PUPR menargetkan pembangunan Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi yang dijadwalkan selesai pada Desember - WisataHits
Jawa Barat

PUPR menargetkan pembangunan Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi yang dijadwalkan selesai pada Desember

Jakarta (ANTARA) — Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menargetkan pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 yang diharapkan akan selesai pada Desember 2022.

“Hingga saat ini konstruksi sedang berjalan, konstruksi Seksi 2 ruas Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km saat ini sedang berlangsung dengan progres konstruksi 81,24 persen, dan konstruksi dijadwalkan selesai pada Desember 2022,” kata Danang dalam keterangannya di Jakarta. , Jumat. .

Ia mengatakan, kehadiran tol Ciawi-Sukabumi banyak memberikan dampak positif bagi pertumbuhan daerah bagi masyarakat Jabar dan sekitarnya.

Jalan tol ini tidak hanya memberikan kelancaran akses kendaraan tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan perkembangan bisnis di wilayah Jawa Barat, khususnya wilayah Bogor serta wilayah Sukabumi.

Danang mengatakan, tol Ciawi-Sukabumi yang saat ini diperuntukkan Seksi 1 telah mengoperasikan tol Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sejak Desember 2018.

Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh menuju kawasan Sukabumi, seperti akses jalan menuju Pelabuhan Ratu yang memakan waktu sekitar satu jam.

Kemudian jika ditempuh dari wilayah Jakarta menuju Pelabuhan Ratu hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja, sehingga akan lebih cepat untuk menunjang kelancaran mobilitas masyarakat yang berkendara menuju tempat wisata dan kendaraan logistik yang digunakan di Jawa bagian barat terdistribusi.

Selain itu, jalan tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi, baik kabupaten maupun kota menuju Ciawi, sehingga dapat menghemat satu hingga dua jam, dan saat ini perjalanan hanya sekitar lima belas hingga setengah jam.

Kehadiran Tol Bocimi juga mendukung koneksi ke banyak destinasi wisata ternama di Jawa Barat, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Gunung Gede dan masih banyak wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Tol Trans Jawa Barat dengan nilai investasi Rp 11,71 triliun. Tol tersebut akan memiliki enam persimpangan (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat dan SS Sukabumi Timur.

Baca Juga: Tol Jagorawi-Ciawi Kosong pada H-6 Menjelang Lebaran 2022

Baca Juga: Kemacetan Tol Ciawi Diprediksi Mereda Malam Hari

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button