Pengembangan destinasi wisata alam berbasis kearifan lokal menjadi perhatian provinsi - WisataHits
Jawa Barat

Pengembangan destinasi wisata alam berbasis kearifan lokal menjadi perhatian provinsi

Sabtu 5 November 2022 | 14:43 WIB

| penulis:

Buku Catatan: Kuznadi

Palangka Raya, InfoPublik – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari mengunjungi Dermaga Kereng Bangkirai di Kota Palangka Raya pada Kamis (11/3/2022).

Kunjungan tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka, Iin Hendrayati Idris.

Kepala Daerah Provinsi (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari mengatakan, kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut arahan Gubernur Kalteng terkait pengembangan destinasi wisata alam berbasis kearifan lokal dan pelestarian kawasan hutan menjadi.

Ia mengatakan Kereng Bangkirai merupakan desa penyangga Taman Nasional (TN) Sebangau dan salah satu destinasi yang tetap menjadi prioritas Pemprov Kalteng dan Kota Palangka Raya. Penyelenggaraan wisata alam ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penguatan masyarakat dengan memberikan kesempatan kerja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Iin Hendrayati Idris mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari provinsi dan berharap Pemprov Kalteng dan Pemkot Palangka Raya membuka destinasi wisata di Palangka Raya dapat mengembangkan kota.

“Harapan saya, destinasi wisata alam berbasis kearifan lokal di Kereng Bangkirai ini bisa terus berkembang kedepannya. Sehingga dapat menarik wisatawan mancanegara yang akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Palangka Raya,” kata Iin.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan tatap muka di atas kapal terapung dengan pejabat OPD terkait, perwakilan Taman Nasional Sebangau, Ketua Pokdarwis Kereng Bangkirai dan perwakilan pemangku kepentingan pariwisata. Pokok bahasan berkaitan dengan memperoleh informasi tentang perkembangan destinasi wisata di Kereng Bangkirai, seperti: seperti kawasan/status properti, upaya pendirian parkir perahu, pembukaan fasilitas/kendaraan objek wisata baru, penyediaan infrastruktur alternatif untuk meningkatkan kapasitas pengunjung dan segera hadir. Hasil pembahasan ini akan dijadikan bahan kajian dan kemudian didokumentasikan dalam desain pengembangan. (MC.Isen Mulang/Nitra/ndk)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button