya bisa mencapai Rp25.000,00 untuk bus besar dan Rp20.000,00 untuk bus mini.

Semua biaya taman dan tiket masuk tidak termasuk penggunaan wahana di dalam. Karena di taman ini terdapat wahana yang berbeda-beda dan setiap wahana memiliki harga yang berbeda-beda.

Biaya masuk untuk setiap wahana bervariasi tergantung jenisnya, dengan harga berkisar antara Rp 1.000.000,00 hingga Rp 50.000.000,00.

Jika melihat lokasinya yang strategis dekat dengan kota Jakarta, harga tiket masuk dan parkir cukup terjangkau. Selain itu, kamu bisa jalan-jalan sepuasnya di taman ini, jadi dijamin nggak akan bosan.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Lokasi Taman Nusantara berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lebih tepatnya terletak di Jalan Mariwati, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi.

Lokasi taman ini sangat mudah ditemukan karena tidak masuk ke pelosok desa. Selain itu, tempat ini juga dapat dicapai dengan kendaraan roda dua pribadi, roda empat atau dengan kendaraan umum.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Jika Anda bepergian dari arah Jakarta, tempat wisata ini lebih mudah diakses melalui Jalur Puncak. Saat Anda melewati jalan ini, Anda akan menemukan banyak plakat yang menunjukkan lokasi wisata Taman Nusantara.

Begitu sampai di Puncak, Anda hanya perlu berjalan beberapa kilometer lagi untuk sampai ke lokasi Taman Bunga Nusantara.

Setelah melewati turunan Ciloto di jalur Puncak, Anda akan menemukan panel besar yang menunjukkan arah ke Taman Bunga Nusantara. Jadi Anda tinggal mengikuti petunjuk di papan tulis dan sampai ke tempat itu.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Instagram/tamanbunganusantara

Foto: Instagram/tamanbunganusantara

Taman Bunga Nusantara memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas dan wahana di Taman Nusantara ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Penasaran apa saja fasilitasnya? Yuk cek daftar lengkapnya di bawah ini!

  1. area parkir
  2. tempat beribadah
  3. Toilet
  4. poliklinik
  5. gedung Serbaguna
  6. paviliun
  7. kafe dan restoran
  8. area perkemahan
  9. pertukaran bunga
  10. Kereta Dotta untuk menjelajahi taman dengan biaya Rp. 50.000
  11. Garden Tram juga diatur untuk mengelilingi taman dengan biaya Rp. 50.000
  12. Mobil wara wiri untuk mengelilingi taman dilengkapi dengan panduan informatif dari rekaman suara di dalam mobil. Anda bisa mengendarainya dengan biaya Rp. 4000

Wahana di Taman Bunga Nusantara

Pinterest

Foto: Pinterest

Taman bunga ini menawarkan berbagai macam wahana. Karena biaya masuknya tidak mahal dan tergantung jenis bunganya.

Berikut beberapa wahana menarik yang bisa Anda kunjungi di dalamnya. mari kita lihat lebih lanjut!

1. Taman Jepang

Taman Jepang adalah salah satu wahana paling populer bagi pengunjung. Oleh karena itu, taman ini didesain menyerupai suasana Jepang yang sebenarnya.

Selain itu, ada juga berbagai jenis bunga dari Jepang di taman Jepang ini. Ada berbagai jenis tanaman bonsai di taman ini, lengkap dengan jembatan kayu khas Jepang.

2. Taman Air Dinosaurus

Taman air ini merupakan tempat yang cukup banyak dikunjungi oleh pengunjung. Karena lokasinya yang unik, taman ini juga memiliki banyak atraksi.

Taman ini banyak dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak. Karena patung dinosaurus ini sangat menarik perhatian anak-anak dan orang dewasa sebagai spot foto.

3. Taman Air

Di taman ini ternyata terdapat berbagai jenis tumbuhan air dari berbagai negara. Jika Anda berkunjung ke taman ini, Anda akan terpesona dengan tumbuhan air yang ada di sini.

Di sini Anda akan menemukan teratai raksasa berupa nampan besar yang mengapung di atas air taman. Juga akan ada tanaman papirus Cybera, yang dulunya merupakan bahan baku yang digunakan orang Mesir kuno untuk membuat kertas.

Bagaimana menarik bukan? Karena di taman ini Anda akan menemukan banyak wahana menarik lainnya. (ke-kanan)

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button